Nggak semua orang jahat itu jujur atas tindakannya, lho. Beberapa di antara mereka memilih untuk memendam niat dan perilaku busuknya agar tak terlihat dengan jelas olehmu. Sehingga, nggak mengherankan apabila kamu kerap nggak menyadarinya. Termasuk pasangan kamu yang diam-diam ingin melihatmu hancur dengan menjatuhkan harga dirimu secara perlahan. 

Amati baik-baik perilaku si dia, ya. Jika beberapa hal di bawah ini dilakukan olehnya kepadamu. Nggak perlu ragu untuk segera keluar dari hubungan tersebut sebelum keadaan jadi lebih buruk.

1. Pasangan kamu membuatmu takut atau malu dalam mengutarakan pendapat

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai Pasanganhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Merasa nggak percaya diri setiap kali berbicara dengan si dia merupakan indikasi yang patut kamu waspadai, lho. Hal tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa si dia  berhasil menjatuhkan harga dirimu. Mungkin, pasangan kamu merasa bahwa pemikiran maupun pendapatmu bukanlah sesuatu yang penting. Namun, jangan sampai membuatmu bungkam dan makin merasa kecil karenanya, ya. 

2. Kamu selalu melakukan apa yang si dia mau lakukan

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai Pasanganhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Kapan terakhir kali kamu pergi makan malam di restoran yang kamu sukai dan menonton film yang ingin kamu tonton? Jika kamu selalu melakukan hal-hal yang pasangan kamu suka. Hingga lupa akan apa pun yang menjadi kegemaranmu. Percayalah, pada dasarnya, itu adalah caranya untuk mengatakan bahwa ia lebih penting darimu! 

3. Kamulah orang pertama yang selalu meminta maaf

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai PasanganPexels.com/Fallon Michael

Mungkin, kamu berpikir bahwa inilah caramu menjaga hubungan. Namun, melakukannya terus menerus dan membiarkan si dia berpikir bahwa ia selalu benar dan kamu salah bukanlah solusi, lho Tentu saja, yang satu ini merupakan pertanda nyata bahwa si dia nggak menghargai kamu dengan baik. Untuk itu, jangan segan mengambil langkah tegas dan memilih pergi, ya. You deserve better, Bela.

4. Si dia nggak pernah memberimu pujian

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai Pasanganhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Pujian yang tulus untuk satu sama lain punya peran penting dalam setiap hubungan. Biasanya, hal ini menunjukkan perhatian dan perasaan menghargai pasangan. Namun, apabila kamu lah satu-satunya orang yang selalu memberi pujian terhadapnya tanpa ada timbal balik. Segera lakukan evaluasi, ya. Barangkali, ia benar-benar tak pernah berusaha untuk membuatmu tampak berharga.

5. Sering kali, kamu merasa takut untuk berbagi cerita dengannya

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai Pasanganhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Seharusnya, kamu merasa nyaman untuk berbagi berbagai hal dengan pasangan. Apalagi, jika hal tersebut tentang mimpi, harapan, dan pencapaian kamu. Pasangan yang baik akan selalu mendengar dan mendukungmu, kok. Tetapi, apabila yang si dia lakukan terhadapmu justru sebaliknya. Mungkin, inilah cara halus yang dilakukan olehnya untuk menghilangkan kepercayaan dirimu.

6. Kamu merasa jelek dan nggak berharga

Cenderung Abusive, Ini 6 Tanda Si Dia Merendahkanmu Sebagai PasanganPexels.com/Polina Zimmerman

Seseorang yang membuatmu merasa jelek dan benci terhadap diri sendiri bukanlah sosok pasangan yang tepat. Jangan biarkan orang lain merendahkan kamu, ya. Bahkan, jika orang tersebut merupakan pasanganmu. Percayalah, seharusnya cinta tak pernah menyakiti. Pasangan yang hanya bisa menjatuhkan harga dirimu nggak sepantasnya berada di sampingmu, Bela.

Itulah beberapa tanda kekerasan emosional yang bisa kamu rasakan dengan pasangan, tapi sering tak disadari. Secara nggak langsung pasangan mengikis rasa percaya dirimu perlahan-lahan dengan merendahkanmu. Jangan mau, ya, Bela!

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Emotional Abuse dan Bagaimana Cara Mendapat Bantuan

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Melakukan Emotional Cheating

Baca Juga: Tanda Kamu Mengalami Kekerasan dalam Pacaran, Tapi Nggak Sadar