Bulan Suci Ramadan merupakan bulan di mana kita melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di bulan ini, bisa jadi kamu memiliki aktivitas yang berbeda seperti biasanya. Aktivitas kamu dengan pasangan pun mungkin akan berbeda pula.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan selama bulan Ramadan ini. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga hubungan pernikahan tetap sehat saat berpuasa. Simak, yuk!

1. Luangkan waktu untuk pasangan

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaFreepik.com/Freepik

Memang sulit bagi pasangan menjaga quality time tetap terjaga, apalagi jika sudah memiliki anak atau memiliki kesibukan pekerjaan. Di bulan Ramadan ini akan menjadi saat yang tepat bagi kamu dan pasangan untuk saling meluangkan waktu. Jika saat bulan puasa jam kantor lebih singkat, maka kamu akan bisa punya lebih banyak waktu dengan pasangan. Kamu bisa bersama-sama merencanakan menu sahur dan berbuka, atau membuat tradisi Ramadan keluarga kamu sendiri.

2. Menjalani sahur dan berbuka bersama pasangan

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaPexels.com/Meruyert Gonullu

Usahakan untuk selalu menjalani sahur dan berbuka bersama pasangan, sesibuk apa pun kamu. Minta pasangan untuk turut membantuk menyiapkan takjil atau memasak menu berbuka. Kamu bisa bertanggung jawab menyiapkan menu utama, sedangkan suami menyiapkan teh dan makanan kecil. Kerja sama sederhana seperti ini bisa saling mendekatkan kamu, lho. Pastikan juga menu makanan yang kamu siapkan adalah menu makanan yang sehat, ya, apalagi di bulan puasa ini kamu dan pasangan memerlukan imun tubuh yang lebih baik.

3. Saling membantu urusan rumah tangga

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaPexels.com/Jack Sparrow

Selama berpuasa, tentunya kamu energi kamu akan banyak terkuras, apalagi harus menahan lapar dan haus. Oleh karena itu, kamu memerlukan kerja sama yang baik dengan pasangan dalam hal urusan rumah tangga. Urusan rumah tangga sudah seharusnya bukan hanya kewajiban pihak perempuan, ya, Bela, tapi juga kewajiban bersama pasangan suami-istri. Saling membantu dalam hal urusan rumah tangga akan membantu hubungan pernikahan kamu tetap sehat selama bulan Ramadan ini.

4. Beribadah bersama

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaPexels.com/Gabby K

Bulan Ramadan adalah saatnya kamu memperbanyak ibadah. Hal itu juga bisa kamu lakukan bersama pasangan, mulai dari salat 5 waktu hingga salat Tarawih. Apalagi di masa pandemi ini, disarankan untuk tetap berada di rumah, jadi sebisa mungkin kamu melaksanakan ibadah salat berjamaah hanya bersama keluarga di rumah saja. Ibadah bersama nggak hanya mendekatkan dirimu pada Allah SWT, tapi juga mendekatkan dirimu dengan pasangan.

5. Jangan lupa untuk beri dukungan

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaPexels.com/Anna Shvets

Tak hanya di bulan Ramadan, cobaan dan tantangan kerap hadir dalam kehidupan kalian. Untuk itu, jangan pernah berhenti memberi dukungan penuh pada pasangan saat dia sedang mendapatkan masalah, demikian pula sebaliknya. Dukungan tersebut bisa kamu tunjukkan dengan menjadi pendengar yang baik, bersabar saat suasana hatinya sedang buruk, dan selalu ada untuknya.

6. Selalu berdoa untuk pasangan

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaDok. Internet

Bulan suci Ramadan ini juga memberikan beberapa kesempatan agar doa kita diterima Allah SWT. Oleh karena itu, agar hubungan pernikahan kamu tetap sehat dan harmonis, kamu bisa mengucapkan doa untuk mendapatkan ridho Allah atas pernikahanmu. Kamu bisa berdoa agar pernikahan kalian selalu diberikan berkah, bisa tetap langgeng, dan selalu bahagia.

7. Pilih waktu dan kalimat yang tepat saat berargumentasi

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaPexels.com/Juan Vargas

Perselisihan antar pasangan suami-istri bisa terjadi kapan saja, termasuk di bulan Ramadan. Namun selama berpuasa, kita diharapkan untuk bisa menahan segala hawa nafsu, termasuk amarah. Saat kamu berselisih dengan pasangan, cobalah pikirkan segala sesuatunya dengan kepala dingin. Pilih waktu yang tepat untuk berargumentasi dan tentunya gunakan kalimat-kalimat yang baik, yang tidak membuatnya sakit hati.

8. Landaskan semua hal dengan niat beribadah

8 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat Saat BerpuasaFreepik.com/Freepik

Hubungan seksual bukan hanya merupakan kebutuhan biologis, pasangan yang sudah menikah juga membutuhkan hubungan tersebut untuk merekatkan hubungan. Namun tentunya, ada aturan-aturan yang perlu kamu ikuti saat ingin melakukan hubungan seksual di bulan Ramadan. Kamu bisa tetap melakukannya di jam setelah berbuka dan sebelum waktu Imsak. Landaskan segalanya dengan niat untuk beribadah, ya, Bela.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan pernikahan tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadan. Semoga bulan suci Ramadan membawa berkah untuk kamu sekeluarga, ya.

Baca Juga: Penting! Inilah Hukum Bersetubuh di Siang Hari Saat Puasa Ramadan

Baca Juga: 7 Cara Menahan Nafsu Berhubungan Intim Saat Ramadan

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 9 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa