Dating app atau aplikasi kencan online saat ini menjadi pilihan bagi para lajang untuk mencari tambatan hati. Pasalnya, tidak sedikit orang yang pada akhirnya berhasil menemukan pasangan hidup dari dating app dan melangkah ke jenjang pernikahan. Ditambah lagi, kemudahan yang ditawarkan bagi para penggunanya untuk tak bersusah payah memperluas pergaulan dengan nongkrong sana-sini.

Meski begitu, kamu perlu ekstra hati-hati dan nggak sembarangan ketika mencari jodoh melalui aplikasi kencan online, ya. Apalagi jika kamu bertujuan untuk mencari sosok pasangan yang serius!

Beberapa hal semacam ini, tentu patut kamu perhatikan dan jadikan pertimbangan sebelum benar-benar menemuinya secara langsung di luar dating app. Apa sajakah itu?

1. Lakukan riset dan cari tahu siapa dia

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan Onlinehttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Tanpa perlu diberi tahu tentang hal ini, kamu mungkin secara otomatis akan melakukannya. Ya, inilah yang dinamakan dengan riset. Masukkan nama teman kencan kamu dari dating app ke Google. Setelahnya, kamu bisa menilai dari apa yang kamu temukan pada laman pencarian. Mulai dari foto-fotonya di berbagai media sosial sampai unggahan status pribadinya, jangan sampai ada yang terlewat, ya! Apabila kamu melihat ada sesuatu hal yang mengkhawatirkan, lebih baik batalkan janji temu bersama dia saat ini juga.

2. Buat janji temu di tempat umum

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan Onlinehttps://www.pexels.com/id-id/@william-fortunato

Untuk alasan keamanan, coba pertimbangkan untuk membuat rencana kencan di tempat umum, ya. Misalnya seperti bincang-bincang santai di kedai kopi atau makan malam di pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi oleh banyak orang. Intinya, sangat nggak disarankan untukmu bertemu dengan gebetan dari aplikasi kencan online di tempat privat minim orang. Sebab, jika terjadi hal yang nggak diinginkan kamu akan kesulitan untuk meminta bantuan.  

3. Beri tahu orang terdekat

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan Onlinehttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Selain itu, sebelum pergi menemui teman kencan dari dating app, kamu harus memberi tahu orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Pastikan informasi penting seperti pukul berapa, kemana, dan dengan siapa kamu akan pergi tersampaikan dengan baik kepada mereka, ya. Bahkan, apabila memungkinkan, beri mereka akses untuk dapat melacak keberadaan kamu melalui ponsel. Sekali lagi, ini penting untuk keamanan kamu pribadi!

4. Jangan beri informasi detail tentang kehidupan kamu!

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan OnlinePexels.com/Jep Gambardella

Ketika kamu menjalin hubungan dekat dengan seseorang, mungkin kamu nggak tahan untuk segera berbagi seluruh detail kehidupanmu. Namun untuk sementara, jangan lakukan hal ini kepada gebetan yang baru saja kamu temui di aplikasi kencan online, ya. Cukup beri tahu apa yang memang perlu ia ketahui tanpa perlu bercerita secara mendalam. Berhati-hatilah pada orang yang kamu kenal melalui media sosial, Bela!

5. Waspadai adanya red flags

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan OnlinePexels.com/Ron Lach

Buka mata lebar-lebar dan waspadai seluruh gerak-gerik yang ia lakukan sepanjang berkencan denganmu. Jika dia menunjukkan ciri-ciri kurang beres seperti bertingkah terlalu akrab atau memaksa kamu melakukan sesuatu yang membuatmu tak nyaman, anggap itu sebagai red flags untuk menjauh darinya sesegera mungkin. Sebab, bisa jadi itulah kepribadiannya yang sejati. Jadi, jangan anggap sepele dengan memakluminya begitu saja, ya.

6. Percaya pada intuisimu

6 Tips Aman Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan Onlinehttps://www.pexels.com/id-id/@ron-lach

Pada akhirnya, hal terbaik yang dapat kamu lakukan guna melindungi diri sendiri adalah dengan mempercayai intuisi dan hati kecilmu. Jadi, jika intuisimu mengatakan ada sesuatu yang salah dari dalam diri dia, maka dengarkan baik-baik dan pergilah sejauh mungkin. Jangan menunggu sampai hal buruk datang dan benar-benar terjadi.

Demikianlah beberapa tips aman bertemu teman kencan dari dating app. Ingat, tetaplah berhati-hati dan waspada meski merasa telah memiliki hubungan khusus. Semoga beruntung dengan pencarian cintamu di dunia yang luas ini, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Kencan Online yang Bisa Bantu Kamu Temukan Kenalan Baru

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Predator Seksual di Aplikasi Kencan Online

Baca Juga: Anti Tipu-Tipu, Ini Tips Bikin Kamu Jadi Diri Sendiri di Profil Tinder