Putus dan berpisah dengan orang yang sangat kamu cintai adalah hal yang nggak mudah. Tapi, ketika harus menyaksikan karakter favorit kamu yang putus di layar lebar apakah sama rasanya?

Terkadang, seseorang cenderung berinvestasi secara emosional saat terikat dalam suatu hubungan. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar, kok, dan justru menjadi bagian yang paling sulit untuk bertahan dan menontonnya sampai habis ketika kamu benar-benar terbawa dalam cerita yang disuguhkan. 

Nggak hanya itu, di saat yang bersamaan juga nggak jarang kamu diingatkan dengan pengalaman hidup sendiri yang memunculkan perasaan dan ingatan yang begitu menyakitkan. 

Ada begitu banyak jenis adegan perpisahan yang benar-benar layak kamu tonton sesuai dengan suasana hati saat ini. Popbela telah merangkumnya untukmu, nih. Dijamin siap membuat matamu berkaca-kaca. Bersiaplah menonton film-film ini dan jangan lupa membawa sekotak tisu!

1. Sex and The City

https://www.youtube.com/embed/H-O-z5gELUY

Bagaimana rasanya ketika harus putus di hari pernikahan? Itulah yang dirasakan Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker) ketika di hari pernikahannya, sang calon suami tidak datang. Dia datang begitu acara seharusnya sudah selesai. Kisah cinta yang seharusnya berujung bahagia, malah jadi tragedi.

2. La La Land

https://www.youtube.com/embed/rtXpocBVCf0

Merelakan seseorang yang kamu cintai agar dia bisa berjuang meraih cita-cita bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Tapi, Sebastian (Ryan Gosling) justru berlapang dada mendorong Mia (Emma Stone) untuk mengambil peran utama dan mengejar mimpinya seorang diri. Perpisahan yang sungguh tragis, bukan?

3. Her

https://www.youtube.com/embed/qKsQX_JHhdw

Kisah cinta yang nggak seharusnya terjadi antara Theodore (Joaquin Phoenix), seorang penulis introvert, dengan Samantha (Scarlett Johansson), sistem operasi komputer yang memiliki kecerdasan artifisial dan bukan manusia, benar-benar memilukan dan bakal membuat siapa pun yang menonton menangis sesenggukan, lho. Nggak percaya? Tonton sampai habis ya.

4. Someone Great

https://www.youtube.com/embed/6T9jwxDQgGA

Perasaan-perasaan yang muncul begitu saja pasca putus cinta benar-benar terasa seperti rollercoaster, lho. Bagaimana tidak? Usaha Jenny (Gina Rodriguez) untuk move on dari Nate (Lakeith Stanfield) nggak berjalan mudah. Untungnya, Jenny dikelilingi sahabat yang begitu menghibur dan selalu ada kapanpun ketika dibutuhkan.

5. Crazy, Stupid, Love

https://www.youtube.com/embed/X7LmDUwkBYg

Keputusan Emily (Julianne Moore) untuk bercerai, membuat Cal Weaver (Steve Carrell) bagai disambar petir. Nggak hanya itu, bagai menggarami luka, ternyata Emily berselingkuh dengan laki-laki lain. Dijamin, deh, film yang satu ini bakal membuat emosimu naik turun. Dari sedih hingga tertawa, semuanya jadi satu.

6. Blue Valentine

https://www.youtube.com/embed/cBvFsIF5GNE

Ketika hubungan asmara antara Cindy (Michelle Williams) dan Dean (Ryan Gosling) menemukan titik terendah, saat itulah yang benar-benar menghancurkan jiwa. Dean nggak ingin anak mereka tumbuh di tengah-tengah keluarga dan rumah yang nggak cukup harmonis. Siapkan tisu dan bersiaplah untuk menonton adegan selengkapnya, ya.

7. The Notebook

https://www.youtube.com/embed/yDJIcYE32NU

Garis tipis antara cinta dan benci memang benar-benar nyata adanya! Adegan perpisahan Noah (Ryan Gosling) dan Allie (Rachel McAdams) benar-benar nggak terduga karena pada akhirnya perasaan Allie berubah menjadi amarah dan tak ada cinta sedikit pun bersarang di dadanya.

8. Breakfast at Tiffany's

https://www.youtube.com/embed/YnOfomPgETs

Film ini memang bukan film putus cinta, tapi ada satu adegan putus yang cukup menyakitkan bagi tokoh utama dalam film ini, yaitu Holly (Audrey Hepburn). Holly yang memiliki jiwa bebas ternyata punya perasaan takut untuk berkomitmen, hingga akhirnya melepaskan orang yang dia cintai.

9. Notting Hill

https://www.youtube.com/embed/Z4B8u_stW7Y

Kisah cinta pemilik toko buku sederhana William Thacker (Hugh Grant) dan aktris Hollywood Anna Scott (Julia Roberts) merupakan kisah cinta yang romantis. Hubungan mereka terjadi dan mengalir begitu saja. Namun karena dunia mereka begitu berbeda, mereka pun terpaksa berpisah. Meski akhirnya, cerita cinta mereka berakhir bahagia, adegan perpisahan mereka begitu menyedihkan.

Baca Juga: 9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamu