Setelah sempat membuat penonton Indonesia menunggu, akhirnya film BUCIN tayang di Netflix pada 18 September 2020 lalu. Film yang disutradarai Chandra Liow ini bercerita tentang kisah empat sekawan yang selalu dianggap ‘bucin’ sehingga mereka memutuskan untuk ikut kelas ‘anti bucin’ agar bisa menjalani hubungan yang lebih dewasa. Keempat orang ini akhirnya segera menyadari bahwa selain memiliki metode pengajaran yang tidak biasa, kelas tersebut juga membahayakan hubungan mereka dengan pasangan masing-masing.

Menyoroti soal permasalahan cinta yang berbeda-beda, kamu bisa menemukan berbagai momen hubungan yang terasa familiar di film ini, mulai dari menghadapi pasangan yang egois maupun jalinan cinta yang terasa hambar. Nah, ini dia empat pelajaran cinta yang bisa diambil dari film BUCIN.

1. Belajar untuk berkata ‘tidak’

Tayang di Netflix, Ini 4 Pelajaran Cinta dari Film 'BUCIN'Dok. Netflix

Kebucinan Andovi (Andovi Da Lopez) terhadap Kirana (Widika Sidmore) membuat ia harus merelakan waktu dan tenaganya demi kebahagiaan Kirana. Nggak ada kata ‘tidak’ yang bisa terucapkan tanpa menyulut pertengkaran di antara keduanya. Ingin membahagiakan kekasih memang hal yang wajar, tapi jangan sampai hal ini merugikan satu sama lain. Coba belajar untuk berkata dan menerima kata ‘tidak’ dengan pasangan, sehingga hubunganmu tak seperti kewajiban yang harus dipenuhi.

2. Perselingkuhan hanya akan berujung pada penyesalan

Tayang di Netflix, Ini 4 Pelajaran Cinta dari Film 'BUCIN'Dok. Netflix

Kalau kamu telah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama, rasa bosan bukan suatu hal yang bisa dihindari. Akan tetapi, jangan sampai hal ini dijadikan alasan untuk ‘berkelana’ ke pilihan lain. Kasus Jovial (Jovial Da Lopez) di film ini membuktikan bahwa perselingkuhan hanya akan berujung pada penyesalan, apalagi kalau kamu menyia-nyiakan orang yang baik.

3. Belajar untuk berkompromi

Tayang di Netflix, Ini 4 Pelajaran Cinta dari Film 'BUCIN'Dok. Netflix

Cinta itu tidak berat sebelah. Jangan pernah menuntut apa pun dari pasangan, jika kamu sendiri tak mau berusaha. Kisah Tommy (Tommy Lim) dan Julia (Karina Salim) dalam merencanakan pernikahan mereka menunjukkan bagaimana Tommy merasa bahwa Julia hanya memikirkan dirinya saja. Tommy dituntut untuk selalu berpikiran yang sama dengan Julia, sehingga hal ini membuat Tommy tidak bisa mengutarakan apa yang ia inginkan. Jika kamu ingin memiliki hubungan yang awet, hindari memaksakan kehendak sendiri dan coba untuk lebih bisa ‘mendengarkan’ pasanganmu, ya.

4. Kesabaran, kejujuran, dan keberanian adalah kunci

Tayang di Netflix, Ini 4 Pelajaran Cinta dari Film 'BUCIN'Dok. Netflix

Meskipun metode pengajaran Vania (Susan Sameh) sangat di luar akal, tiga kunci kesuksesan dalam hubungan yang disampaikannya sebenarnya dapat kamu ikuti, lho. Ketiga kunci itu adalah kesabaran, kejujuran, dan keberanian yang mana memang diperlukan agar bisa saling memahami perasaan masing-masing.

Nah, itu dia empat pelajaran yang bisa kamu petik dari film BUCIN. Kamu sendiri sudah menonton filmnya belum, nih?

Baca Juga: 5 Tipe ‘Bucin’ Ini Ada di Film dan Serial Netflix, Kamu yang Mana?

Baca Juga: 8 Serial Drama Untuk Kamu yang Anti Bucin Bucin Club

Baca Juga: Bucin Banget, Ini 5 Zodiak yang Nggak Bisa Lepas dari Pasangannya