Pesta bujang adalah pesta terakhir bagi calon pengantin sebelum mereka menikah. Biasanya, teman dekat dari sang pengantin akan mengadakan pesta ini untuk calon pengantin sebagai kejutan, jadi sang pengantin nggak mengetahuinya. Pesta bujang juga dikenal dengan istilah bachelor party. 

Nah, bachelor party mungkin masih terdengar asing di telingamu. Istilah ini memang lebih dikenal di negara lain, yaitu Amerika Serikat. Berasal dari benua Barat Amerika, bachelor party ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 80-an.

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanUnsplash.com/Andozo

Pesta bujang biasanya ditujukan untuk laki-laki yang akan segera menjadi calon suami. Pesta ini dimaksudkan sebagai pesta 'nakal' sang calon suami sebelum menghabiskan waktu bersama istrinya kelak. Banyak yang beranggapan bahwa pesta bujang ini diperuntukkan oleh calon suami dari calon istrinya. Alasannya karena calon istri ingin memberikan 'kebebasan terakhir' bagi calon suaminya.

Biasanya pesta bujang dilakukan di bar atau kelab malam yang mana terdapat disk jockey (DJ), penari striptease, minuman beralkohol, dan banyak makanan luntuk memeriahkan cara tersebut. Sehingga pesta bujang ini identik dengan pesta hura-hura yang berakhir menghambur-hamburkan uang. 

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanPexels.com

Berbeda dengan budaya Barat, di Indonesia sendiri lebih menjaga kesopanan dalam melaksanakan pesta lajang ini. Keseruan moment bachelor party di Indonesia lebih kepada wadah reuni calon pengantin bersama dengan teman-teman dekatnya. Pesta bujang termasuk infinity party di mana undangan dalam acara tersebut terbatas. Biasanya jumlah dari tamu undangan nggak lebih dari 20 orang, hanya teman-teman dekat calon pengantin saja. Pesta lajang lebih mengutamakan waktu kebersamaan dan menjalin keakraban.

Dalam pesta lajang, biasanya terdapat permainan di mana para sahabat mempersiapkan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan cinta calon pengantin. Nantinya akan ada 'hukuman' saat calon pengantin nggak bisa menjawab pertanyaan, biasanya hukuman tersebut cenderung lebih intim ke arah guyonan 17 tahun ke atas. 

Cara mempersiapkan pesta bujang

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanUnsplash.com

Tentunya mengadakan acara ini perlu adanya persiapan yang matang agar pesta bujang ini berjalan sesuai rencana. Ayo simak beberapa cara mempersiapkan pesta bujang berikut ini.

1. Merencanakan konsep pesta

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan konsep pesta, kira-kira apa yang diinginkan oleh calon pengantin. Apakah konsepnya ingin terlihat santai atau lebih serius. 

2. Tentukan tempat pesta akan diselenggarakan

Tips ini juga perlu dipersiapkan untuk mencari tempat yang sesuai dengan konsep yang sebelumnya direncanakan. Memesan tempat untuk sebuah acara tentunya nggak mudah, kamu harus menghubungi restoran atau kafe terlebih dahulu untuk mengadakan reservasi. Pilihlah tempat yang kira-kira calon pengantin menyukainya atau tempat kamu dan calon pengantin bernostalgia. 

3. Pastikan tamu undangan

Meskipun pesta bujang merupakan pesta yang bersifat kejutan bagi calon pengantin, kamu harus tetap memastikan tamu undangan yang datang. Jangan mengundang seseorang yang memiliki hubungan kurang baik dengan calon pengantin. 

4. Buat pesta yang berkesan

Hal terakhir yang paling penting dalam merencanakan pesta ini adalah membuat calon pengantin terkesan dengan kejutan ini. Kamu bisa menyusun acara tersebut dengan mengadakan games atau sesi bercerita mengenai perjalanan cintanya dan bernostalgia sambil tertawa. Sebuah pesta paling mahal sekalipun kalau nggak meninggalkan kesan akan terasa sia-sia. 

Artis yang melakukan pesta bujang

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanUnsplash.com

Bachelor party ini ternyata dirayakan juga oleh beberapa artis untuk mengakhiri masa lajang mereka. Siapa saja artis yang merayakan bachelor party , ayo simak! 

1. Raditya Dika

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanInstagram.com/raditya_dika

Semalam sebelum Raditya Dika melepas masa lajangnya, keluarga dan teman-teman dekatnya mengadakan pesta kejutan alias bachelor party. Acara tersebut lebih membongkar foto-foto dan video aib Radit sekalian bernostalgia. 

2. Krisjiana Baharudin

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanInstagram.com/krisjianabah

Sebelum resmi mempersunting Siti Badriah pada 27 Juli 2019 lalu, Krisjiana Baharudin rupanya mendapat kejutan pesta bujang dari para rekan-rekannya. Aktor berusia 25 tahun tersebut menggelar pesta bujang di sebuah tempat karoke. Lucunya, di momen tersebut Krisjiana mendapat tantangan, di mana ia harus mencium sepatu sahabatnya. 

3. Reino Barack

Arti Pesta Bujang dan Cara Mempersiapkannya agar BerkesanInstagram.com/reinobarack

Sebelum menikah, Reino Barack rupanya sempat dikerjai oleh para sahabat Syahrini di Tokyo, Jepang. Saat menggelar pesta bujang, keduanya bahkan tampil layaknya badut dan berkeliling kota Tokyo. Meski wajahnya dicorat-coret, tapi Syahrini dan Reino tampak bahagia saat itu.

Baca Juga: 10 Tugas Bridesmaid dan Groomsmen, Apa Saja Ya?