Tindakan mempermalukan ibu nyatanya memang benar adanya. Apa kamu pernah mendengar atau bahkan melakukannya, Bela? Satu hal yang harus kamu tahu, pada akhirnya tindakan itu akan mempengaruhi lebih banyak orang daripada yang kamu pikirkan.

Ini Alasan Kita Dilarang Kritik Cara Seorang Ibu Mendidik Anaknyawww.imdb.com
 

Menurut penelitian terbaru, hampir dua pertiga ibu mengatakan bahwa mereka merasa dipermalukan saat mengasuh anak mereka sendiri. Enam dari sepuluh ibu yang memiliki anak berusia 0 - 5 tahun mengatakan bahwa cara mereka mengasuh anak kerap mendapat kritik. Penelitian tersebut menyurvei 475 ibu yang memiliki setidaknya satu anak berusia 0 - 5 tahun. Pertanyaan yang diajukan peneliti ialah seputar siapa yang mengkritik mereka, seberapa sering mereka dikritik, apa kritiknya, dan lain sebaginya. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa 61% orang mengatakan bahwa mereka dipermalukan oleh anggota keluarga, biasanya ibu mereka sendiri atau bahkan orangtua lainnya.

Ini Alasan Kita Dilarang Kritik Cara Seorang Ibu Mendidik Anaknyawww.hotflick.net
 

Sementara soal apa yang dikritik, 70% mengatakan bahwa mereka dipermalukan karena cara mereka mendisiplinkan anak, 52% mengatakan bahwa mereka dikritik karena makanan dan gizi anak mereka, dan 39% mengatakan bahwa mereka dipermalukan karena pilihan mereka menyusui atau memberi susu botol kepada anak-anak mereka.

"Dalam beberapa kasus, masalah memilih menyusui versus pemberian susu botol, misalnya, orang-orang sejatinya juga merasa ragu terhadap pilihannya sendiri," ujar Sarah Clark, co-director of the study and associate research scientist di departemen pediatri Di University of Michigan, dilansir dari Yahoo. Bahkan ketika seorang ibu telah berusaha dan akhirnya memutuskan bahwa yang terbaik adalah X, namun kemudian dia melihat ada orang lain yang memilih hal berbeda, hal seperti itu akan menimbulkan secuil ragu terhadap pilihannya sendiri.

Ini Alasan Kita Dilarang Kritik Cara Seorang Ibu Mendidik Anaknyawww.warnerbros.co.uk
 

Persoalan 'benar' atau 'salah' tentang metode parenting nampaknya akan terus selalu ada, entah sampai kapan. Tentang tempat penitipan anak seperti apa yang layak didatangi, atau mengenai bagaimana perasaan seorang ibu menyusui dan ibu yang mungkin terpaksa harus memberi susu formula. Itu hanya soal pilihan saja, Bela. Bagaimana denganmu? Bukankah seorang ibu pasti akan memberi dan melakukan yang terbaik yang dia bisa untuk anaknya? Karena itulah, memberi penilaian pada metode parenting orang lain hanya akan memperkeruh keadaan.

BACA JUGA : Ungkap Tips Parenting dari Kerajaan Inggris yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri si Kecil