Berada di dalam hubungan yang sehat dan nggak menuntut adalah idaman bagi setiap orang. Kalau cukup beruntung, memiliki pasangan yang mendukung secara penuh dan memberi perhatian tanpa batas adalah salah satu hal yang wajib kamu syukuri. 

Namun ternyata nggak semua orang diberi kesempatan yang sama untuk merasakan hal tersebut, lho. Mungkin kamu menemukan bahwa hubungan yang saat ini kamu jalani nggak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Berdebat setiap hari dan mengeluh di sosial media, juga nggak akan membuatnya berubah. 

Segera ambil langkah serius untuk memperbaiki hubungan kamu dan pasangan lewat beberapa cara jitu versi Popbela ini, ya. Simak selengkapnya.

Utamakan komunikasi dibandingkan apa pun

Cara Jitu Perbaiki Hubungan Agar Kembali Sehat dan Penuh CintaUnsplash.com/Yolanda Sun

Beberapa di antara kamu mungkin merasa takut atau nggak nyaman ketika harus membicarakan perasaan yang selama ini hanya bisa dipendam kepada pasangan. Hal seperti itu tampaknya harus kamu singkirkan mulai sekarang. Belajarlah untuk lebih terbuka dalam mengutarakan segala hal. Komunikasi yang baik dapat mengantarkanmu pada hubungan yang jauh lebih baik di kemudian hari. 

Dilansir dari cosmopolitan.uk, Sarah Calvert seorang psikoseksual dan terapis hubungan mengatakan bahwa kurangnya komunikasi dapat berdampak negatif pada kehidupan seks kamu dan pasangan. Selain itu, resolusi dari setiap konflik yang kamu alami juga menjadi terhambat karena nggak segera kamu komunikasikan. Akibatnya nggak tertangani dengan baik deh. So, tunggu apa lagi? Perbaiki komunikasi dan singkirkan perasaan nggak nyaman yang berkecamuk di dalam dada ya!

Berikan dukungan terhadap pasangan di segala kondisi

Cara Jitu Perbaiki Hubungan Agar Kembali Sehat dan Penuh Cintahttps://www.pexels.com/@olly

Semua orang tentunya punya masalahnya masing-masing. Nggak terkecuali kamu dan pasangan, bukan? Ingat, kamu dan dia ada untuk saling mendukung satu sama lain, Bela. Ketika sedang berada dalam situasi sulit, beri si dia energi yang positif agar selalu bersemangat menghadapi segalanya. 

Nggak perlu memperdebatkan sesuatu yang nggak penting deh. Ketika dirundung permasalahan, hal yang harus kamu lakukan hanyalah menjadi pendengar yang baik untuknya dan menawarkan solusi apabila memang dibutuhkan. Terkadang permasalahan justru akan semakin menjadi-jadi ketika salah seorang diantara yang bertikai mementingkan diri sendiri dan bersikap acuh. So, saling mendukung dan mendengar adalah pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Bagaimana, siap untuk menerapkannya dalam hubunganmu?

Buat rutinitas baru bersama yang tidak monoton

Cara Jitu Perbaiki Hubungan Agar Kembali Sehat dan Penuh CintaUnsplash.com/Jason Briscoe

Jangan anggap sepele hal yang satu ini, ya. Aktivitas berulang yang dilakukan hampir setiap saat ketika berkencan ternyata cukup mempengaruhi kesehatan hubungan kamu dan pasangan. Nggak ada salahnya, kok, untuk menciptakan perubahan baik apabila memang dirasa tepat agar jalinan kasihmu dengan si dia lebih harmonis. 

Coba, deh, lakukan kegiatan baru yang sebelumnya nggak pernah dilakukan bersama dengan pasangan kamu! Selain itu, keintiman dalam hubungan juga jangan sampai ketinggalan untuk selalu dipupuk. Ciuman usai berkencan atau rayuan dan pujian tentang betapa menariknya pasangan di mata kamu, misalnya. Terdengar remeh memang, tapi hal yang satu ini kerap kali dilupakan dalam setiap hubungan. Padahal, sesuatu yang kecil ini sungguh bermakna bagi beberapa orang.

Ingat kembali tujuan yang pernah kamu dan pasangan sepakati

Cara Jitu Perbaiki Hubungan Agar Kembali Sehat dan Penuh CintaPixabay.com/Rachel Scott

Ketika emosi dan rasa jenuh menguasai pikiran, sulit rasanya untuk kembali berpikir jernih menggunakan akal sehat. Meski begitu, untuk mempertahankan hubungan yang selama ini telah kamu jalani bersamanya, diperlukan keikhlasan hati dan kemauan untuk berusaha lebih memperbaiki diri sendiri dan juga hubungan. Mengingat kembali tujuan yang pernah kamu dan pasangan sepakati bersama, sedikit banyak dapat membantumu untuk memulihkan kembali keadaan. Mengenang begitu banyaknya hal yang telah dilalui bersama dapat membuatmu lebih menghargai waktu-waktu bersamanya. 

Namun, jika ternyata belum menemukan titik terang dan kamu merasa nggak mudah untuk menemukan titik tengah dari permasalahan yang terjadi, meminta bantuan saran pada teman atau keluarga nggak ada salahnya, kok.

 

Nah, itulah cara jitu versi Popbela agar hubungan kamu dan pasangan lebih baik di masa depan. Berjuang seorang diri nggak akan dapat membuat segalanya lebih baik. Kesadaran bersama adalah yang utama karena dalam sebuah hubungan dibutuhkan kerja sama untuk dapat membuatnya kokoh, meski harus diterpa permasalahan yang seakan tiada hentinya.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Kamu Lelah dalam Hubungan