Kebanyakan orang suka ketika berada dalam sebuah hubungan. Tentu saja, takkan ada hal yang lebih baik daripada menjalin hubungan cinta dengan seseorang yang kamu suka. Ia adalah sosok pelengkap dalam hidup, tempatmu berbagi cerita, dan perasaan terdalam.

Cinta memang amat memabukkan! Namun, jangan terlena dan tetaplah berpijak di atas tanah, ya. Lakukan evaluasi secara berkala guna memastikan hubunganmu tetaplah sehat dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah saling menjaga kemandirian meski telah bersama dan memiliki satu sama lain. Terdengar sepele memang, but it’s very important, Bela.

Berikut ini adalah beberapa cara menjadi sosok perempuan yang mandiri, meski telah punya kekasih.

1. Memiliki karier yang matang.

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki KekasihPexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu hal penting yang dapat kamu lakukan untuk jadi lebih mandiri adalah dengan memiliki karier sendiri. Ya, punya pekerjaan atau bisnis yang kamu kelola seorang diri dapat memberimu kemandirian dalam hal finansial, lho! Dengan begitu, kamu takkan bergantung pada pasangan untuk urusan materi, deh. Cinta akan jadi satu-satunya hal yang kamu minta dari si dia. Menyenangkan, bukan?

2. Bertanggung jawab atas perasaanmu sendiri.

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasihhttps://www.pexels.com/@kool-shooters

Kebahagiaan kamu bukanlah tanggung jawab si dia. Kamu perlu belajar untuk tak bergantung padanya dan bertanggung jawab penuh atas perasaanmu sendiri. Percayalah, pada akhirnya kamu hanya punya diri sendiri untuk tetap merasa utuh.

3. Bergaul dengan sahabat atau orang-orang terdekat.

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasihhttps://www.pexels.com/@rodnae-prod

Telah lama menjalin hubungan mungkin akan membuatmu berbagi lingkaran pertemanan yang sama dengan pasangan. Kendati demikian, penting untukmu tetap bergaul bersama sahabat tanpa kehadiran si dia, lho. So, luangkan waktu untuk itu, ya. Selain membuatmu jadi lebih mandiri, hal ini akan berguna pula untuk membangun rasa saling percaya pada diri kamu dan pasangan.

4. Luangkan waktu untuk melakukan hobi.

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasihhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Memiliki hobi atau sesuatu yang kamu suka meski pasangan tidak merupakan sebuah hal yang penting dalam hubungan. Bagaimanapun juga, ini amat perlu untuk membuatmu tetap waras dan mandiri, Bela. Luangkan sedikit waktu untuk melakukan kegiatan favoritmu, ya. Entah itu melukis, bermain video game, atau menari salsa, pilihlah aktivitas yang mampu membangkitkan gairah hidup kamu.

5. Pegang teguh keyakinan diri.

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasihhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Bersikaplah teguh pada pendirian dan miliki hal-hal yang kamu yakini sepenuh hati, ya. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan batasan-batasan tertentu yang tak boleh seorang pun lampaui, lho. Namun, apabila dalam kasus tertentu kamu merupakan pihak yang bersalah, berbesar hatilah untuk mengesampingkan ego dan mengaku salah. Begitulah kunci dari hubungan yang awet nan langgeng.

6. Love yourself!

6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasihhttps://www.pexels.com/@pavel-danilyuk

Jadi pribadi yang mandiri meski telah memiliki kekasih adalah hal yang mudah untuk dilakukan, kok. Dengan mencintai diri sendiri, nggak akan sulit untukmu lepas dari rasa bergantung yang berlebihan pada pasangan. Ketahui nilai diri dan bersikaplah berani untuk berkata tidak pada segala hal yang bertentangan dengan batasan kamu, ya. Know your worth, Bela.

Baca Juga: 7 Ilustrasi Bahagianya Jadi Perempuan Single dan Mandiri

Baca Juga: 4 Zodiak Perempuan Paling Rumit yang Akan Menguji Kesabaran

Baca Juga: 5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!