Indonesia kembali berhasil menyumbangkan medali perak Asian Para Games 2018 atas keberhasilan Felipus Kolymau dari cabang olahraga para atletik nomor 400 meter putra T20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/10). Kecepatan yang tercatat adalah 50,28 detik dan sang pengunggul yang meraih medali emas adalah atlet asal Malaysia Nasharuddin dengan kecepatan waktu 49,32 detik. 

Termotivasi Sang Istri, Atlet Para Atletik Indonesia Raih Medali Perakberitasatu.com/tri

Felipus mengatakan jika motivasi penuhnya berasal dari sang istri, Feby Priskila. Awal bertemu keduanya adalah ketika mereka sama-sama berada di pemusatan latihan nasional (pelatnas) Solo, Jawa Tengah. Mereka lalu memutuskan menikah di tahun 2017. Cara yang Felipus buktikan sebagai tanda cintanya kepada Feby adalah ketika berlatih di pelatnas ia mengenakan kaos dengan sablon foto dirinya tengah bergandengan dengan sang istri di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang kaos tertulis nama lengkap mereka berdua yang diapit simbol cinta. Romantis ya, Bela!

Termotivasi Sang Istri, Atlet Para Atletik Indonesia Raih Medali Perakberitasatu.com/ruhtsumiono

Pada awalnya, laki-laki berusia 23 tahun ini merasa sedih karena sang istri nggak masuk ke pelatnas. Ia juga mengakui ketidakhadiran istri membuatnya merasa kurang nyaman selama berlatih karena mereka biasa berlatih bersama. Kemudian hal tersebut membuat Felipus memilih menyewa kamar kos untuk tinggal bersama istrinya dan terpisah dari rekan-rekannya di Asian Para Games 2018.

Termotivasi Sang Istri, Atlet Para Atletik Indonesia Raih Medali Perakberitasatu.com/ruhtsumiono

Rasa kurang nyaman yang dirasakan Felipus diakui sendiri olehnya dan itu berpengaruh pada performa di lapangan. Dibandingkan dengan catatan waktu sebelumnya di ASEAN Para Games 2015 yaitu 49,57 detik, Felipus merasa kecewa karena mengalami penurunan. Ia pun meminta maaf kepada semuanya terutama sang istri karena nggak dapat memberikan yang terbaik. Namun sang istri tetap memberi dukungan atas apapun yang diraih oleh suaminya.

Selamat atas keberhasilannya, Felipus!

Penulis: Dinda Untoro

Baca Juga: Karena Hijab, Atlet Judo Asian Para Games Harus Diskualifikasi