Bagi sebagian orang, merawat hubungan rumah tangga jauh lebih rumit untuk dilakukan. Awalnya, pernikahan tampak terasa hangat dan romantis, namun karena banyak perbedaan yang terjadi, timbulah konflik yang membuat keharmonisan pernikahan berkurang bahkan hilang.

Dalam menjaga ikatan cinta tersebut, memang membutuhkan banyak waktu, perasaan, pengorbanan, dan kreativitas. Nggak ada hal yang lebih mengerikan bagi seorang perempuan ketika dia merasa pasangannya mulai berubah.

Namun, kamu jangan berputus asa dulu, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan momen keharmonisan rumah tangga kalian, lho! Penasaran? Yuk, simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Jangan berpikir remeh

7 Cara Manis Mengembalikan Keharmonisan Pernikahanunsplash.com/freestocks

Untuk kamu yang menginginkan rumah tangga harmonis, sebaiknya harus banyak berpikir tentang hal-hal kecil, ya. Kamu nggak boleh menganggap remeh permasalahan yang sedang terjadi dalam hubungan kalian.

Pikirkan apa pun yang membuat pasanganmu merasa dihargai dan lakukan hal-hal yang membuat kalian bahagia. Pastikan kamu memberi tahu pasanganmu berapa menakjubkan dirinya, biarkan semua orang melihat kamu menghargai dirinya.

2. Buat pasanganmu merasa nyaman

7 Cara Manis Mengembalikan Keharmonisan Pernikahanunsplash.com/ Milan Popovic

Dalam hal ini, buatlah pasanganmu merasa nyaman dengan segala kebutuhan masing-masing. Baik secara emosional, fisik, mental atau spiritual, pastikan kalian berdua saling merasa nyaman satu sama lain.

Untuk merasakan keharmonisan dalam hubungan, kalian perlu merasa sepenuhnya dicintai dan diterima apa adanya. Secara tak sengaja, ini akan membantu mengembalikan kebahagiaan dalam pernikahan.

3. Luangkan waktu

7 Cara Manis Mengembalikan Keharmonisan Pernikahanpexels.com/Olya Kobruseva

Untuk mendapatkan keharmonisan, kamu harus menghabiskan waktu bersama. Biarkan satu sama lain mengetahui apa yang terjadi dalam hidup masing-masing, jujur tentang apa yang bisa membuatmu bahagia dan tidak.

Bukan sekadar berbicara saja, tapi coba luangkan waktu untuk berlibur dan bersenang-senang, seperti buat kencan romantis tiap akhir bulan

4. Temukan gairah baru

7 Cara Manis Mengembalikan Keharmonisan PernikahanPixabay.com/StockSnap

Kamu dan pasangan perlu menemukan sesuatu yang disukai dan dapat dilakukan bersama. Mungkin, kalian bisa berolahraga, main musik, atau melukis berdua dengan pasangan kalian. Intinya, jangan takut untuk mencoba hal baru, apalagi hal yang disukai pasanganmu.

5. Lakukan yang terbaik

7 Cara Manis Mengembalikan Keharmonisan Pernikahanpexels.com/Olya Kobruseva

Bagian dari keharmonisan dalam suatu hubungan adalah effort. Ketika kamu sepenuhnya melakukan yang terbaik untuk pasanganmu, secara nggak langsung kamu akan mendapatkan perhatian darinya.

Nggak perlu terlalu mencolok, cukup lakukan hal-hal kecil yang bisa membuatnya merasa diperjuangkan. Keharmonisan itu akan datang dari pasanganmu secara tiba-tiba, lho!

Jadi, itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan pernikahanmu dalam situasi yang harmonis. Pasti selalu ada jalan yang membawa sukacita, jika kamu mau mencobanya, ya!

Baca Juga: 9 Cara Memilih Jodoh Istri atau Suami Menurut Islam

Baca Juga: 8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: 8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng