Mendapati pasangan kamu berselingkuh memang amat menyesakkan. Apalagi, ketika kamu masih sangat sayang dan berharap segala sesuatunya dapat kembali seperti sedia kala. Meski nggak mudah, pilihan tetap ada di tanganmu!

Jika pasangan kamu tidak menunjukkan niat baik dengan meminta maaf, melangkahlah maju dan tinggalkan ia sendiri. Namun, jika kamu masih ingin berjuang dengan memperbaiki hubungan ini, berikut cara membangun kembali kepercayaan setelah diselingkuhi.

1. Tetapkan batasan

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Sebagai seorang manusia, tentu kamu tak dapat mengubah masa lalu. Apa pun yang terjadi, perselingkuhan yang pasangan kamu lakukan itu nyata. Jadi, sebelum memikirkan orang lain, pikirkan terlebih dahulu dirimu sendiri dan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Nggak terkecuali, hal yang kamu rasa perlu si dia lakukan agar peristiwa pengkhianatan nggak kembali terulang. Kemudian, utarakan perasaan kamu pada pasangan, ya. Pada intinya, kamu hanya perlu mengkomunikasikannya dengan baik, kok. Sehingga, apa pun yang menjadi pemikiran kamu dapat diketahui oleh si dia dengan baik.  

2. Definisikan ulang hubungan kamu dengan pasangan

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@alex-green

Selain itu, untuk membangun kembali kepercayaan pasca diselingkuhi, kamu juga perlu mendefinisikan ulang hubunganmu bersama pasangan. Kamu bisa memulainya dengan merenungkan cara apa yang dapat mengubah hubunganmu agar rasa insecure karena takut diselingkuhi dapat hilang dari dalam diri. Apabila saling bertukar password seluruh media sosial dengan si dia membuatmu nyaman, maka negosiasikan dengannya, ya. Lakukan apa pun yang kamu rasa perlu untuk dilakukan guna menyelamatkan hubunganmu, Bela.

3. Cari tahu apa yang sebenarnya terjadi

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@mart-production

Salah satu trauma besar para korban perselingkuhan adalah mengulas kembali cerita perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangannya. Meski begitu, beranikan diri untuk tetap melakukannya, ya. Sebab, cepat atau lambat kamu perlu mengambil langkah ini agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi. Mengingat saat-saat kamu mendapatinya berselingkuh memang sangat menyesakkan. Tetapi, lalui prosesnya secara perlahan dan kamu akan segera pulih.

4. Curahkan isi hati pada orang terdekat

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@edmond-dantes

Jika beban di pundak kamu terasa berat, sangat disarankan untukmu mencurahkan isi hati kepada orang-orang terdekat seperti sahabat. Mereka mungkin dapat memberi kamu perspektif baru dan saran tertentu guna mengembalikan kepercayaan pada pasangan. Namun, jika sahabat kamu belum mampu memberi solusi, paling tidak kamu tahu betul bahwa kamu didengar. Tak apa, hal ini juga dapat membuat kamu merasa lebih baik, kok. Tetap semangat!

5. Tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang sesungguhnya kamu inginkan

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Inilah saatnya untuk bersikap jujur kepada diri sendiri tentang perasaan atau apa pun yang secara sengaja kamu pendam. Sederhana, kamu hanya perlu mengajukan beberapa pertanyaan tentang seperti apa sebuah hubungan yang ideal versi kamu dan bagaimana cara untuk mewujudkannya di masa mendatang. Setelahnya, pertimbangkan dengan objektif apakah hal tersebut mungkin untuk kamu dan pasangan terapkan. Ingat, fokuskan pikiran kamu pada kebutuhanmu seorang, ya.

6. Lihat dari sudut pandang si dia

6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasanganfreepik.com/ gorynvd

Agar kepercayaan kamu pada pasangan dapat segera kembali, sepertinya kamu perlu melihat suatu persoalan dari sudut pandang yang berbeda. Walau hal ini nggak membuat kamu memaafkan dia begitu saja, tetapi mungkin cara ini dapat membantumu lebih mengerti mengapa dia berselingkuh. Sehingga, kamu sebagai pasangan juga dapat melakukan refleksi diri.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengembalikan kepercayaan setelah diselingkuhi oleh pasangan. Tentu nggak mudah, ya, Bela, namun jika kamu masih ingin mempertahankan hubungan, semua itu perlu kamu lalui.

Baca Juga: 8 Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami Menurut Islam 

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasangan

Baca Juga: Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya