Pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia saat ini bisa menyerang siapa saja dan akibatnya bisa sangat fatal bagi orang lanjut usia (lansia) atau mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Harus lebih waspada lagi kalau mereka memiliki penyakit bawaan, seperti jantung, kanker, darah tinggi, penyakit paru menahun, dan diabetes. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orangtua dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya lebih rentan terinfeksi oleh virus corona karena kekebalan tubuhnya lebih rendah.

Nah, karena hal tersebut pulalah kita saat ini jadi lebih khawatir juga dengan keadaan orangtua di rumah. Apakah kamu juga merasakan hal ini, Bela? Apalagi jika kita tingga di kota yang berbeda dengan mereka. 

Siapa saja tentu akan merasa sedih jika sudah satu bulan ini tidak bisa menjenguk orangtua di rumah, tak ada agenda mudik saat lebaran nanti, hingga entah kapan pandemi ini akan mereda. Namun, demi kesehatan mereka pula kamu harus menahan rindu untuk tidak bertemu dulu. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan perhatian? Simak cara-cara di bawah ini, yuk!

1. Komunikasi rutin

5 Hal Sederhana Ini Bentuk Perhatian ke Orangtua Saat PandemiPexels.com/Andrea Piacquadio

Meski jauh, jangan pernah lupa untuk menanyakan kabar orangtua di rumah. Ingatkan mereka untuk selalu jaga kesehatan dan tetap di rumah saja selama pandemi. Dengan melakukan komunikasi rutin ini, harapannya orangtuamu di rumah tidak merasa sendirian dan tetap bahagia. Jangan pernah biarkan mereka merasa kesepian, karena hal itu akan memengaruhi kondisi pikiran.

2. Kirim makanan online

5 Hal Sederhana Ini Bentuk Perhatian ke Orangtua Saat PandemiPexels.com/Lina Kivaka

Daripada terus bersedih karena tak bisa bertemu, kenapa tidak kamu fokuskan saja pikiranmu pada hal-hal yang bisa kamu lakukan? Seperti misalnya membantu memesankan makanan dan vitamin via online ke rumah orangtua. Sebelumnya kamu bisa menanyakan pada mereka, sedang ingin makan malam apa? Atau sesekali memberi kejutan berupa makanan favorit ayah atau ibumu secara bergantian juga tak ada salahnya. Tak sulit bukan memberikan perhatian?

3. Bantu saring informasi

5 Hal Sederhana Ini Bentuk Perhatian ke Orangtua Saat PandemiPixabay.com/memyselfaneye

Ingatkan orangtua agar tidak langsung percaya semua kabar yang beredar. Apalagi kalau mereka tergabung dalam banyak grup WhatsApp yang pasti di dalamnya ada banyak informasi dari beragam sumber. Tenangkan, lalu beri tahu informasi yang valid kepada mereka. Kalau awalnya mereka tak percaya, coba saja screenshot informasi valid yang sumbernya dari tokoh-tokoh idola atau panutan mereka. Jangan mudah menyerah dalam menginformasikan hal yang benar, ya!

4. Manfaatkan video call

5 Hal Sederhana Ini Bentuk Perhatian ke Orangtua Saat PandemiDok. Internet

Ajak video call bersama cucu. Sering-seringlah mengirim foto dan video aktivitas cucu. Kalau kamu masih sendiri, ajak pula video call ramai-ramai dengan saudara yang lain. Dijamin, orangtua di rumah akan merasa bahagia. Sehingga kesepian tidak akan memengaruhi kondisi pikiran mereka. Dalam kondisi tak menentu seperti ini, mereka pasti sangat rindu anak cucunya. Tapi biar bagaimanapun, kamu harus menghindari untuk tidak mengunjungi mereka sampai pandemi ini mereda.

5. Berdoa

5 Hal Sederhana Ini Bentuk Perhatian ke Orangtua Saat PandemiDok. Internet

Ya, inilah hal terakhir yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi. Berdoalah agar semua anggota keluarga sehat dan kondisi segera kembali pulih seperti sedia kala. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan tiba, kamu bisa meningkatkan kualitas ibadahmu di bulan Ramadan nanti. Meskipun dalam kondisi pandemi, bukankah kita tetap bisa melangsungkan rangkaian ibadah di rumah?

Jadi, poin mana yang sudah kamu lakukan untuk memberi perhatian pada orangtua di tengah pandemi ini, Bela? Semoga negara ini segera bisa keluar dari musibah ini, ya!

Baca Juga: Aksi Mulia 10 Seleb Perempuan untuk Lawan Pandemi Corona

Baca Juga: Keluarga dan Teman Remehkan Wabah Corona? Ini Cara Beritahu Mereka

Baca Juga: Aksi Mulia 10 Seleb Perempuan untuk Lawan Pandemi Corona