Nggak ada seorang pun yang ingin berada dalam sebuah hubungan yang beracun alias toxic. Namun, yang sering kali terjadi adalah kebanyakan dari kita dibutakan oleh cinta. Padahal, hubungan yang nggak sehat benar-benar memiliki efek samping yang merugikan, lho. Percayalah, situasi semacam ini dapat merusak kehidupan kamu dalam berbagai aspek. Nggak percaya? Popbela punya buktinya!

1. Kamu merasa nggak lagi berharga.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@alex-green

Jika kamu merasa tak berharga karena sikap buruk pasangan, itu merupakan pertanda nggak baik untuk semua aspek dalam kehidupanmu, lho. Mungkin, awalnya kamu akan mulai merasa ragu pada diri sendiri. Semua gagasan hebat yang kamu miliki kini tampak tidak berguna dan kamu akan mulai kehilangan diri sendiri.

Percayalah, seseorang yang membuatmu merasa demikian, nggak pernah pantas berada di sampingmu. Komunikasikan hal ini kepada pasangan, ya. Ia berhak tahu apa yang kamu rasakan akibat sikap buruk yang ia lakukan.

2. Merasa kelelahan sepanjang waktu.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@valeria-ushakova-603898

Tentu saja, hubungan toxic akan selalu membuatmu merasa lelah. Akibatnya, kamu nggak dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan lainnya dengan baik, deh. Padahal, sebuah hubungan seharusnya membawa hal-hal positif dalam hidup bagi kedua belah pihak. 

Namun, apabila yang terjadi justru sebaliknya dan kamu merasa bahwa hubungan ini tak lagi benar. Move on adalah jawabannya. Percayalah, hubungan yang nggak sehat akan sangat sulit untuk diperbaiki jika tak ada keinginan kuat dari kamu dan dia.

3.Segala hal negatif akan lebih mudah melekat denganmu.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@whicdhemein-one-3020162

Berada dalam sebuah hubungan toxic dapat membuatmu terus-menerus berpikiran negatif, lho. Pemikiran ini akan menyebar ke area lain dalam kehidupan kamu juga. Sehingga, akan sangat sulit untukmu berpikir jernih. Kalau sudah begini, kamu bakal selalu melihat segalanya dari sisi buruknya saja! Berbahaya sekali, bukan? 

4. Kamu akan mulai terbiasa dengan pola buruk dari hubungan toxic

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@alex-green

Tetap berada dalam sebuah hubungan toxic dapat membantu kamu menjadi lebih nyaman dengan jenis situasi semacam ini, lho. Bagaimana tidak? Alam bawah sadar kamu akan belajar untuk membentuk pola dan pemikiran salah yang sangat sulit dipatahkan! Biasanya, kamu justru akan merasa aneh atau asing ketika berada dalam hubungan yang sehat.

5. Kesehatan fisikmu jadi terganggu.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@sora-shimazaki

Hubungan yang buruk tidak akan menghasilkan apa-apa selain membuatmu stres. Padahal, stres sendiri sangatlah berpengaruh pada kesehatan fisik, lho. Percayalah, sistem kekebalan tubuhmu akan sulit berfungsi dengan baik ketika kondisi psikis kamu tertekan, Bela. Kamu akan merasakan sakit yang  mungkin belum pernah kamu alami sebelum berada dalam hubungan toxic

6. Kehilangan diri sendiri.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@hebert-santos-1346254

Stres dan kekacauan yang diakibatkan oleh hubungan toxic dapat memunculkan perilaku dalam diri yang mungkin nggak kamu sukai. Misalnya, kamu berubah menjadi nggak percaya diri, meledak-ledak dan sensitif, atau merokok untuk mengelola stres. Kamu akan terus-menerus berada di bawah awan gelap. Menyedihkan sekali, ya. Untuk itu, segera ambil langkah pasti dan atasi dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi.

7. Membuat harapanmu akan masa depan menjadi pupus seutuhnya.

7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxichttps://www.pexels.com/@rachel-claire

Hubungan toxic dapat menghalangi harapan kamu untuk menemukan hubungan yang lebih baik. Pasangan yang buruk dapat membuatmu percaya bahwa nggak ada hubungan yang nyata dan penuh kasih. Ketika itu semua terjadi, kamu akan kehilangan arah dan sebagian kecil dari hatimu akan mati.

Duh, ternyata cukup mengerikan, ya, efek samping dari hubungan toxic itu. Semoga kamu nggak berada di dalamnya, ya, Bela. Jika iya, mungkin kini saatnya kamu melepaskan diri.

Baca Juga: Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di Sekitarmu

Baca Juga: 10 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Memperbaiki Toxic Relationship

Baca Juga: 6 Tanda Kalau Kamu Teman yang Toxic