Sekilas, istilah tren kencan “soul-mining” terdengar sangat keren. Bagaimana tidak? Berkencan dengan seseorang yang seakan terus menggali lebih dalam jiwa kamu untuk memahami siapa dirimu yang sejati terkesan begitu romantis, bukan? 

Namun faktanya, tren berkencan yang satu ini benar-benar licik dan terburu-buru dalam prosesnya, lho. Sehingga nggak jarang, beberapa orang merasa pelaku “soul-mining” terlalu posesif bak pacar sungguhan. Padahal, kamu dan si dia masih berada dalam tahap pendekatan alias pdkt.

Waduh, kalau sudah begini segera lakukan perlindungan ekstra, ya! Jangan sampai si dia bertindak lebih jauh hingga membuat kamu merasa tak nyaman.

1. Si dia bertanya banyak hal tentangmu.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus MenghindarinyaPexels.com/Ketut Subiyanto

Biasanya, pelaku tren kencan licik seperti "soul-mining" memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan terhadapmu. Meski masih berada dalam tahap pdkt, si dia nggak segan untuk bertanya segala sesuatu tentang kamu, lho. Bahkan hal yang personal sekalipun layaknya masa kecil dan impian kamu. Waduh, cepat sekali, ya, langkah si dia!

2. Saat kencan pertama, perilakunya bak pacar sungguhan.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus MenghindarinyaPexels.com/Anna Tarazevich

Selain itu, gelagatnya yang aneh saat kencan pertama juga patut kamu waspadai, Bela! Si dia yang menerapkan "soul-mining" dalam berkencan seringkali bertindak layaknya pacar sungguhan, lho. Mulanya, ia mungkin akan meraih tangan kamu atau duduk tepat di sebelahmu hingga akhirnya memelukmu mesra. Sekali lagi, perilaku semacam itu tak seharusnya muncul saat kencan pertama ketika kamu dan si dia belum resmi berhubungan, bukan? 

3. Gerak-geriknya seolah ingin selalu mendalam terhadapmu.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus MenghindarinyaPexels.com/Samson Katt

Nggak hanya tertarik dengan cerita hidup kamu semata, setiap pelaku tren kencan "soul-mining" juga mudah berbagi detail kehidupannya kepadamu. Tampaknya, mereka sangat berusaha untuk membangun kedekatan emosional denganmu sesegera mungkin, deh.

4. Kamu menyukainya tapi segala hal tentangnya terasa aneh.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus MenghindarinyaPexels.com/Anastasia Shuraeva

Si dia memang begitu tampan, pintar, dan luar biasa charming. Namun, kamu tak benar-benar mengenalnya dan itu berbahaya, Bela! Percayalah, segala hal berjalan terlalu cepat untukmu. Pertimbangkan kembali kedekatan antara kamu dan si dia, ya. Jangan terburu-buru dalam mengambil langkah dan kenali si dia lebih dalam.

5. Ia membuatmu sangat sulit untuk pergi.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus Menghindarinyahttps://www.pexels.com/@cottonbro

Jangan salah, pelaku tren kencan"soul-mining" bukanlah seseorang yang menyeramkan, lho. Justru, sosoknya amat penuh dengan aura memikat. Inilah yang ia manfaatkan untuk membuat siapa pun termasuk kamu jatuh ke dalam pelukannya! Sehingga, alih-alih pergi menjauh, kamu justru akan semakin semakin terpukau dengan pesonanya. So, tetap waspada, ya.

6. Si dia tampak begitu sempurna.

Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus Menghindarinyahttps://www.pexels.com/@mikhail-nilov

Mungkin, si dia tampak begitu hebat bak mimpi yang menjadi kenyataan. Tetapi, kamu harus lebih waspada terhadap apapun yang terlihat terlalu sempurna, ya. Biasanya, sesuatu yang tampak tanpa cela menyembunyikan kesalahan besar dan fatal di baliknya, lho. Percayalah, plaku tren kencan "soul-mining" sangat pandai dalam hal ini, deh.

Nah, itu dia penjelasan tentang tren kencan soul-mining. Nggak usah bingung lagi kalau kamu menghadapi perilaku ini dari teman kencanmu. Jangan mau dimanfaatkan, ya, Bela.

Baca Juga: Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Jadi Korban Ghosting

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Gaslighting dari Seorang Manipulator Ulung

Baca Juga: Kenali Cookie Jarring, Jangan Sampai Terjebak dalam Gaya Pacaran Ini!