Menjadi lajang dan melakukan berbagai hal seorang diri terdengar menyenangkan sekaligus menyedihkan di saat yang bersamaan. Namun, memiliki seorang pasangan yang sama sekali tidak cocok dengan kepribadianmu akan lebih menyesakkan. So, nggak perlu terburu-buru dalam proses pencarian cinta yang saat ini sedang kamu jalani deh. 

Segala sesuatu yang sempurna membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Meski beberapa kali mengalami kegagalan dalam berkencan, kembali bangkit dan memperbaiki diri adalah hal yang perlu kamu lakukan. Jangan berputus asa dan tetap lanjutkan perjuanganmu, ya. 

Nah, Popbela telah merangkum beberapa hal yang dapat kamu ingat ketika terlalu lama melajang alias single dan sedang berjuang menemukan cinta untuk mengatasi kegelisahan hati. Simak selengkapnya.

1. Lebih baik single daripada berkencan dengan seseorang yang tidak tepat

Ingat 5 Hal Ini untuk Atasi Kegelisahan Saat Single dan Mencari CintaUnsplash.com/Daria Litvinova

Tentu saja, berkencan dengan seseorang dapat memberimu pengalaman yang luar biasa dan berbagai manfaat lainnya. Namun, apakah akan tetap sama ketika kamu menjalaninya bersama orang yang tidak tepat? Ada banyak hal baik yang akan datang kepadamu ketika single, Bela. 

Jangan buang waktumu dengan percuma hanya karena bosan melakukan segala hal seorang diri. Berjuang menemukan cinta memang memerlukan kesabaran. Menahan diri untuk seseorang yang lebih istimewa akan jauh lebih berharga, kok. Jangan terburu-buru dalam mengambil langkah, ya.

2. Yakini bahwa mungkin kamu mencari di tempat yang salah

Ingat 5 Hal Ini untuk Atasi Kegelisahan Saat Single dan Mencari Cintafreepik.com/ prostooleh

Think outside the box a little bit! Menemukan seseorang yang tepat di lingkungan atau circle-mu saat ini berada hanya akan membuatmu terjebak pada pilihan yang basi dan itu-itu saja. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba terbuka dan memperluas jaringan pertemanan yang kamu miliki. 

Ada banyak kesempatan di luar sana yang patut kamu ambil. Berkencan dengan seseorang yang unik dan belum pernah kamu temui sebelumnya akan memberimu sensasi jatuh cinta yang berbeda. Masih sanggup untuk berjuang, kan?

3. Fokus memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Ingat 5 Hal Ini untuk Atasi Kegelisahan Saat Single dan Mencari CintaPexels.com/Andrea Piacquadio

Berharap bahwa orang lain akan menyukaimu apa adanya terdengar begitu naif. Namun, bukan berarti berubah menjadi orang lain merupakan solusi yang dapat kamu terapkan pada diri sendiri, ya. Jika kamu berpikir kamu adalah orang yang sedikit membosankan, kamu dapat mencoba hobi atau minat baru sebelum mulai berkencan.Traveling atau membaca, misalnya. 

Selain dapat mengubahmu menjadi lebih berpengetahuan, hal tersebut juga dapat membuatmu semakin dewasa dan bijaksana dalam menanggapi permasalahan. Nggak ada ruginya selama apa yang kamu lakukan dapat membuatmu menjadi orang yang lebih baik, kok. Apabila kamu merasa belum membeli pakaian baru dalam waktu yang cukup panjang, kamu juga dapat memilih beberapa atasan atau terusan cantik yang dapat membuatmu lebih percaya diri.

4. Stop berupaya terlalu keras hingga berubah menjadi orang lain

Ingat 5 Hal Ini untuk Atasi Kegelisahan Saat Single dan Mencari CintaPexels.com/Gustavo Fring

Nggak ada salahnya memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk berubah menjadi orang yang kamu pikir merupakan idaman bagi kebanyakan orang. 

Menjadi diri sendiri akan sangat membahagiakan. Kamu akan terhindar dari stres dan khawatir berlebihan. Tenang saja, orang cenderung tertarik pada kejujuran. So, menunjukkan kepribadianmu yang sesungguhnya justru menambah nilai plus dalam diri di mata calon pasangan kamu nanti.

5. Buang jauh-jauh pikiran negatif tentang diri sendiri

Ingat 5 Hal Ini untuk Atasi Kegelisahan Saat Single dan Mencari Cintahttps://www.pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Berpikir positif terhadap diri sendiri ketika berkencan adalah hal yang penting. Meragukan diri sendiri benar-benar terlihat menyedihkan, Bela. Percayalah, apa yang telah kamu lakukan sama sekali nggak salah atau terlihat menjijikkan di matanya, kok. 

Nah, itulah kelima hal yang perlu kamu ingat untuk mengusir kegelisahan selama proses menemukan cinta. Buat diri sendiri lebih berharga sebelum mencintai orang lain, ya. 

Baca Juga: 9 Aktor Indonesia vs Korea yang Masih Betah Single di Usia Matang

Baca Juga: 7 Ilustrasi Bahagianya Jadi Perempuan Single dan Mandiri

Baca Juga: Tak Suka Dikekang dalam Hubungan, Ini 5 Zodiak yang Independen