Perselingkuhan biasanya terjadi bukan karena niat, melainkan karena ada kesempatan dan godaan yang sepertinya tak bisa dihindarkan. Padahal, jika kamu memang sungguh-sungguh dengan komitmenmu bersama pasangan, godaan selingkuh itu bisa kamu tolak.

Jika kamu bertemu pria lain selain pasangan dan mulai tergoda dengannya, ikuti tips berikut ini agar godaan tersebut tidak berujung menjadi perselingkuhan.

1. Cari tahu apa yang menjadi motifmu ingin melakukan perselingkuhan

Jangan Main Api, Ini Cara Menolak Godaan untuk SelingkuhFreepik.com

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa kebanyakan perempuan melakukan perselingkuhan untuk mencari perhatian yang selama ini hilang. Coba pikirkan hubungan kamu saat ini dengan pasangan, apakah kamu merasa rendah diri dalam hubungan kamu yang sekarang? 

Apakah kamu merasa kurang diinginkan oleh pasanganmu? Apakah kamu punya ekspektasi tinggi terhadap pasanganmu? Atau apakah kamu hanya sekadar mencari gebetan yang membuat hidup kamu terasa lebih berwarna? Intinya, cari tahu dulu apa yang menjadi motif kamu sehingga kamu tergoda untuk melakukan perselingkuhan.

2. Pikirkan akibatnya

Jangan Main Api, Ini Cara Menolak Godaan untuk SelingkuhUnsplash.com/Alex Ronsfdorf

Tentunya dari perselingkuhan yang akan kamu lakukan itu ada akibatnya. Jangan anggap perselingkuhan kamu itu tidak akan ketahuan, karena sepintar-pintarnya kamu menyembunyikan itu kemungkinan besar pasangan kamu akan tahu.

Jika kamu ketahuan, apa yang akan terjadi? Pertama, pasangan kamu tidak akan lagi percaya padamu lagi. Kamu akan memerlukan usaha yang sangat besar untuk bisa mendapatkannya lagi. Selain itu, jika kamu menyerah pada godaan selingkuh, akan ada kemungkinan kamu melakukannya lagi dan lagi setiap kali kamu bertemu pria yang menarik. Kebiasaan seperti itu pada akhirnya akan menghancurkan hubungan kamu dan pasangan.

3. Bicarakan dengan pasangan

Jangan Main Api, Ini Cara Menolak Godaan untuk SelingkuhPexels.com/Zun zun

Jika memang ada masalah dalam hubunganmu dengan pasangan, maka sebaiknya bicarakan dari hati ke hati. Jika kamu merasa tidak puas dengan kehidupan cintamu, maka bicarakan dengan jujur. Diskusikan bagaimana caranya agar kamu bisa mengembalikan api cintamu dalam hubungan kalian.

Baca Juga: Menyakitkan, Ini 5 Curhatan Perempuan yang Memilih Selingkuh