Tentu saja, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Apalagi, perihal keseimbangan kualitas waktu bersama pasangan dan dengan diri sendiri. Akan sangat sulit untuk menyamaratakannya antara satu orang dengan yang lain, deh. Namun, apa yang akan kamu lakukan jika ingin menghabiskan waktu seorang diri tanpa diganggu oleh siapa pun, termasuk pasangan? Mengkomunikasikan hal tersebut pada si dia bakal menjadi rumit, lho!

Jangan sampai apa yang akan kamu utarakan justru membuatnya sakit hati dan terluka, ya. So, berhati-hatilah dalam berucap! Bila masih ragu, kamu dapat terapkan rekomendasi Popbela berikut untuk mengungkap kebutuhanmu akan waktu sendiri. Simak selengkapnya, ya.

1. Bersikaplah terbuka atas apa yang kamu butuhkan.

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk Sendiriunsplash.com/@notquitemax

Daripada memberi kode-kode yang belum tentu membuatnya mengerti, mengutarakan secara gamblang kebutuhanmu akan waktu sendiri jauh lebih baik, lho. Membiarkan pasangan menerka-nerka tentang apa yang kamu inginkan hanya akan menimbulkan permasalahan baru, Bela.

2. Perhatikan kata-kata yang kamu gunakan.

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk Sendirifreepik.com/freepik

Nggak ada salahnya, kok, apabila kamu membutuhkan ruang untuk bernapas dalam sebuah hubungan. Namun, ungkap kebutuhan kamu dengan kata-kata yang tepat, ya. Jangan sampai hilang kendali hingga membuatnya terluka. 

3. Perjelas kebutuhanmu.

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk Sendirihttps://www.pexels.com/@lovetosmile

Selain itu, kamu juga harus memperjelas kebutuhanmu ketika mengutarakannya kepada si dia. Beritahu ia seberapa banyak ruang dan waktu yang kamu butuhkan! Sehingga, pasangan kamu nggak kebingungan dan dapat mempersiapkan diri. Hal ini juga dapat membuatnya merasa dihargai olehmu, lho. 

4. Dengarkan pendapat pasangan kamu.

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk Sendirihttps://www.pexels.com/@cottonbro

Ingat, sebuah hubungan harus berjalan dua arah! Untuk itu, beri si dia kesempatan guna mengutarakan pendapatnya tentang kebutuhanmu, ya. Kamu harus dapat berbesar hati untuk memahami sudut pandang dan kebutuhannya pula. 

5. Yakinkan si dia dan tepis semua kekhawatiran yang dimilikinya.

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk Sendirihttps://www.pexels.com/@fernanda-pereira-2010085

Mungkin, si dia akan sedikit terkejut ketika tahu bahwa kamu menarik diri. Namun, di sinilah tugas kamu sebagai seorang pasangan untuk meyakinkan si dia bahwa ini bukanlah pertanda kalau kamu ingin berpisah darinya. Kejujuran memainkan peran yang begitu besar, lho. Jangan sampai berbohong dengan bertindak ghosting dan pergi move on! Ini akan sangat menyakitkan untuknya.

6. Be compromise!

6 Cara Memberitahu Pasangan Bahwa Kamu Butuh Waktu untuk SendiriPexels.com/Samson Katt

Apabila kamu ingin lebih jarang bertemu dengan pasangan, sesekali kejutkan dia dengan kencan spesial pada hari dimana kamu dan si dia tidak biasa bertemu, ya. Percayalah, cara semacam ini dapat membuatnya merasa dicintai dan dihargai olehmu. Apalagi, si dia telah mengorbankan perasaannya untuk memberi kebebasan yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Picu Hubungan Tidak Sehat, Ini 8 Tanda Pacar Manipulatif

Baca Juga: Kakak Rasa Pacar! 9 Potret Akrab Seleb Pria dengan Adik Perempuannya

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuat Pasangan Tidak Mencintaimu Lagi