Berulang kali bergumul dengan hubungan yang toxic memang bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Tetapi, jangan pernah menyerah dan berputus asa, ya! Ada begitu banyak hal yang dapat kamu pelajari dari hubungan yang nggak sehat, lho. 

Tentunya, pelajaran yang akan sangat membantumu menjadi pribadi yang lebih kuat ketika nantinya menemukan cinta yang baru. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya.

1. Peka terhadap sinyal-sinyal buruk dari si dia.

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Meski pahit, hubungan toxic di masa lalu dapat membuatmu belajar agar tak lagi terjerumus dalam cinta yang salah, lho. Salah satunya adalah tentang sinyal-sinyal tak baik dari sebuah hubungan.

Misalnya, si dia cukup sering berbicara tentang mantannya, atau ia memiliki hubungan yang buruk dengan ibunya. Hal-hal semacam ini merupakan petunjuk samar bahwa ada yang nggak benar dalam dirinya, Bela. Jangan anggap sepele dan mengabaikannya begitu saja, ya.

2. Lebih mengetahui hal apa yang boleh dilakukan dan tidak.

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@amina-filkins

Pelajaran lainnya yang dapat kamu petik dari hubungan yang nggak sehat adalah jangan mengulangi kesalahan yang sama. Jika tidak, kamu akan terjebak dalam lingkaran toxic yang sama pula! Nggak ingin hal ini terjadi kembali kepada kamu, bukan? Untuk itu, hindari perilaku buruk yang berpotensi untuk merusak hubungan, ya. 

3. Sikap suportif terhadap kebiasaan buruk hanya akan membuatmu tersiksa.

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@tim-douglas

Kebanyakan orang percaya bahwa sikap saling mendukung dapat menyelamatkan sebuah hubungan. Padahal faktanya, kamu hanya menunda sedikit lebih lama hingga akhirnya hubungan itu kandas dengan sendirinya. 

Misalnya, ketika kamu bersabar di kala si dia menghantui seluruh aktivitas kamu dengan sikapnya yang posesif dan pencemburu tanpa alasan pasti. Segera hentikan perilaku semacam ini, ya. Mendukung kebiasaan buruk yang pasangan kita miliki tak akan mengubah apa pun, Bela. Masih teringat jelas bagaimana hal ini menghancurkan hubungan kamu di masa lalu, kan?

4. Membantumu untuk tahu sosok pasangan seperti apa yang sesungguhnya kamu inginkan.

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@prateekkatyal

Pelajaran yang satu ini merupakan yang paling berharga dibandingkan dengan yang lain! Ya, lika-liku hubungan yang toxic jelas membantumu untuk mengetahui sosok pasangan seperti apa yang sesungguhnya kamu inginkan. Tentunya, hal ini dapat mempermudah kamu ketika nanti bertemu dengan seseorang yang baru. Sehingga, hubungan yang nggak sehat takkan kembali terulang dalam kehidupan kamu, deh.

5. Letting go is not giving up!

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@alex-green

Melepas si dia di masa lalu akibat tindakannya yang toxic bukanlah tanda bahwa kamu menyerah! Justru, melepaskan cinta yang memberi pengaruh buruk merupakan langkah yang tepat, lho. Kamu telah melakukan yang terbaik, kok. Percayalah, kamu berhak bahagia. Tanamkan ini dalam benak kamu sebagai bekal di hubungan berikutnya, ya.

6. Membuatmu sadar betapa kuatnya dirimu.

6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationshiphttps://www.pexels.com/@rachel-claire

Keberhasilan kamu untuk keluar dari hubungan yang nggak sehat merupakan langkah yang luarbiasa besar. Jika kembali melihat ke masa lalu, tentu kamu akan tahu betapa kuatnya dirimu! Bergumul bersama seorang pasangan yang toxic bukanlah hal yang mudah, lho. Mungkin, kamu kerap merasa sedih dan terpuruk saat itu. Tetapi, buka mata lebar-lebar dan lihatlah sekeliling. Kamu berhasil lolos dari situasi buruk dan menjadi sosok yang lebih kuat. 

Baca Juga: Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di Sekitarmu

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Bikin Kamu Susah Move On Setelah Putus Cinta

Baca Juga: Kenali 15 Tanda Pasanganmu Pernah Mengalami Toxic Relationship