Bachelor party atau pesta bujang merupakan pesta yang dilakukan orang terdekat calon pengantin laki-laki untuk merayakan atau melepaskan kebujangan si calon pengantin. Pernah menonton film Hangover yang dimainkan oleh Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, Justin Bartha serta Heather Graham? Nah, film Hangover ini menceritakan perjalanan pesta bujang. Sebetulnya seperti apa sih bachelor party atau pesta bujang itu? Yuk simak ulasan berikut, Bela.

Sejarah Bachelor Party

Arti Bachelor Party dan Perayaannya di Berbagai Negaraunsplash.com/@kmac3398

Pada abad ke 5-SM, orang-orang Yunani kuno merayakan malam pengantin laki-laki dengan makan malam dan bersulang atas nama sang calon pengantin. Dari sanalah pesta bujang mulai dikenal.

Istilah "bujang (bachelor)" sendiri mulanya memiliki arti "ksatria muda dalam pelatihan" yang pertama kali disebutkan pada abad ke-14 untuk merujuk pada seorang laki-laki yang belum menikah di The Canterbury Tales karya Geoffrey Chaucer.

Istilah Bachelor Party dari berbagai negara

Arti Bachelor Party dan Perayaannya di Berbagai Negaratraveltriangle.com

Ternyata, bachelor party ini nggak hanya dikenal dan dilakukan di Yunani dan Amerika saja. Beberapa negara di dunia juga memiliki tradisi yang sama yakni menggelar pesat bujang untuk para calon pengantin laki-laki sebelum menikah. Berikut beberapa istilah tersebut sesuai dengan negaranya.

Istilah bachelor party di berbagai negara.

  • Inggris : Hag Party atau Hag Doe
  • Amerika : Stag and Doe Party
  • Jerman : Junggesellenabschied
  • Prancis : enterrement de vie de garçon
  • Israel : mesibat ravakim

Ide konsep Bachelor Party

Arti Bachelor Party dan Perayaannya di Berbagai Negarabachelorvegas.com

Konsep pesta bujang di beberapa negara hampirlah sama. Perbedaannya mengacu pada budaya masing-masing tempat saja. Biasanya pesta bujang ini akan dibuat tanpa sepengetahuan si calon pengantin lelaki. Yang mengurus pesta bujang, mulai dari konsep acara, kegiatannya, permainan hingga akhir acara  akan dibuat oleh saudara lelaki sang calon pengantin laki-laki atau sahabat dari calon pengantin laki-laki tersebut.

Di Amerika sendiri, pesta bujang memiliki stereotip negatif karena pesta bujang yang diadakan meliputi makan-makan, minum alkohol sepuasnya, menyewa penari striptis bahkan ada yang berjudi. Hal negatif tersebut dilakukan sebagai pengingat bahwa nanti setelah menikah belum tentu bisa sebebas masih bujang. Jadi untuk merayakan status bujang untuk terakhir kalinya, hal demikian dilakukan. Tapi nggak semua pesta bujang di Amerika seperti itu kok, Bela. Ada juga yang merayakannya hanya dengan makan-makan, mengadakan beberapa permainan atau challenge yang harus dituntaskan si calon pengantin.

Arti Bachelor Party dan Perayaannya di Berbagai NegaraPexels.com/Giorgio Paradisi

Nggak beda jauh dengan tradisi pesta bujang di Inggris. Biasanya pesta bujang dilakukan beberapa hari sebelum menikah selama sehari semalam. Tradisi di Inggris sendiri biasanya para peserta pesta bujang akan melakukan perjalanan baik hanya antar kota sampai ke luar negeri seperti Krakow, Dublin bahkan Amsterdam, Praha. Diakhir perjalanan biasanya mereka akan mengunjungi tempat bordil.

Berbeda dengan tradisi di Jerman. Acara pesta bujang sendiri ada yang berupa karnaval dan ada juga tradisi di mana seseorang yang belum menikah pada ulang tahun ke-30 mereka diminta untuk berpakaian dengan cara yang memalukan oleh teman-teman mereka dan melakukan tugas-tugas konyol yang paling sering mencakup semacam pekerjaan kebersihan.

Paket Bachelor Party

Arti Bachelor Party dan Perayaannya di Berbagai Negaraaskmen.com

Banyaknya acara bachelor party membuat beberapa usaha di bidang perjalanan membuat paket perjalanan Bachelor Party atau stag weekend. Perjalanan sendiri yang beranggotakan teman-teman atau saudara si calon pengantin laki-laki beserta calon pengantin laki-laki melakukan perjalanan.

Kegiatan yang dilakukan biasanya mulai hari Jumat dan berakhir Minggu. Deretan acaranya dimana pengantin laki-laki akan memiliki pilihan tugas untuk diselesaikan pada akhir pekan. Kegiatan kelompok termasuk paintball, balap kart, menembak merpati tanah liat, bersepeda quad, bungee jumping, menembak AK-47 dan arung jeram.

Baca Juga: Arti Bachelorette Party serta Pro Kontranya