Sekarang ini, banyak orang merasa nggak siap untuk berkomitmen dalam suatu hubungan. Alhasil, tak sedikit yang memilih untuk menjalani hubungan tanpa status. Artinya, kedua belah pihak sama-sama memiliki perasaan cinta, tapi tak ada kata sepakat menjadi sepasang kekasih. Hubungan itu hanya terus mengalir tanpa keterikatan, tapi dibalut dengan rasa cemas dan bingung yang tak berkesudahan.

Di satu sisi, hubungan tanpa status memang menyenangkan. Sebab, kamu bisa mendapat perhatian dari seseorang yang membuatmu nyaman tanpa harus diberatkan dengan status, tapi kamu juga masih bisa punya kesempatan untuk dekat dengan orang lain. Namun lagi-lagi, hubungan ini tak memiliki kejelasan apakah dia akan tetap menjadi milikmu atau mungkin suatu saat dia akan pergi?

Lebih parahnya lagi, terkadang seseorang tak sadar jika dia sedang berada dalam hubungan seperti ini. Lantas, bagaimana cara mengenali tanda-tanda kalau kamu sedang terjebak dalam hubungan tanpa status? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status, Jangan Terlena!Popbela.com/Windari Subangkit

Salah satu tanda yang paling terasa dari hubungan tanpa status adalah komunikasi yang nggak stabil. Terkadang kamu bisa chatting dengannya secara intens, telepon sepanjang waktu, bahkan menghabiskan waktu bersama. Tapi, dia juga sering menghilang begitu saja tanpa kabar dan baru datang lagi ketika dia membutuhkanmu.

Dalam hubungan seperti ini, kamu nggak bisa memaksanya untuk terus memberikan kabar. Sebab, kalian tidak terikat dalam hubungan jelas yang membuatnya wajib untuk selalu mengabarkanmu.

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status, Jangan Terlena!Popbela.com/Windari Subangkit

Hubungan yang serius seharusnya dibangun atas dasar komitmen. Kalau si dia tak pernah mau membahas soal status atau komitmen, mungkin kamu perlu mempertanyakan lagi keseriusannya denganmu.

Apalagi jika dia hanya menjawab, “Jalani saja dulu,” itu adalah red flags yang menunjukkan kalau kamu sedang terjebak dalam hubungan tanpa status. Sebab, jika dia ingin serius denganmu, maka dia pasti tahu mau dibawa ke mana hubungan kalian ke depannya. Dia tak akan membuatmu kebingungan dengan status tak jelas yang ada di antara kalian.

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status, Jangan Terlena!Popbela.com/Windari Subangkit

Selain enggan berkomitmen, dia juga tak mau membicarakan soal masa depan hubungan kalian. Karena, hubungan tanpa status biasanya tak memiliki tujuan yang pasti. Ketika kamu membuka obrolan soal masa depan, dia selalu menolak dan mengalihkan dengan yang lain. Artinya, dia memang nyaman dengan status yang mengambang.

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status, Jangan Terlena!Popbela.com/Windari Subangkit

Meski kamu dan si dia sering menghabiskan waktu bersama, tapi hal itu tak lantas membuat kalian mau saling jujur. Hubungan tanpa status biasanya ditandai dengan tak adanya keterbukaan soal kehidupan pribadi meskipun kalian merasa sudah dekat dan saling nyaman.

Bahkan, tak jarang hubungan seperti ini juga kerap disembunyikan dari orang terdekat. Artinya, salah satu atau kedua belah pihak tak mau mengenalkan pasangannya ke orang-orang terdekat. Sebab, ketika sudah mengenalkan ke orang terdekat artinya hubungan kalian sudah selangkah lebih maju.

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status, Jangan Terlena!Popbela.com/Windari Subangkit

Dalam hubungan yang sehat, idealnya kedua belah pihak akan selalu berusaha melakukan terbaik demi membahagiakan pasangannya. Namun, pada hubungan tanpa status, hal ini tak berlaku. Bahkan parahnya lagi, biasanya hanya satu pihak saja yang berusaha melakukan lebih, sedangkan pihak yang lain hanya mau menerima tanpa memberi. Yakin kamu masih mau bertahan dalam hubungan seperti ini?

Hubungan tanpa ikatan memang rasanya sama seperti pacaran. Namun, ketiadaan komitmen membuat hati berkecamuk dan tak aman. Mau cemburu tapi bukan pacar, mau pergi tapi dia seperti memberikan harapan. Daripada terus berada dalam hubungan yang tak jelas, cobalah untuk lebih tegas kepadanya, Bela.

Baca Juga: 5 Kenyataan Pahit Ini Harus Diterima Saat Jalani Hubungan Tanpa Status

Baca Juga: Sedang Terlibat dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Lho Kerugiannya

Baca Juga: Beda Dulu Beda Sekarang, Ini Fakta Hubungan Tanpa Status Zaman Now