Berbulan-bulan di rumah saja saat pandemi ternyata membawa begitu banyak perubahan. Salah satunya adalah munculnya hobi atau kegemaran terhadap tanaman hias. Hal ini dibuktikan melalui banyaknya unggahan “kebersamaan” dengan tanaman di media sosial. Berbondong-bondong orang unjuk pamer kegiatannya dalam bercocok tanam guna mengusir rasa bosan selama virus corona mewabah.

Memang nggak perlu diragukan lagi, tanaman memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental! Membantu meredakan alergi, membersihkan udara, dan membuatmu merasa lebih bahagia misalnya. Tentunya hal tersebut akan kamu rasakan ketika kamu merawat mereka dengan sepenuh hati pula. 

Namun, ternyata nggak hanya itu, lho. Tanaman juga dapat membuatmu jadi lebih siap untuk hubungan yang sehat dan bahagia. Penasaran soal hubungannya di mana, ya, simak dulu artikel ini.

1. Tumbuhan membuatmu sadar berapa banyak waktu yang kamu perlu luangkan dalam sebuah hubungan

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@monstera

Semua orang sepakat bahwa setiap tumbuhan memiliki cara perawatan yang berbeda. Beberapa jenis pakis seperti maidenhair, misalnya. Mereka memang sangat indah. Namun, membutuhkan pengairan dengan intensitas tertentu dan pengawasan secara berkala. Karena kalau tidak, tanaman maidenhair ini akan layu karena kering.

Nah, perawatan yang dibutuhkan oleh maidenhair ini, sama halnya dengan pasangan yang ingin kamu mengirimi si dia pesan singkat setiap saat, lho! Jika kamu adalah sosok orang yang nggak betah memeriksa ponsel sepanjang waktu. Mungkin, ini bukanlah hubungan yang terbaik untukmu. Tetapi, apabila kamu adalah orang yang suka dengan komunikasi konstan. Maka, inilah tanaman yang tepat untukmu.

2. Tanaman dapat membuatmu merenungkan apakah kamu siap untuk sesuatu yang baru atau tidak

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih BaikShutterstock/Makistock

Ketika memilih tanaman, kamu dipaksa untuk melihat lingkungan sekitar. Memikirkan sinar matahari yang didapat dari kamarmu, angin yang mungkin masuk, dan apakah ada sesuatu di sekitar kamu yang menghalangi cahaya ke tumbuhan.

Demikian pula, saat kamu ingin berkencan dengan seseorang yang baru tetapi masih gagal move on! Percayalah, kamu nggak akan bisa memberi perhatian seutuhnya dalam hubungan tersebut.

3. Mereka mengajarkanmu untuk berkompromi

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Katakanlah kamu benar-benar menginginkan sebuah tanaman. Namun, nggak ada cukup sinar matahari di apartemen kamu. So, apakah ini berarti kamu nggak boleh memiliki tanaman sama sekali? Tentu tidak! Jika kamu memang berkomitmen untuk itu, kurangnya cahaya dapat memberimu kesempatan berpikir out of the box. Mungkin, kamu nggak akan bisa punya tanaman Giok yang kamu inginkan. Namun, tanaman jenis ulir akan terlihat sangat cantik di sudut kamarmu yang teduh.

Sama halnya dengan kompromi dalam sebuah hubungan. Apabila si dia ingin kamu menghujaninya dengan pesan singkat setiap saat. Sedangkan kamu tak ingin melakukannya. Tetapi di saat yang bersamaan si dia adalah orang yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup. Mencari cara guna memenuhi kebutuhannya dan milikmu sekaligus tentu adalah solusinya.

4. Lewat tanaman, kamu jadi tahu bahwa tak apa jika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapanmu

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Ada beberapa tanaman yang nggak akan bahagia bertumbuh di tempatmu tak peduli seberapa banyak kamu mencoba. Menyiraminya lebih banyak, memindahkannya ke sudut ruangan yang jauh lebih panas, misalnya. Tetapi, tetap saja mereka nggak dapat bertumbuh dengan baik. Tenang saja, it's not your fault, Bela. Kamu hanya perlu belajar bahwa tak apa untuk menjauh dan pergi dari sesuatu yang nggak akan berhasil.

5. Tumbuhan membuatmu sadar bahwa kamu nggak bisa mengubah seseorang untuk membuat sebuah hubungan dapat berhasil

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Bagaimanapun, tanaman yang membutuhkan cahaya lebih redup akan selalu butuh sedikit intensitas cahaya. Seperti halnya dalam sebuah hubungan, memaksa si dia untuk berhenti meminta kebutuhannya akan kasih sayang, seperti kencan di malam minggu atau video call saat makan siang dapat membuatnya kehilangan cinta. Pun ketika kamu nggak dapat memberi tanaman perawatan yang mereka butuhkan. Mereka akan terkulai, layu, hingga akhirnya menguning.

6. Mereka menjadikanmu sosok yang lebih baik

Inilah 6 Cara Tanaman Rumah Mengubahmu Jadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@nick-bondarev

Percayalah, akan lebih mudah untuk menerima cinta ketika kamu bisa memberikannya lebih dulu! Tumbuhan dapat membuatmu nggak lagi egois. Mereka membantumu menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan kamu sendiri. So, menguntungkan untukmu, bukan? 

Ternyata seperti itu, ya, Bela. Memang, seperti halnya tanaman, hubungan pun perlu 'dipupuki' dengan rasa cinta dan kebersamaan.

Baca Juga: Satu Hal yang Diam-diam Diinginkan Tiap Zodiak dalam Hubungan

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Hubungan Sepihak

Baca Juga: Sering Keliru, 6 Mitos tentang Laki-laki dan Perempuan dalam Hubungan