Seiring berjalannya waktu, tanpa terasa sudah banyak teman-teman yang mulai mengundang kamu ke pernikahannya. Hampir setiap akhir pekan, sudah mulai ada jadwal pernikahan yang perlu kamu kunjungi bersama pasangan. Melihat mempelai yang terlihat bahagia dan melengkapi satu sama lain, kok jadi baper ya? Rasanya, nggak sabar pengen ikut menyusul bersama si dia untuk segera mendapat label sah. Jangan terburu-buru Bela, untuk melangkah ke tahap selanjutnya, kamu harus memikirkan hal ini bersama pasangan. Yakin sudah siap?

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Bela, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan orang yang objektif untuk membaca hubunganmu. Setelah menjalani hubungan yang lama, bukan berarti kamu merasa paling mengenal dan mengetahui kepribadian si dia. Bersikaplah jujur untuk mendapat banyak masukan dari sudut pandang yang lain. Jangan sampai karena terlalu cinta, kamu langsung percaya si dia akan merubah kebiasaan ringan tangannya ya, Bela.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Meski sedikit tabu, nyatanya tingkat perceraian banyak terjadi karena masalah keuangan. Agar satu sama lain tidak merasa tertipu, kamu tentu harus mengetahui keadaan finansial pasangan yang sebenarnya. Bukan saja sebatas jumlah pemasukan setiap bulan, kamu juga harus tahu berapa utang yang ia miliki, pandangannya terhadap tabungan, dan bagaimana kebiasaan si dia membelanjakan uangnya.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Bela, bila kamu nggak menikah dengan salah satu anggota keluarga Cendana, pastikan kamu tidak menggantungkan kebutuhan hidup pada pasangan. Meski mencari nafkah merupakan kewajibannya, tidak ada salahnya bila kamu meringankan bebannya dengan bekerja sampingan. Kamu bahkan bisa membeli barang impian dengan hasil jerih payah sendiri. Bila tak ingin kerja kantoran, kamu masih bisa kok mencari celah bekerja di rumah seperti menulis atau membuka usaha online shop.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 
 

Bela, menyatukan ikatan pernikahan berarti kamu harus siap tinggal bersama si dia hingga akhir hayatmu. Kamu tidak bisa lagi bersikap egois demi kesenanganmu dan menelantarkan suamimu. Saat kamu memutuskan untuk memiliki bayi, maka tanggung jawab akan semakin besar dan kamu harus dapat membagi peran sebagai istri dan ibu yang baik.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Keadaan finansial, tidak sebatas keungan yang dimiliki oleh kamu dan pasangan saat menikah. Si dia bisa saja memiliki warisan peninggalan orangtuanya yang belum tentu menjadi hak kamu. Buatlah perjanjian kontrak hukum yang jelas agar tak menimbulkan masalah di kemudian hari. Cari kesepakatan yang dapat diterima dan menguntungkan bagi kedua belah pihak tanpa merasa terpaksa.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Ingat Bela, menikah bukan hanya sebatas sah dan tujuan akhir dari pacaran. Kamu dan pasangan harus saling membicarakan tujuan yang akan dicapai setelah membangun rumah tangga bersama. Kamu bisa saja menginginkan anak yang menggemaskan disaat si dia justru meminta kamu untuk menunda kehamilan terlebih dahulu. Buatlah tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bisa membuat kamu dan si dia sama-sama berusaha mewujudkannya.

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Menjadi momen (yang diharapkan) sekali seumur hidup, siapa sih yang tak ingin mengadakan pesta pernikahan besar-besaran? Namun, pesta yang megah tentu memiliki biaya yang tidak sedikit Bela. Jangan biarkan kamu justru terlilit hutang demi membahagiakan tamu yang datang. Percaya deh, 10 tahun setelah melewati pernikahanmu, suara gemetar si dia saat mengucapkan ijab qobul justru lebih diingat daripada sajian makanan yang bahkan tidak sempat kamu cicipi!

Jangan Menikah Dulu Sebelum Kamu Memikirkan 8 Hal Ini
 

Melewati hari pernikahan bukan berarti kisah cintamu dengan si dia akan terus berjalan mulus. Dengan kehidupan dan tanggung jawab yang baru, tentu akan ada masalah muncul yang harus diselesaikan dengan dua pikiran. Bila kamu berselisih pendapat dengannya, jangan menunda menyelesaikannya karena kamu tidak mungkin pulang kerumah orangtua, karena hal sepele bukan?

BACA JUGA: Mau Pernikahanmu Bahagia? Pikirkan 7 Masalah Keuangan Ini Sebelum Resmi Menikah