Semua orang tentu mendambakan pasangan yang terbaik dalam hidup. Tak hanya berbicara soal kesempurnaan paras semata, tetapi juga ketulusan hati, tutur kata, serta perilaku. Sehingga, kamu sebagai pencari cinta perlu ekstra hati-hati dan selektif dalam memilih pendamping hidup. Salah satunya adalah dengan memahami sistem pengelompokan kepribadian berdasarkan MBTI.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan tes psikologis yang berusaha untuk mengelompokkan kepribadian seseorang menjadi 16 tipe yang berbeda. Di samping itu, MBTI bisa digunakan untuk mengetahui kecenderungan seseorang dalam bersikap dan berinteraksi ketika menjalin hubungan dengan orang lain. 

Nah, apabila kini kamu sedang dekat dengan seseorang, nggak ada salahnya untuk mencari tahu seberapa cocok kamu dengannya berdasarkan MBTI, lho. Berikut informasi selengkapnya. Semoga dapat membantumu untuk segera menemukan cinta sejati!  

1. INTP dan ESTJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIunsplash.com/jonathan borba

INTP merupakan salah satu tipe kepribadian dalam MBTI yang paling kritis dan logis. Sehingga, nggak mengherankan apabila kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang cerdas dan punya pemikiran luas. Di samping itu mereka terbilang cukup berani dalam mengambil risiko.

Pasangan yang ideal untuk INTP adalah ESTJ. Seorang ESTJ yang suka mengandalkan intuisinya punya kelebihan dalam memahami perasaan orang-orang seperti INTP. Jadi, INTP bisa leluasa menceritakan isi pemikiran dan perasaannya tanpa perlu khawatir akan dihakimi.

2. ENFJ dan INFP

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@ron-lach

Tipe kepribadian ENFJ digambarkan sebagai sosok yang pandai bergaul karena sifat ramahnya terhadap siapa saja. Tak hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan komunikasi yang sangat bagus untuk dapat meyakinkan orang lain. Jadi, bukan perkara sulit bagi ENFJ untuk menemukan tambatan hati.

Oleh karenanya, pendamping hidup yang ideal untuk ENFJ adalah seorang INFP. Sebab, INFP tidak lebih dominan dari ENFJ. Ditambah lagi, ketika menjalin hubungan asmara INFP sangat menghargai perhatian-perhatian kecil, yang mana ini merupakan keahlian ENFJ. Seorang ENFJ benar-benar tahu cara memperlakukan pasangannya agar selalu merasa dicintai!

3. ENFP dan INFJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIPexels.com/RODNAE Production

Dalam sistem pengelompokan kepribadian berdasarkan MBTI, ENFP identik dengan jiwa kreatif dan semangatnya yang membara. Mereka selalu memiliki cara untuk memberikan angin segar bagi orang-orang di sekelilingnya. Meski begitu, ENFP masih membutuhkan dukungan orang lain untuk menguatkannya di kala sedih.

Itulah sebabnya, pasangan yang ideal untuk ENFP adalah INFJ. Seorang INFJ yang penyayang tentu akan sangat cocok untuk menjadi sosok pendamping bagi ENFP yang mudah terpuruk saat menghadapi masa sulit. Intinya, mereka benar-benar dapat melengkapi satu sama lain, deh.

4. ISFP dan ESFJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@n-voitkevich

ISFP merupakan salah satu tipe kepribadian dalam MBTI yang berhati lembut dan tertutup. Selain itu, ISFP juga memiliki kecenderungan untuk menghindari konflik. Walau demikian, mereka adalah sosok yang sangat memegang teguh komitmen dalam sebuah hubungan, lho. Jadi, jangan sesekali meragukan kesetiaannya, ya!

Pasangan ideal untuk menjadi pendamping hidup bagi ISFP adalah ESFJ. Pasalnya, seorang ESFJ punya keinginan yang sama dengan ISFP untuk menjalin hubungan dengan penuh komitmen. Di sisi lain, ESFJ dapat menjadi pendengar yang baik bagi ISFJ yang punya kebiasaan menyembunyikan perasaannya dari orang lain.

5. ENTP dan INTJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@anna-pou

Tipe kepribadian ENTP seringkali digambarkan sebagai sosok yang dominan dan memiliki jiwa kepimpinan. Seorang ENTP memiliki penampilan yang sangat karismatik serta pandai dalam mencairkan suasana. Sehingga, banyak orang kagum terhadap ENTP.

Dalam hubungan percintaan, ENTP terbilang cocok untuk hidup berdampingan dengan INTJ. Seorang INTJ yang serius dan sulit dalam memulai hubungan seolah menemukan pelengkap dalam diri ENTP. Di samping itu, keduanya dapat saling menutupi kekurangan. Sangat ideal, bukan?

6. ESTP dan ISFJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@gustavo-fring

ESTP adalah tipe kepribadian dalam MBTI yang paling humoris. Bahkan, ketika menjalin hubungan asmara sekalipun! Mereka suka melempar candaan pada pasangan sebagai wujud cinta. Itu sebabnya, pasangan yang ideal untuk jadi pendamping hidup ESTP adalah ISFJ yang pendiam. Seorang ISFJ pastinya akan sangat senang menemukan ESTP sebagai wadahnya untuk berkeluh kesah dan bersenda gurau.

7. ESFP dan ISTJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@gustavo-fring

Tipe kepribadian ESFP dalam MBTI sangat identik dengan sifatnya yang hangat, spontan, dan penyayang. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka adalah sosok orang optimis dan penuh akan semangat. Oleh karenanya, pasangan terbaik yang mampu mengimbangi ESFP adalah ISTJ. Seorang ISTJ yang introvert tentu akan jadi pelengkap bagi ESFP yang extrovert. Di samping itu, ESFP juga dapat memecah kecanggungan dalam setiap interaksinya bersama ISTJ menjadi kebersamaan yang lebih bermakna.

8. ISTP dan ENTJ

8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTIhttps://www.pexels.com/id-id/@kampus

ISTP memiliki sifat mandiri dan suka menyendiri. Mereka kurang bisa mengekspresikan pemikiran maupun perasaannya secara terbuka kepada orang lain. Sehingga, cara mereka berkomunikasi cenderung singkat dan tidak bertele-tele.

Pasangan yang ideal untuk ISTP adalah ENTJ. Kecenderungan ENTJ yang dominan dapat mengarahkan ISTP agar bersikap lebih terbuka. Sifat alami ENTJ sebagai pendengar yang baik bukan tidak mungkin dapat membuat hubungan keduanya berjalan langgeng.

Itulah pasangan ideal untuk jadi pendamping hidup sesuai dengan kepribadian MBTI. Bisa dijadikan acuan, tapi bukan satu-satunya patokan, ya, Bela. Kepribadian MBTI ini justru hadir supaya kamu bisa saling memahami sifat dan karakter masing-masing.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Kepribadian INFJ, Sosok yang dikenal "Langka"

Baca Juga: 4 Kepribadian MBTI Ini Tak Mau Buru-buru Tetapkan Status Hubungan

Baca Juga: Perbedaan Bahasa Cinta Setiap Zodiak, Tak Selalu dengan Kata-Kata