Bela, bagaimana nih produktivitas selama bekerja dari rumah atau WFH? Apakah kamu dan pasangan sama-sama bekerja dari rumah? Well, bekerja dari rumah tentunya jadi tantangan tersendiri bagi setiap orang, termasuk yang sudah berpasangan. Perbedaan dalam gaya bekerja bisa jadi hal yang menghambat pasangan. Belum lagi jika harus berbagi ruang kerja dan malah sering bercanda. 

Nyatanya bekerja dari rumah bersama pasangan tidaklah selalu menjadi momen yang manis. Tanpa adanya komunikasi dan toleransi atas kebutuhan pasangan, momen WFH bisa berubah menjadi saat-saat yang paling stres. Nah, supaya WFH-mu menjadi lebih lancar ada trik yang dapat kamu terapkan bersama pasanganmu agar keduanya dapat bekerja efektif. Keep scrolling!

1. Buatlah daftar pekerjaan

5 Trik Work From Home bersama Suami Supaya Kerja Tetap LancarFreepik

Mulailah harimu dengan membuat daftar pekerjaan. Urutkan prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selain untuk mengurutkan prioritas, daftar pekerjaan juga bisa membantumu memonitor hal apa saja yang sudah selesai dan belum dikerjakan. Sehingga kamu bisa memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk menyelesaikan semuanya. 

2. Temukan area kerja yang nyaman

5 Trik Work From Home bersama Suami Supaya Kerja Tetap LancarFreepik

Lingkungan dan suasana suatu ruangan tentu dapat mempengaruhi mood seseorang untuk bekerja. Jadi penting bagi kamu dan pasangan untuk memiliki area kerja masing-masing yang nyaman dan efektif untuk bekerja. Hindari bekerja di atas tempat tidur, lebih baik gunakan meja belajar atau meja makan sebagai area kerja kamu. Untuk menambah mood dalam bekerja, kamu boleh menghias juga mengatur pencahayaan area kerjamu. 

3. Buatlah kesepakatan dengan pasangan

5 Trik Work From Home bersama Suami Supaya Kerja Tetap LancarFreepik

Kamu dan pasangan bisa jadi orang yang memiliki gaya berbeda saat mengerjakan pekerjaan. Sebagian orang butuh musik dengan volume keras, sebagian butuh suasana sepi. Untuk mengatasi perbedaan gaya bekerja ini, kamu dan pasangan harus saling terbuka tentang keinginan masing-masing kemudian buat kesepakatan. 

Jika berada terlalu dekat dengan pasangan malah membuat kamu tidak fokus bekerja, buatlah jarak terpisah di antara kalian. Kamu juga bisa memilih bekerja di ruangan yang berbeda atau memberi jarak pada meja kerja kalian untuk meminimalisir distraksi.

4. Jika stres, jangan lupa bersosialisasi

5 Trik Work From Home bersama Suami Supaya Kerja Tetap LancarFreepik

Bekerja dari rumah atau WFH terkadang dapat membuatmu asyik sendiri hingga lupa untuk bersosialisasi dengan pasangan. Dampaknya kamu bisa menjadi terlalu stres karena tekanan pekerjaan. Sempatkanlah untuk berbincang sejenak dengan pasangan dan berikan dukungan satu sama lain. Kamu juga bisa meminta tolong pada pasanganmu saat menemukan kesulitan dalam bekerja. Dia bisa saja punya pandangan lain yang mampu memecahkan masalahmu sehingga kalian mampu berkolaborasi menyelesaikan masalah. 

5. Habiskan waktu istirahat bersama

5 Trik Work From Home bersama Suami Supaya Kerja Tetap LancarUnsplash

Saat melakukan WFH, istirahat merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan termasuk waktu untuk makan siang. Berhenti sejenak dari pekerjaan berguna untuk mengistirahatkan pikiran serta menjaga kesehatan mental. Ingatkan juga pentingnya istirahat pada pasanganmu supaya dia tidak berlarut-larut bekerja seharian. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan menyiapkan santapan dan makan bersama pasangan. Selain itu kamu juga boleh lho menyelipkan ciuman atau flirting sejenak di tengah waktu istirahat bersama pasanganmu. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Tidak Khawatir Bila Harus Social Distancing

Baca Juga: Tak Dihadiri Tamu, 7 Seleb Ini Tetap Menikah di Tengah Pandemi Corona

Baca Juga: Larangan Hubungan Suami Istri dan 5 Hoaks Lainnya Seputar Wabah Corona