Zumi Zola, yang saat ini masih mendekam di LP Sukamiskin, Bandung, digugat cerai sang istri, Sherrin Tharia. Gugatan cerai telah dilayangkan pada 26 Maret 2020 lalu, namun karena pandemi sidang perdana terpaksa diundur ke bulan Juni 2020.

Akhirnya, sidang perdana pun digelar melalui teleconference pada 17 Juni lalu. Setelah sidang tersebut, majelis hakim mengarahkan ke mediasi yang selanjutnya akan dilakukan pada 30 Juni 2020 mendatang.

Jika ditanyakan penyebab, kuasa hukum Sherrin Tharia, Cece Rumana, mengungkapkan alasan perceraian karena perselisihan.

Bicara soal Zumi Zola, aktor yang kemudian pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi ini, kisah cintanya memang penuh kontroversi. Simak kisah cinta Zumi Zola yuk, Bela!

1. Batal menikah dengan Ayu Dewi

Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi ZolaInstagram.com/mrsayudewi

Nama Zumi Zola hingga sekarang masih dikait-kaitkan dengan Ayu Dewi, yang pernah menjadi tunangannya. Keduanya menyiapkan rencana pernikahan pada Mei 2011, namun mereka batal melangkah ke pelaminan jelang sebulan dari hari pernikahan. Kabarnya, keputusan batal menikah itu datang dari Zumi Zola, yang saat itu terpilih menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur. Kini, Ayu Dewi telah menikah dengan teman semasa SMP-nya, Regi Datau, dan telah dikaruniai tiga orang anak.

2. Pernah juga membatalkan pertunangan dengan perempuan lain

Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi ZolaInstagram.com/zumizola.official

Ternyata, batal menikah dengan Ayu Dewi bukan yang pertama bagi Zumi Zola. Sebelum menjalin hubungan dengan Ayu, Zumi juga pernah bertunangan dengan Cassandra Massardi, putri sutradara terkemuka Noorca Massardi. Jelang hari bahagia keduanya, hubungan tersebut kandas dan tidak diketahui penyebab pastinya.

3. Tersandung skandal perselingkuhan

Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi ZolaInstagram.com/zumizola.official

Saat menjabat sebagai bupati, Zumi juga sempat menjadi pemberitaan ketika dia dituduh selingkuh dengan perempuan bernama Peni Farnita, istri dari Bernaldi Kadir Djemat. Bernaldi sendiri merupakan keluarga pengacara kondang Gani Djemat.

Bernaldi membawa bukti berupa foto-foto perselingkuhan dan chat mesra yang dilakukan oleh Zumi dan istrinya. Namun, polisi justru menganggap bukti-bukti yang diberikan Bernaldi kurang kuat dan akhirnya justru dia yang dipenjara atas kasus lain. Bernaldi pun lantas mencabut tuduhannya atas Zumi Zola.

4. Menikah dengan Sherrin Tharia

Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi ZolaInstagram.com/zumizola.official

Dua kali batal menikah, Zumi Zola akhirnya memantapkan diri untuk menikah dengan Sherrin Tharia, pada 16 Maret 2012. Sherrin merupakan putri dari Tengku Malinda, mantan penyiar kawakan TVRI. Pernikahan tersebut pun sempat jadi kontroversi, karena dianggap terburu-buru untuk memperbaiki citra Zumi yang sempat tercoreng oleh tuduhan skandal perselingkuhan.

Dari pernikahannya tersebut, Zumi dikaruniai dua orang putra, yang lahir pada 2014 dan 2016.

5. Digugat cerai istri saat masih mendekam di penjara

Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi ZolaInstagram.com/zumizola.official

Setelah jatuh, tertimpa tangga. Sepertinya peribahasa itu yang cocok menggambarkan situasi Zumi Zola yang digugat cerai sang istri, saat masih di dalam penjara.

Bintang film “Merah Putih” itu resmi ditahan KPK pada 2018 atas tuduhan kasus suap RAPBD dan juga diduga menerima gratifikasi. Zumi Zola dipecat dari keanggotaan PAN dan dinonaktifkan statusnya sebagai Gubernur Jambi.

Pada Maret 2020 lalu, sang istri pun melayangkan surat cerai dan sidang perdana mereka telah dilangsungkan pada 17 Juni 2020. Perselisihan dan kurang perhatian, disebut sebagai penyebab perpisahan Sherrin Tharia dan Zumi Zola. 

Baca Juga: Bikin Kaget! 9 Artis Indonesia Ini Bercerai Setelah Lama Menikah

Baca Juga: Bercerai Ketiga Kalinya, Ini Perjalanan Cinta Kalina Oktarani

Baca Juga: Semakin Banyak Orang Bercerai Usia 20 dan 30an, Apa Alasannya?