Kembali menjalin hubungan pasca putus cinta nggak selalu menyenangkan, lho. Nggak jarang, beberapa orang masih sulit melupakan alias belum move on. Sehingga, bukannya lega dan bahagia, justru sedih yang dirasa, deh. 

Situasi seperti ini memang mengerikan, tetapi juga cukup umum terjadi. Yang terpenting jangan sampai mengacaukan hubungan kamu, ya. Ambil waktu sebanyak yang kamu perlu, Bela. Terima kesedihan yang kamu rasakan dan mulailah melangkah dengan cinta yang baru.

Simak juga beberapa alasan kamu sedih dalam hubungan baru, berikut ini.

1. Kamu kerap membandingkan si dia dengan mantanmu.

Ini 5 Alasan Kamu Merasa Sedih dalam Sebuah Hubungan BaruPexels.com/Jep Gambardella

Salah satu hal yang mungkin kamu lakukan saat berkencan dengan orang baru pasca putus cinta adalah membandingkan keduanya. Padahal, hal semacam ini dapat mengubah hubungan kamu menjadi toxic, lho. Apalagi, mengukur seberapa baik pasangan kamu saat ini dengan mantanmu. Ini jelas takkan adil untuknya! Segera lakukan perbaikan dan ubah caramu dalam berpikir, ya. Percayalah, kesedihan akan segera berlalu, kok.

2. Kamu merindukan kebiasaan di masa lalu.

Ini 5 Alasan Kamu Merasa Sedih dalam Sebuah Hubungan BaruPexels.com/Marina Abrosimova

Bagian paling sulit dari perpisahan adalah keluar dari zona nyaman dan melupakan kebiasaan. Mungkin, inilah yang kerap membuatmu merasa sedih meski telah memiliki hubungan baru. Kamu hanya merindukan kenyamanan dari apa yang kamu ketahui dengan baik, Bela. Tak apa, seiring berjalannya waktu kamu akan move on.

3. Kamu harus melepas mimpi-mimpimu terdahulu.

Ini 5 Alasan Kamu Merasa Sedih dalam Sebuah Hubungan Baruhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Ketika putus cinta, kamu nggak hanya kehilangan sosoknya sebagai pasangan saja dalam kehidupanmu, lho. Mimpi-mimpi yang kamu dan mantanmu sempat rajut tentu akan ikut hilang, bukan? Meski begitu menyedihkan, kamu tetap harus bergerak maju. Akan ada begitu banyak harapan dan impian dalam hubungan baru yang kamu jalani saat ini, kok. Tetapi, itu semua jelas berbeda dari apa yang kamu miliki bersama si dia di masa lalu. Mantapkan hati untuk melepasnya dan menerima yang baru, ya.

4. Perpisahan merupakan akhir dari sebuah era.

Ini 5 Alasan Kamu Merasa Sedih dalam Sebuah Hubungan BaruPexels.com/Leah Kelley

Mengakhiri sebuah hubungan sama dengan mengakhiri sebuah era atau zaman. Meski begitu membekas hingga membuat luka hati bukan berarti langkahmu untuk move on jadi terhenti! Kehadiran pasangan baru akan menjadi lembaran baru yang nggak kalah menyenangkan, kok. Kamu hanya perlu membuka diri dan melihat lebih luas. Dengan begitu, kebahagiaan akan lebih mudah bersarang di dalam dada.

5. Kamu belum benar-benar move on.

Ini 5 Alasan Kamu Merasa Sedih dalam Sebuah Hubungan BaruPexels.com/Anastasia Shuraeva

Alasan yang satu ini mungkin terdengar begitu menyedihkan. Tetapi mungkin, kamu hanya belum benar-benar melepaskan apa yang terjadi pada hubunganmu terdahulu. Perasaan semacam ini nggak akan pernah membuatmu merasa lega, Bela. Justru jika dibiarkan terlalu lama hal ini dapat mengancam kelangsungan hubungan kamu yang baru. Untuk itu, belajarlah melupakan, ya. Awalnya memang tak akan mudah. Namun, seiring berjalannya waktu kamu akan segera terbiasa dan pulih, kok.

Itu dia beberapa alasan yang menyebabkan kamu merasa sedih dalam sebuah hubungan yang baru. Fokus pada masa kini, ya, Bela. Pikirkan juga perasaan pasanganmu yang sekarang. Jangan sekadar menjadikan dia pelarianmu.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu 

Baca Juga: 9 Cara Jitu Membangun Kepercayaan dalam Hubungan Agar Langgeng

Baca Juga: Memiliki Banyak Kekasih, Ini Penjelasan tentang Hubungan Poliamori