Saat ini mayoritas orang sudah cukup sadar akan pentingnya kesehatan mental dan berbagai isu terkait yang seringkali muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun, pernahkah kamu mendengar istilah tentang gangguan narcopath?

Jika belum, inilah saat yang tepat untuk mengenalnya lebih dalam. Barangkali, tanpa kamu sadari seseorang yang kamu kencani merupakan individu narcopath!

Nah, Popbela telah merangkum informasi lengkap seputar narcopath dan bagaimana cara mengetahui apakah pasangan kamu salah satunya. Semakin banyak kamu tahu, semakin baik kesiapanmu dalam melindungi diri sendiri guna mempertahankan sebuah hubungan. Simak selengkapnya, ya.

1. Seorang narcopath memiliki gangguan yang tak dapat disepelekan

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di Sinihttps://www.pexels.com/id-id/@shvets-production

Pada dasarnya, narcopath adalah gangguan kesehatan mental yang amat serius. Sebab, narcopath merupakan gabungan antara karakteristik narsistik dan juga sosiopat. Oleh karenanya, seseorang dengan gangguan ini tak dapat kamu anggap sepele! Apalagi, jika orang tersebut merupakan orang terdekat kamu seperti halnya pasangan dalam hidup. Kamu benar-benar perlu mengambil langkah serius dengan meminta bantuan langsung dari ahlinya, Bela.  

2. Caranya bersikap benar-benar tak menentu

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di Sinihttps://www.pexels.com/id-id/@ron-lach

Ciri utama dari gangguan narcopath umumnya digambarkan dengan sikap yang sangat membingungkan dari para penderitanya. Bagaimana tidak? Terkadang, mereka akan menunjukkan sikap dingin yang cenderung memberi kesan nggak bersahabat. Sementara di sisi lain, mereka amat haus akan pujian dari orang lain. Sehingga, perluas hati untuk selalu menerima dan sabar jika memang pasangan kamu kerap menunjukkan sikap serupa, ya!

3. Memiliki keinginan yang kuat untuk mengendalikan orang lain

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di Sinihttps://www.pexels.com/id-id/@katerina-holmes

Selain sikapnya yang kerap berubah-ubah, seseorang dengan gangguan narcopath juga memiliki keinginan yang kuat untuk mengendalikan orang lain, lho. Bahkan, mereka nggak segan menggunakannya untuk memanipulasi orang tersebut. So, berhati-hatilah! Karakteristik semacam ini nggak dapat dihilangkan dalam sekejap. Kamu perlu menginisiasi adanya diskusi untuk mencari akar permasalahan guna menetapkan solusi.

4. Seringkali berperilaku sebagai seorang love bomber

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di SiniPexels.com/Vanessa Garcia

Ya, penderita narcopath memang amat erat kaitannya dengan fenomena love bombing. Tren kencan yang identik dengan sikap yang terlalu kuat dalam menunjukkan cinta kasih ini cukup sering dilakukan oleh seseorang dengan gangguan narcopath. Sehingga sebagai pasangan, kamu benar-benar perlu menaruh perhatian agar dapat membedakan apakah ia hanyalah seorang love bomber atau justru mengidap narcopath.

5. Suka menarik diri secara tiba-tiba

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di SiniPexels.com/Ron Lach

Setelah menghujani kamu dengan perhatian yang bertubi-tubi, seorang narcopath biasanya akan menarik diri secara tiba-tiba. Tentu saja, hal ini akan membuatmu kebingungan dan bertanya-tanya. Padahal, ini adalah bagian dari permainan si dia untuk mengendalikan kamu melalui rasa bersalah yang mungkin muncul!

6. Silent treatment adalah cara mereka untuk menghukum orang lain

Apa Itu Perilaku Narcopath, Kenali 6 Tandanya di Sinihttps://www.pexels.com/id-id/@ron-lach

Seorang narcopath memiliki kecenderungan untuk menghukum seseorang dengan perlakuan diam, nggak terkecuali kepada pasangan. Sehingga nggak jarang, kamu akan dibuatnya bertanya-tanya tentang kesalahan yang sebenarnya mungkin tidak kamu perbuat. Padahal, suatu permasalahan akan lebih cepat selesai jika dikomunikasikan secara terbuka, ‘kan? Tindakan semacam ini tak hanya manipulatif, tetapi juga sangat kekanak-kanakan.

Nah, itulah informasi lengkap seputar narcopath beserta karakteristik yang menjadi ciri-ciri dari para pengidapnya. Apabila pasangan kamu termasuk salah satunya, jangan ragu untuk meminta bantuan langsung kepada ahlinya, ya. Percayalah, kamu takkan dapat mengatasinya seorang diri, Bela.

Baca Juga: Fenomena "Love Bombing", Kenali Tanda dan Bahayanya Buat Kamu

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 9 Tanda Pacar Kamu Termasuk Sosiopat

Baca Juga: Ini 7 Tipe Orang Narsistik, Ada yang Pernah Jadi Pacarmu?