Ketika jatuh cinta, mungkin kita akan melakukan apa saja untuk orang yang kita cintai. Hal tersebut dinilai wajar dilakukan oleh sepasang kekasih yang sedang kasmaran. Tapi tahukah kamu bahwa nggak selamanya pengorbanan yang kamu lakukan itu baik dalam sebuah hubungan.

Ada batas-batas yang harus kamu jaga bersama pasangan. Nah, berikut adalah 6 gaya pacaran nggak sehat a la kids zaman now. Jangan sampai kamu termasuk, ya!

1. Menjadikan pacar di atas segalanya

Sadarlah, 6 Gaya Pacaran Ini Sangat Nggak Sehat untuk Masa DepanmuUnsplash.com/Savs

Kamu harus paham bahwa di dalam kehidupan ini bukan hanya ada si dia. Tapi kamu punya orangtua, saudara, kerabat, dan teman-teman. Merekalah yang pantas kamu perhatikan selain pacar. Karena bukan nggak mungkin hubunganmu dengannya hanya sebentar saja. Sementara orang-orang terdekatmu akan selalu ada dalam kehidupanmu selama kamu dan mereka masih ada di dunia ini.

2. Menjadikan pacar sebagai tukang antar jemput

Memang cinta butuh pengorbanan. Tapi, kamu nggak perlu mempergunakan seluruh waktumu untuk si dia, lho. Bukan berarti kamu pacarnya lantas menjadikan si dia seperti tukang antar jemput di setiap kegiatanmu. Jika kamu adalah pacar yang seperti ini, cobalah untuk lebih mandiri tanpa harus bergantung padanya.

3. Memenuhi semua keinginannya

Sadarlah, 6 Gaya Pacaran Ini Sangat Nggak Sehat untuk Masa DepanmuUnsplash.com/Alex Holyoake

Percayalah, nggak semua yang dia inginkan harus kamu penuhi. Kamu harus memilah serta mempertimbangkan mana yang bisa kamu berikan untuknya dan mana yang nggak bisa kamu berikan. Berikanlah penjelasan kenapa kamu nggak bisa memberikannya.

Ingatlah bahwa sebelum menikah, kalian belum memiliki ikatan resmi dan kamu nggak punya tanggung jawab materi padanya. Jadi, jangan jadikan dirimu sebagai orang yang dimanfaatkan, ya.

4. Menjadi satpam cinta yang siaga 24 jam

Cinta memang akan membuat hari-harimu bahagia. Tapi, jangan jadikan itu alasan untuk lari dari kewajiban. Kamu nggak perlu menempel di sampingnya terus-menerus seperti perangko. Banyak hal yang lebih bermanfaat yang bisa kamu lakukan selain menghabiskan banyak waktu dengan si dia. Kamu perlu memilih waktu senggang di luar kewajibanmu.

5. Menganggap seks bebas adalah hal yang biasa

Sadarlah, 6 Gaya Pacaran Ini Sangat Nggak Sehat untuk Masa DepanmuUnsplash.com/Krista Mangulsone

Ketika kamu jatuh cinta, maka nafsu adalah ujian terberat yang akan kamu hadapi dalam percintaan. Semakin pandai kamu dan pasangan mengendalikan nafsu, maka semakin sucilah cinta kalian. Jangan jadikan seks bebas sebagai hal yang lumrah diterima.

Selain agama melarangnya, hal tersebut juga nggak baik untuk kesehatanmu dan pasangan.Terlebih kerugian lain yang akan kalian dapatkan jika tetap melakukan seks bebas.

6. Menyia-nyiakan hidup setelah putus cinta

Pada saat kalian patah hati dan kecewa, ingatlah kata-kata ini, "mati satu tumbuh seribu". Nah, jika nantinya si dia ninggalin kamu dengan perasaan hancur, maka tetaplah berpikir logis. Orang lain bisa menyakitimu, tapi jangan biarkan dirimu menyakiti diri sendiri.

Ingatlah bahwa hubungan yang paling baik adalah hubungan persahabatan. Cobalah sama-sama memperlakukan pasangan selayaknya kamu memperlakukan sahabat. Karena sahabat akan sama-sama mengerti dan nggak saling menyakiti, lho!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Sadarlah, 6 Gaya Pacaran Ini Sangat Tak Sehat Buat Masa Depanmu"

Baca Juga: Siap Lanjutkan ke Pernikahan Lewat 7 Gaya Pacaran Sehat