Tidak ada hubungan yang sempurna. Sama halnya dengan tingkah manis dan percakapan hangat pada sebuah hubungan. Perdebatan kecil yang memicu pertengkaran dan permasalahan yang datang silih berganti tentunya akan selalu hadir pula dalam jalinan cintamu dengan pasangan. 

Meski begitu, menjaganya agar tetap menjadi sebuah hubungan yang sehat adalah hal yang sangat penting, lho. Merasa nyaman dan bahagia selama bersama adalah salah satu tanda yang paling mudah untuk kamu deteksi. 

Untuk hasil yang lebih akurat, coba pertimbangkan beberapa tanda hubungan yang sehat versi Popbela, ya. Kemudian, cocokkan dengan kondisi hubungan kamu dan pasangan saat ini. 

1. Merasa diterima dalam keadaan paling buruk

Relationship Goals! Ini 4 Tanda Hubungan Sehat Bebas ToxicFreepik.com/Freepik

Kamu pasti tahu betul sisi buruk yang kamu miliki. Terlihat nggak memukau karena penampilan yang kurang atau sempat merasakan kegagalan luar biasa yang bahkan sempat membuatmu sulit bangkit. Yap, ketika kamu merasa tetap diterima oleh pasangan dalam keadaan paling buruk, itulah tanda bahwa hubunganmu adalah hubungan yang sehat. Si dia akan selalu mendukungmu penuh, Bela. 

2. Fokus pada solusi dari setiap permasalahan dan saling menghargai

Relationship Goals! Ini 4 Tanda Hubungan Sehat Bebas ToxicFreepik.com

Permasalahan yang terjadi dalam sebuah hubungan dapat memperkuat satu sama lain. Namun, apabila yang terjadi justru sebaliknya, akan mengubah hubunganmu menjadi toxic. Fokus terhadap solusi dan saling menghormati tanpa berusaha merendahkan salah satu pihak adalah kunci dari sebuah hubungan yang berhasil karena sehat. Masih ragu? Lakukan introspeksi pada hubungan kamu, ya. Ingat kembali pertengkaran antara kamu dan pasangan dapat membantumu lebih jelas dalam menilai sebuah hubungan.

3. Tidak terkekang dan dibatasi dalam berbagai hal

Relationship Goals! Ini 4 Tanda Hubungan Sehat Bebas Toxicreaction.life

Pasangan yang baik nggak akan membuatmu merasa dibatasi atau terkekang, Bela. Ketika hubungan yang kamu jalani adalah hubungan yang sehat, kamu nggak akan menaruh khawatir dan curiga berlebihan terhadap pasangan. 

Jika salah satu pihak kerap melarang dengan alasan yang nggak logis serta membatasi lingkungan pergaulan, tentunya, kamu akan merasa stuck dan nggak berkembang sebagai seorang manusia. So, jika hal ini terjadi padamu, menjadi lajang akan lebih baik daripada terjebak dengan orang yang nggak tepat. Tinggalkan drama hubungan toxic dan bersantailah sembari menikmati hidup! You deserve better.

4. Bebas meraih mimpi dan jadi diri sendiri

Relationship Goals! Ini 4 Tanda Hubungan Sehat Bebas Toxicfreepik.com/ freepik

Terbiasa berbagi dan menjalin kasih bersama seseorang terkadang, membuatmu lupa akan tujuan dan mimpi yang sejak dulu telah kamu tetapkan. Meski kebahagiaan pasangan adalah salah satu prioritas dalam sebuah hubungan. 

Tetap fokus mengejar cita-cita dan melakukan hal yang memang kamu suka nggak kalah pentingnya untuk diutamakan, lho. Pasangan yang baik akan selalu mendukungmu. Jadi nggak perlu ragu untuk mengembangkan diri dan meraih mimpi. Pastikan hubunganmu nggak menjadi penghambat untukmu, Bela! 

 

Nah, itulah keempat tanda hubungan yang sehat versi Popbela. Ambil waktu sejenak dan lakukan introspeksi pada hubungan yang saat ini sedang kamu jalani, ya. Salah satu tanda hubungan toxic yang paling jelas terlihat adalah adanya ketidaksadaran akan 'racun' itu sendiri. Hanya kamu yang tahu, Bela!

Baca Juga: Gunakan 4 Cara Ini Agar Berhenti Mencintai Seseorang yang Toxic

Baca Juga: Si "Stay Positive" yang Malah Menjadi Toxic Positivity

Baca Juga: Sering Ribut Kayak Kim & Kourtney Kardashian, Ini Tanda Toxic Sibling