Pertengkaran antara suami istri nyatanya tidak selalu diawali dengan masalah besar. Apakah kamu sepakat, Bela? Karena pada kenyataannya, masalah sepele pun sangat sering menjadi pemicu pertengkaran rumah tangga. 

Coba kamu ingat-ingat lagi, pasti kamu pernah beberapa kali merasa kesal melihat kelakuan suami yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan hal ini pun kemudian berujung pada pertengkaran.

Ada hal-hal kecil yang mungkin menurut suami adalah hal biasa, tapi bagimu ini bisa jadi masalah besar. Meski sejatinya kalian saling mencintai, tapi setidaknya satu dari tujuh masalah-masalah sepele di bawah ini pasti pernah menjadi topik pertengkaran dan perdebatan kalian. Simak, yuk, apa saja!

1. Tidak meletakkan handuk basah di tempatnya

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganPexels.com/Rodolpho Zanardo

Meski tidak semuanya, sepertinya cukup banyak lelaki yang tidak mau atau tidak bisa meletakkan handuk di tempat yang seharusnya sehabis mandi. Ada yang tetap menggantungnya di kamar mandi atau lebih parah lagi, meletakkan di sembarang tempat. Ya, kebiasaan buruk seperti ini kerap memicu pertengkaran pasangan. Bahkan kalau dibiarkan, ini juga bisa saja menjadi masalah serius, lho.

2. Ide masak apa

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganPexels.com/Artem Beliaikin

Kamu pasti setuju jika mengatur menu masakan setiap hari itu sama sekali bukan hal mudah. Itu adalah rutinitas membingungkan, dan jadi sangat wajar ketika kamu bertanya pada suami tentang apa yang sedang ingin dia makan. Keadaan akan tetap baik-baik saja kalau suami tidak menjawab, "terserah." Biasanya istri akan merasa kesal karena mendapatkan jawaban yang jauh dari harapan. Pertengkaran suami istri pun dimulai.

3. Ribet soal suhu AC kamar

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam Hubunganhome-designing.com

Bahkan ada beberapa pasangan yang ketika akan tidur saja masih bertengkar, penyebabnya sering kali adalah soal suhu AC kamar. Suami lebih suka sangat dingin, sedangkan istri sebaliknya. Nah, ketika salah satu sudah tertidur, maka suami/istri yang terbangun akan memegang kendali remote AC. Pertengkaran pun berlanjut dan makin parah saat pagi ketika mendapati suhu AC tak sesuai harapan.

4. Odol dipencet di tengah

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganPinterest.com

Siapa sangka kalau hal sepele macam ini bisa juga memicu pertengkaran pada beberapa pasangan. Suami mengeluarkan odol atau pasta gigi dengan memencet bagian tengahnya, sementara istri lebih suka melakukannya dari bawah. Karena hal ini biasanya pihak yang perfeksionis akan selalu mengeluh setiap masuk kamar mandi hanya karena masalah odol. Eits, jangan salah, meski sangat sepele nyatanya ada juga pasangan yang bercerai karena masalah odol ini.

5. Pilihan pakaian yang dikenakan pasangan

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganUnsplash.com/Kat Nelson

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalau cukup banyak wanita yang memerhatikan penampilannya. Banyak dari kaum hawa ini yang selalu mengikuti mode pakaian terbaru sesai dengan apa yang disukai. Hal ini kemudian bisa memicu pertengkaran dengan pasangan ketika mereka mengomentari atau mengkritik pakaianmu. Atau juga sebaliknya, ketika suami selalu mengenakan baju yang itu-itu saja dalam berbagai acara, di situlah istri akan murka.

6. Memilih film yang akan ditonton

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganPexels.com/Cottonbro

Kamu sangat bahagia ketika sudah sepakat pergi berkencan ke bioskop bersama pasangan. Tapi ternyata kalian tidak satu pendapat untuk menonton sebuah film, kebahagiaan itupun perlahan berubah menjadi kekesalan. Dia menilai ada film yang lebih seru dibanding film yang ingin kamu tonton. Alhasil, keributan pun terjadi dan kencan terancam batal. Kalau sudah begini, satu sama lain akan kehilangan mood untuk nonton.

7. Asal tarik baju di lemari

Meski Sepele, 7 Hal Ini Sering Memicu Pertengkaran dalam HubunganPinterest.com

Di rumah, akan selalu ada saja kebiasaan suami yang membuat istri gemas. Salah satunya adalah ini, asal ambil baju di lemari. Entah apa yang ada di pikiran suami ketika ingin mengambil baju yang ada di tumpukan bawah, mereka asal saja menariknya. Alhasil baju-baju di dalam lemari yang awalnya rapi jadi acak-acakan dan membuat istri kesal. Pasti kamu pernah mendapati hal ini, kan? Sekali dua kali mungkin bisa sabar, tapi tiga kali dan seterusnya teriakan akan sering terdengar.

Pernikahan memang banyak bumbunya. Pernikahan yang sehat juga bukanlah pernikahan yang tidak ada masalah. Tapi tentang bagaimana kita menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Jadi, pertengkaran karena hal apa yang sering kamu dan pasangan lakukan, Bela?

Baca Juga: Inilah Alasan Meminta Maaf Pasca Pertengkaran Menyakitkan Terasa Sulit

Baca Juga: Setia, 7 Artis Ini Belum Menikah Lagi Setelah Suami Meninggal Dunia

Baca Juga: Justin Bieber Menyesal Lakukan Seks Sebelum Menikah, Ini Alasannya