Perselingkuhan tidaklah selalu menjadi akhir dari sebuah hubungan. Beberapa orang mampu berbesar hati untuk sekadar memaafkan dan kembali memulai. Meski begitu, untuk dapat pulih dari pedihnya pengkhianatan, tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar. Apalagi, mengembalikan kepercayaan yang telah dilanggar! Amat sulit bahkan nyaris tak mungkin, bukan?

Tetapi, jika kamu memiliki tekat yang kuat untuk tetap bersama si dia, Popbela sangat merekomendasikan kamu untuk melakukan 6 hal berikut ini. Sehingga, kamu dan pasangan dapat saling introspeksi diri dan hubungan dapat kembali sehat seperti sedia kala karenanya, deh.

1. Hadapi dan ekspresikan perasaan kamu kepada si dia

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!Instantcheckmate.com/Amy Green

Jika benar pasangan kamu telah berselingkuh, kamu tak bisa hanya diam dan berpura-pura seolah itu tak pernah terjadi! Satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan adalah menghadapinya. Ya, kamu memiliki hak penuh untuk merasa sedih, kecewa, dan  terluka, kok. Betapa pun menyakitkannya, ekspresikan seluruhnya kepada pasangan kamu, ya. Hanya dengan cara ini kamu dapat menyembuhkan diri dari luka hati.

2. Pastikan perselingkuhan dengan pihak ketiga benar-benar berakhir

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!freepik.com/beststudio

Sebelum memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikannya, pastikan lebih dulu bahwa perselingkuhan dengan pihak ketiga benar-benar berakhir. Percayalah, akan sangat sulit untuk memperbaiki hubungan jika pasangan kamu masih saja berkontak dengan selingkuhannya. Oleh karena itu, segera tetapkan batasan agar pengkhianatan nggak kembali terulang, ya.

3. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!https://www.pexels.com/@liza-summer

Mungkin, sempat terpikirkan olehmu bahwa penyebab perselingkuhan yang ia lakukan adalah karenamu. Namun, jangan biarkan pemikiran semacam ini membuat kamu hilang fokus hingga menyalahkan diri sendiri, ya. Tetaplah berpikir jernih, Bela. Tentu saja, pasangan kamu merupakan satu-satunya yang bersalah atas pengkhianatan ini!  

4. Ketahui hal-hal yang mendorongnya berselingkuh

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!https://www.pexels.com/@katerina-holmes

Nggak perlu ragu dan takut untuk sekadar memulai pembicaraan perihal pengkhianatan yang telah ia lakukan. Mengajukan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang mendorongnya berselingkuh akan amat berguna bagi kelangsungan hubunganmu, lho. Meski menyakitkan untuk didengar, setidaknya ada pembelajaran untuk nggak lagi mengulang kesalahan yang sama dari sana. 

5. Berbesar hatilah untuk memberi maaf

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!freepik.com/tirachardz

Agar hubungan kamu dapat kembali seperti sedia kala, berbesar hatilah untuk memberi maaf pada pasangan. Meski nggak mudah, hal yang satu ini tetap perlu kamu lakukan jika ingin menyelematkan hubungan. Tak apa, ambil sebanyak mungkin waktu yang kamu butuhkan. Selagi berupaya menyembuhkan diri cobalah untuk nggak terlalu sering mengungkitnya, ya.

Jika kamu sudah memutuskan untuk memaafkan dia, maka tinggalkan yang sudah berlalu di masa lalu. Jangan pernah lagi mengungkit kesalahannya. Jika kamu tak bisa melupakan kesalahan itu, maka pikirkan lagi apakah hubungan tersebut layak dipertahankan atau tidak?

6. Tanyakan pada pasangan apa yang dapat kamu lakukan untuk menebus kesalahan

Bangun Kembali Hubungan Pasca Perselingkuhan dengan 6 Cara Ini!Pexels.com/cottonbro

Apabila kamu merupakan pihak yang berselingkuh, penting sekali untuk bertanya pada pasangan hal apa yang perlu kamu lakukan agar dapat menebus kesalahanmu. Buat si dia kembali percaya kepada kamu melalui aksi nyata! Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan tulus dapat membuatnya perlahan luluh, kok. Jangan mudah menyerah dan teruslah mencoba, ya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan pasca perselingkuhan. Meski nggak mudah untuk menjalaninya, tegarkan hati dan berhenti menyalahkan diri sendiri, ya. Siapa tahu memberi maaf dapat membuatmu lebih cepat terbebas dari luka hati. Tetap semangat, Bela!

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kali

Baca Juga: Pemaaf, 5 Zodiak Ini Tetap Pertahankan Hubungan Meski Sering Disakiti

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Permintaan Maaf Agar Hubungan Tetap Baik