Sama halnya dengan kematian, perkara jodoh juga merupakan rahasia Tuhan. Ada orang-orang yang memang harus menunggu jodohnya lebih lama dibanding orang lain, dan ada pula yang nggak.

Masih banyak orang berpendapat bahwa menikah seharusnya dilakukan berurutan. Mulai dari kakak tertua, dilanjutkan dengan adik tengah, hingga yang terakhir adalah si bungsu. Tapi nyatanya ada juga banyak kisah di mana sang adik justru menikah duluan. Berikut inilah hal yang sering dirasakan kakak perempuan ketika adik lebih dulu duduk di pelaminan.

1. Bangga, ternyata dia sudah cukup dewasa

Campur Aduk, Begini Perasaan Seorang Kakak Ketika Adik Menikah DuluanUnsplash.com/Valerie Elash

Saat hari H dan melihatnya berdiri di samping laki-laki yang akan menemaninya mengarungi kehidupan, kamu akan merasa lega dan bahagia. Ternyata dia sudah cukup dewasa untuk menerima tanggung jawab sebagai istri.

2. Bahagia melihat orangtua senang, meski bukan kamu sumbernya

Campur Aduk, Begini Perasaan Seorang Kakak Ketika Adik Menikah DuluanUnsplash.com/Elisey Vavulin

Melihat kedua orangtuamu berdiri di pelaminan akan membuatmu bahagia, ada sinar bahagia yang terpancar pada mata mereka. Momen bahagia itu pun turut membuatmu senang, meski kamu sadar bahwa bahagia itu datangnya belum dari kamu.

3. Merasa semua tetangga justru fokus pada kamu

Campur Aduk, Begini Perasaan Seorang Kakak Ketika Adik Menikah DuluanUnsplash.com/Sweet Ice Cream Photography

Sejak kabar adikmu akan menikah dibagikan pada sekitar, selama proses persiapan pernikahan, hingga hari H, kamu merasa para tetangga justru fokus pada statusmu. Tentang kamu yang dilangkahi oleh sang adik yang menikah lebih dulu. Ada juga mereka yang menganggapmu nggak laku, dan itu terdengar hingga telingamu.

4. Percaya dirimu perlahan berkurang ketika berhadapan dengan tetangga

Campur Aduk, Begini Perasaan Seorang Kakak Ketika Adik Menikah DuluanUnsplash.com/Alexis Brown

Karena pandangan mereka (meski nggak semuanya benar), kamu jadi merasa minder ketika harus berkumpul dengan tetangga. Seolah mereka memiliki pikiran tentang diri kamu. Bahkan kamu juga merasa takut jika ada pertanyaan atau topik yang menjurus pada masalah pernikahan.

5. Akhirnya keinginan untuk menikah lebih cepat pun datang lebih kuat lagi

Campur Aduk, Begini Perasaan Seorang Kakak Ketika Adik Menikah DuluanUnsplash.com/Gift Habeshaw

Saat melihat adik menikah, kamu akan memiliki keinginan lebih kuat dari sebelumnya untuk menikah. Tapi di sisi lain, kamu juga tak lupa bersyukur karena masih punya kesempatan untuk dihabiskan bersama orangtua, sebelum nantinya kamu berkeluarga.

Satu hal yang harus kamu percaya Bela, takdir masing-masing orang akan berbeda. Pun jika ternyata adikmu menikah lebih lebih dulu. Kamu hanya perlu bersabar, jodohmu sedang disiapkan untuk dikeluarkan pada waktu yang tepat.

Baca Juga: 15 Seleb Hollywood yang Menikah di Tahun 2018, Ada yang di Indonesia!