Menikahi seseorang berarti menikahi keluarganya pula, anggapan seperti ini sepertinya memang sudah mengakar dalam masyarakat kita. Maka, memasuki tahun-tahun pertama pernikahan, kamu bukan saja harus beradaptasi dengan kehidupan baru bersama pasangan, tapi juga mesti menyesuaikan diri dan membangun hubungan baik dengan keluarganya yang lain, terutama orangtuanya yang sekarang sudah menjadi mertuamu.

Lalu, bagaimana kalau ibu mertua justru bersikap cuek kepadamu? Karena sikapnya ini, kamu justru mengalami permasalahan dalam menjalin kedekatan dengannya. Tenang, jangan menyerah dulu Bela, kamu bisa coba praktikkan 5 tips di bawah ini untuk menyiasati sikap cuek ibu mertuamu dan mendapatkan hubungan yang sehat serta positif. 

Semoga bisa menjadi solusi, ya!

1. Ajak ngobrol hal yang dia sukai

5 Langkah Untuk Menghadapi Ibu Mertua yang CuekRomper.com

Meskipun ibu mertua termasuk tipe yang cuek, kamu sebagai menantu harus tetap menunjukkan kepedulian terhadap beliau seperti dengan berkunjung ke rumahnya atau sekadar telepon menanyakan kabar. Nah, supaya lebih akrab lagi kamu bisa memilih topik pembicaraan mengenai hal yang dia sukai. Tentang artis favoritnya misalnya atau tentang drama yang selalu ditontonnya setiap hari. Pastikan kamu mempelajari topik tersebut dulu ya supaya pembicaraan jadi lebih menyenangkan.

2. Masak bareng

5 Langkah Untuk Menghadapi Ibu Mertua yang Cuekmedicalnewstoday.com

Untuk menjalin hubungan yang lebih dekat, terutama dengan mertua cuek, ada baiknya untuk meluangkan waktu dengan beraktivitas bersama. Kalau ibu mertua menyukai kegiatan memasak, sesekali kamu bisa membantunya di dapur. Mulailah pembicaraan misalnya mengenai apa masakan kesukaan suamimu dan bagaimana cara membuatnya. Lalu ketika selesai makan malam, kamu bisa membantu membereskan meja bahkan membantu mencuci piring. Terpenting adalah kamu menjadi orang yang peka, bukan yang cuek juga.

3. Bawa bingkisan ketika datang ke rumahnya

5 Langkah Untuk Menghadapi Ibu Mertua yang CuekBridestory.com

Meski ibu mertua tak pernah membawa apapun saat mengunjungimu dan suami dikarenakan sikap cueknya, kamu tetap harus melakukan hal yang satu ini. Membawa bingkisan bukan berarti kamu mencoba untuk 'menyogok' ataupun sejenisnya, melainkan sebagai bentuk kepedulian kamu kepadanya. Bingkisan ini bisa macam-macam, mungkin bisa makanan atau sebuah barang. Namun lebih baik, kamu bicarakan ini dulu kepada pasangan supaya kamu tak salah memberi buah tangan.

4. Libatkan suami

5 Langkah Untuk Menghadapi Ibu Mertua yang Cuekweddings.planetfem.com

Suami harus tahu apa yang terjadi antara kamu dengan ibunya, termasuk apa yang kamu rasakan terkait sikapnya. Bicarakan dengan kepala dingin dan jangan terlalu memojokkan mertua. Tanyakan baik-baik apakah memang sikap cueknya sudah dari dulu atau hanya pada orang tertentu saja. Hati-hati, karena kalau kamu terlalu memojokkan mertua bisa membuat suami malah berbalik menyalahkanmu. Pasanganmu tak akan senang mendengar betapa buruk orangtuanya, terpenting adalah minta padanya agar mau jadi penengah antara kamu dengan mertua.

5. Jangan diambil hati

5 Langkah Untuk Menghadapi Ibu Mertua yang CuekGransnet.com

Kalau segala cara sudah kamu lakukan untuk membuat ibu mertua 'melihatmu' dan mungkin anakmu tapi dia tetap saja bertahan dengan sikap cueknya, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah jangan diambil hati. Mungkin dia memang tipe mertua yang sudah benar-benar sibuk dengan urusannya sendiri dan menganggapmu dan suami serta anak kalian akan baik-baik saja tanpa perhatiannya. Kalau kamu tipe yang mudah sakit hati, maka lebih baik jarang bertemu dengan mertua.

Karakter orang memang berbeda-beda termasuk ibu mertua. Mertua yang bersikap cuek dan acuh dengan menantunya biasanya lebih banyak diam dan melakukan kesibukan sendiri. Hal ini pun sering kali menciptakan rasa tidak nyaman. Sudah siap mencoba tips-tips di atas, Bela?

Baca Juga: Kata-Kata tentang Mertua dan Menantu