Pernikahan merupakan hari bersejarah yang nggak akan mungkin terlupakan oleh pasangan mana pun. Di hari tersebut, dua insan yang saling jatuh cinta akhirnya meresmikan hubungan asmara mereka ke jenjang yang lebih serius. Apalagi ditambah dengan kehadiran para tamu undangan yang memberikan doa terbaik, dijamin hari pernikahan jadi momen paling membahagiakan, deh!

Namun, momen pernikahan untuk seorang introvert tampaknya akan menguras banyak sekali energi. Bukan hanya karena kelelahan menghabiskan waktu seharian penuh, tapi juga karena akan ada banyak sekali orang dan interaksi. Nah, bagi kamu si introvert dan akan segera menikah, ada baiknya, nih, kamu mempersiapkan diri dengan 6 hal di bawah ini, melansir dari Introvert, Dear.

1. Akan ada banyak sekali sentuhan

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!Pexels.com/Trung Nguyen

Yang pertama dan mungkin paling menakutkan, yaitu sentuhan dan ciuman. Sebelum kamu naik ke atas pelaminan, tentu kamu akan dirias, dipotret, dan akan ada banyak sekali orang lain yang membantumu. Bukan hanya itu, ketika kamu dan pasangan telah berada di atas pelaminan, akan ada banyak tamu undangan bergantian memberikan ucapan selamat. Begitu pula dengan pasanganmu yang mungkin menyentuhmu pada beberapa titik.

Jika kamu bukan tipe orang yang senang dengan banyaknya sentuhan, kamu mungkin akan merasa kewalahan di hari tersebut. Apalagi ketika pasanganmu menginginkan momen malam pertama. Sebaiknya rencanakan terlebih dahulu dengannyadan berikanlah pengertian pada pasanganmu agar ia tidak merasa tersinggung.

2. Suka atau nggak, semua mata akan tertuju padamu!

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!Pexels.com/Fernando Cesar Cordoba

"Semua mata akan tertuju padamu."

Mungkin terdengar sebagai hal yang sangat mengancam. Terlebih para introvert umumnya nggak suka menjadi pusat perhatian, walaupun ada juga yang merasa cukup baik-baik saja.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri untuk momen-momen menegangkan yang sangat mungkin terjadi. Seperti pandangan para tamu saat kamu memasuki tempat pernikahan, saat kamu berjalan menyusuri lorong, saat saling mengucapkan janji suci, atau di saat foto pertamamu dengan pasangan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba bayangkan momen tersebut sebelumnya dan identifikasi sebenarnya apa yang membuatmu takut dan bagaimana caramu menghadapinya. Jangan ragu juga untuk membicarakan masalah ini dengan pasanganmu untuk meminta dukungan dan bantuannya, agar hari bahagiamu dapat berjalan dengan baik.

3. Bersiaplah untuk berbicara tanpa henti

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!Pexels.com/ Soner Görkem

Yakinlah, akan ada banyak orang yang mengajakmu berbicara di hari pernikahan. Pembicaraan ini bisa dari obrolan yang serius, hingga obrolan santai. Jika banyaknya pembicaraan membuat kamu nggak nyaman atau bahkan takut, mintalah beberapa orang untuk membantumu agar dapat menghindari situasi tersebut. Tentu saja akan tetap ada obrolan ringan yang perlu kamu lakukan, tapi yakin, deh, untuk urusan itu kamu pasti mampu mengaturnya!

4. Lupakan banyak waktu untuk sendirian, karena kamu akan dikelilingi oleh banyak orang

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!Pexels.com/Ahha Xaboba

Di hari pernikahan, akan ada banyak orang yang berada di sekitarmu sepanjang hari, bahkan hingga larut malam. Mungkin terkesan cukup “menakutkan” bagi para introvert. Rasanya memang agak sulit menghindari hal seperti ini, terlebih di hari pernikahan.

Untuk mengatasi kemungkinan rasa kewalahan, mintalah bantuan orang-orang terdekatmu, seperti pasangan dan keluargamu. Setelah acara selesai, pastikan memberi waktu “me time” untuk dirimu sendiri. Isilah kembali energimu yang terkuras setelah seharian penuh berinteraksi dengan banyak orang.

5. Kamu mungkin merasakan tekanan dari banyak pihak

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!pexels.com/san-wedding

Rasa khawatir mengatur pernikahan, bagaimana menjadi pasangan yang baik, urusan dengan keluarga, atau hal lainnya, mungkin akan hadir membebanimu di hari pernikahan, terlebih jika kamu seorang introvert yang sangat sensitif atau perfeksionis.

Kalau kamu merasa hal tersebut membebanimu, cobalah untuk mengidentifikasi hal yang membuatmu tertekan, dan mintalah bantuan pasanganmu dalam mengendalikan situasi dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

6. Cobalah untuk mengatur waktu “me time” atau “couple time” sebanyak mungkin

Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!Freepik.com/Senivpetro

Hari pernikahan mungkin akan menjadi hari yang sangat panjang, melelahkan, dan dipenuhi oleh banyak orang dan aktivitas. Namun, bagi kamu si pemilik kepribadian introvert, kamu bisa rencanakan hari bahagiamu tersebut dengan menyisipkan waktu “me time” atau bahkan “couple time” saat kamu ingin menghabiskan waktu hanya berdua dengan pasangan.

Misalkan di sela-sela pergantian pakaian, masukkan waktu “me time” selama beberapa saat untuk mengisi ulang energi. Pastikan tidak ada siapapun kecuali kamu, atau pasanganmu di dalam satu ruangan. Dan isilah waktu tersebut dengan merenungkan bagaimana hari bahagia kalian telah berjalan.

Jadi itulah 6 hal yang perlu kamu siapkan di hari pernikahan sebagai seorang introvert. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'

Baca Juga: 5 Hal yang Diinginkan Seorang Introvert dari Pasangannya

Baca Juga: 12 Aturan Ketika Berteman dengan Introvert