Ketika baru menikah, semuanya terasa indah. Namun bukan berarti seiring berjalannya waktu, pernikahan kalian jadi tidak bahagia, ya. Hanya saja tentu ada perubahan dan tantangan yang akan kalian hadapi dalam pernikahan.

Memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis juga memerlukan usaha, lho. Sebenarnya usaha tersebut juga tidak sulit, kamu dan pasangan cukup menyelipkan kalimat-kalimat sederhana yang terbukti bisa membuat pasangan suami-istri mana pun selalu bahagia.

Berikut ini adalah kalimat sederhana yang dijamin bisa membuat hubungan kamu dan pasangan bahagia selalu dalam pernikahan.

1. “Terima kasih”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia Pexels.com/Gabby K

Simpel, tapi terkadang terlupakan. Kadang kamu akan lebih mudah melihat kekurangan pasangan, ketimbang kelebihan yang dia miliki. Coba, deh, lebih sering menunjukkan rasa bersyukur dengan lebih sering mengucapkan “terima kasih” kepada pasangan. Ucapan ini akan membuat pasangan merasa dihargai olehmu, lho. Jadi coba dibiasakan, ya.

2. “Aku cinta kamu”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia Pexels.com/Rodnae Productions

Kalimat ini juga merupakan kalimat yang sering kali dilupakan begitu masuk ke dalam pernikahan. Nggak ada salahnya kamu menyudahi pembicaraan di telepon dengan mengucapkan “aku cinta kamu” atau sesekali mengirimnya pesan singkat dengan kalimat tersebut saat dia bekerja. Kebiasaan kecil seperti ini bisa makin merekatkan hubunganmu sebagai pasangan suami-istri.

3. “Kita akan baik-baik saja”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia https://www.pexels.com/@katerina-holmes

Tak ada pernikahan yang berjalan mulus tanpa masalah. Akan ada selalu kerikil-kerikil yang mengiringi perjalanan rumah tangga kalian. Saat masalah menghadang, kamu bisa mengucapkan kalimat, “kita akan baik-baik saja”, untuk saling menguatkan diri. Hindari kalimat menyalahkan, seperti “aku bilang juga apa” yang justru membuat suasana makin keruh.

4. “Aku mengerti”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia Freepik.com

Saat pasangan bercerita atau berkeluh-kesah, jadilah pendengar yang baik dan ucapkan, “aku mengerti” atau “aku bisa memahami apa yang kamu rasakan”. Dengan begitu, pasangan akan merasa dirinya didengarkan dan bahwa dia memiliki seseorang yang bisa diandalkan.

5. “Apa yang bisa aku bantu?”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia Freepik.com/yanalya

Sudah sewajarnya dalam sebuah pernikahan, pasangan suami-istri bisa saling membantu satu sama lain. Dengan mengucapkan kalimat, “apa yang bisa aku bantu untukmu?” menandakan bahwa kamu adalah pasangan yang selalu siap ada di kala suka maupun duka.

6. “Aku minta maaf”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia freepik.com/pressfoto

Kata lainnya yang sangat sederhana tapi juga kerap dilupakan adalah “maaf”. Tak ada salahnya mengakui kesalahan dan minta maaf pada pasangan. Lupakan egomu sejenak dan ucapkan maaf jika itu demi kebahagiaan pernikahanmu. Tapi bukan berarti sedikit-sedikit minta maaf, walaupun kamu nggak salah. Intinya, saat minta maaf, pastikan maaf kamu itu memang tulus dari hati.

7. “Kamu terlihat keren”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia Freepik.com

Segala bentuk kalimat pujian juga jangan dilupakan, ya, Bela. Pasangan akan sangat menghargai jika kamu masih menganggapnya “keren” atau “menarik”. Nggak hanya soal penampilan, ya, pujian soal keberhasilannya pun patut untuk diberikan. Pujian-pujian sederhana sangat penting untuk diucapkan dalam setiap hubungan pernikahan, karena itu merupakan kunci dari hubungan suami-istri yang bahagia.

8. “Menurut kamu gimana?”

8 Kalimat Sederhana yang Bisa Membuat Pasangan Suami-Istri Bahagia unsplash.com/Toa Heftiba

Jangan lupakan pasangan dalam setiap keputusanmu, ya, Bela. Karena apa pun keputusanmu pasti akan memengaruhi hubungan pernikahan kalian. Jadi, kalimat seperti, “menurut kamu gimana?” akan sangat penting. Pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu menghargai pendapat pasangan dan dia pun akan sangat bahagia jika turut diikutsertakan dalam pengambilan keputusan.

Itu dia beberapa kalimat sederhana yang patut kamu ucapkan untuk menjaga kebahagiaan dalam pernikahan. Tentunya nggak sulit, kan?

Baca Juga: Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Ini

Baca Juga: Tak Banyak Janji, Ini 10 Kalimat Sederhana Tanda Si Dia adalah Jodohmu

Baca Juga: Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh Peselingkuh