Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat waktu luang. Misalnya, belajar memasak, membaca buku, atau menonton film. Bicara soal menonton film, tampaknya hampir semua orang menyukai aktivitas yang satu ini. Memang, ada beragam genre yang disuguhkan dalam sebuah film. Namun, genre komedi romantis tampaknya masih menjadi primadona, nih!

Apakah kamu salah satu yang menyukai genre film seperti itu, Bela? Jika iya, sepertinya kamu perlu menonton 10 rekomendasi film komedi romantis Indonesia pilihan Popbela berikut ini. Check this out!

1. Get Married (2007)

https://www.youtube.com/embed/a05WCTlKGkw

Film Get Married bercerita tentang kehidupan Mae (Nirina Zubir), gadis tomboy pengangguran yang bersahabat dengan tiga laki-laki, yakni Eman (Aming), Beni (Ringgo Agus Rahman), dan Guntoro (Desta). Sehari-harinya, Mae tak pernah merawat diri sehingga timbul kekhawatiran dari orangtua Mae (Jaja Mihardja dan Meriam Bellina) karena putrinya itu tak kunjung menikah.

Meskipun sudah berkali-kali dijodohkan, para laki-laki yang mendekatinya ditolak oleh Mae dan diberi ‘pelajaran’ oleh ketiga sahabatnya. Hingga suatu hari Mae bertemu dengan laki-laki tampan dan kaya raya, Rendy (Richard Kevin), yang menaruh hati kepadanya.

Meski sudah berusia belasan tahun, film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini tetap menarik untuk ditonton. Unsur komedi yang ada dalam setiap dialog dan adegannya sukses mengocok perut para penonton, nih!

2. Single (2015)

https://www.youtube.com/embed/vYdmieRyAR4

Bicara seputar film Raditya Dika, siapa pun pasti tahu bahwa komika yang satu ini selalu membubuhkan unsur komedi dalam setiap filmnya. Nah, Single merupakan salah satu film komedi romantis Indonesia yang wajib kamu tonton, nih!

Film ini menceritakan tentang Ebi (Raditya Dika), pemuda pengangguran yang selalu ditolak perempuan. Ebi bersahabat dengan Wawan (Panji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita). Persahabatan tersebut diisi dengan tingkah-tingkah konyol mereka dalam usaha mencarikan Ebi kekasih.

Pertemuan Ebi dengan gadis cantik bernama Angel (Annisa Rawles) sontak membangkitkan kembali semangat Ebi untuk mendapatkan kekasih. Usahanya dalam mendapatkan Angel tak selalu mulus, tapi dari sinilah Ebi memahami bahwa ada hal yang lebih penting dari sekadar melepas status 'single' yang melekat pada dirinya.

3. Kapan Kawin? (2015)

https://www.youtube.com/embed/hmMlaEFVXXM

Kapan Kawin? mengisahkan tentang Dinda (Adinia Wirasti), perempuan lajang yang sedang berada di puncak kariernya. Namun, ia masih dianggap kurang oleh orangtuanya karena masih single hingga usianya yang sudah melewati 30 tahun. Bagi mereka, status Dinda ini adalah kegagalan mereka sebagai orangtua.

Bosan diteror oleh orangtuanya yang terus bertanya, "Kapan kawin?" Dinda akhirnya memutuskan untuk menyewa Satrio (Reza Rahadian) sebagai pacar untuk dikenalkan pada orangtuanya. Awalnya, Dinda berencana hanya membawa Satrio hanya untuk meredam pertanyaan orangtuanya. Namun tak disangka, orangtuanya ternyata berencana untuk 'memaksa' Satrio segera menikahi Dinda.

4. Bukaan 8 (2017)

https://www.youtube.com/embed/4CPDBAtjzYg

Mengusung genre drama romantis dengan sentuhan komedi, Bukaan 8 mengisahkan tentang pasangan suami istri, Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela), yang mengalami beberapa kesulitan pada hari kelahiran anak pertama mereka.

Walaupun sudah menikah, sebetulnya Alam belum sepenuhnya mengantongi restu mertuanya, Abah (Tio Pakusadewo) dann Ambu (Sarah Sechan), karena pekerjaannya yang dianggap tidak jelas. Masalah bertambah runyam ketika Alam kesulitan membayar biaya persalinan Mia.

5. Sweet 20 (2017)

https://www.youtube.com/embed/JBeLpMHcpYY

Sweet 20 merupakan film Indonesia yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Miss Granny. Film ini mengisahkan tentang perjalanan Fatmawati, nenek berusia 70 tahun yang seketika kembali ke tubuh dan wajahnya di usia 20 tahun setelah berfoto di studio foto misterius.

Fatmawati memutuskan memulai kehidupan yang baru dan mengganti namanya menjadi Mieke. Tak disangka, keunikan Mieke dengan gaya bicara dan seleranya yang kuno justru membuat 3 laki-laki jatuh hati padanya. Mereka adalah Alan (Morgan Oey) seorang produser musik, Juna (Kevin Julio) cucunya sendiri, dan Hamzah (Slamet Rahardjo) yang mencintainya sejak masih muda dulu.

6. Love for Sale (2018)

https://www.youtube.com/embed/QwRiAeGhXlU

Film yang disutradarai oleh Andi Bachtiar ini menceritakan tentang sosok Richard (Gading Marten) yang memiliki usaha percetakan dan sudah terlalu lama hidup sendiri. Kehidupan Richard berubah drastis ketika ia mencoba aplikasi pencari jodoh.

Lewat aplikasi tersebut, Richard bertemu dengan Arini (Della Dartyan), perempuan yang awalnya hanya 'dikontrak' untuk menemaninya ke kondangan, lalu menjadi perempuan spesial di hidup Richard. Perlahan, Richard pun jatuh cinta dan Arini tampak menyambut cinta Richard. Bagaimana ending ceritanya? Tonton langsung saja ya, Bela.

7. Milly & Mamet (2018)

https://www.youtube.com/embed/zDbWeQP7N6w

Milly & Mamet adalah film yang menceritakan dua tokoh yang sebenarnya ada dalam film Ada Apa dengan Cinta. Milly (Sissy Priscillia) menikah dengan Mamet (Dennis Adhiswara), keduanya sedang disibukkan dengan mengurus bayi mereka. Milly memutuskan untuk resign dari profesinya sebagai bankir untuk fokus membesarkan anak. Sedangkan, Mamet yang punya passion memasak kini bekerja di pabrik milik Papa Milly.

Suatu hari, Mamet berjumpa dengan teman lamanya yang cantik, Alexandra (Julie Estelle). Alexandra bercerita bahwa ia sudah mendapatkan investor untuk membiayai ide restoran yang pernah mereka impikan bersama. Namun di sisi lain, hubungan Mamet dan Papa Milly memburuk hingga membuatnya berpikir apakah ia harus menerima tawaran Alexandra atau tidak.

8. Yowis Ben (2018)

https://www.youtube.com/embed/PvjiH2U6G-Q

Yowis Ben bercerita tentang Bayu (Bayu Skak) yang menyukai Susan (Cut Meyriska) sejak lama. Namun, karena dia merasa minder dengan kenyataan dirinya yang pas-pasan, Bayu memutuskan memendam perasaan itu. Kemudian Bayu bertekad mengubah dirinya menjadi lebih populer dari pacar Susan, Roy (Indra Widjaya), yang dikenal sebagai gitaris band sekolah mereka.

Film garapan Fajar Nugros dan Bayu Skak ini sangat menarik untuk ditonton karena 80% dialog dalam film ini menggunakan bahasa Jawa. Nah, film ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar tontonan seru di akhir pekan nanti, Bela!

9. Temen Kondangan (2020)

https://www.youtube.com/embed/qicjD2c8Zfg

Film komedi romantis Indonesia yang nggak kalah seru adalah Temen Kondangan. Film yang disutradarai oleh Iip Sariful Hanan ini menceritakan tentang Putri (Prisia Nasution) yang sudah jomblo, tapi malah mendapat undangan dari sang mantan, Dheni (Samuel Rizal).

Masalahnya, Putri ingin membuktikan bahwa dirinya sudah move on dari mantannya itu dengan membawa teman kondangan sebagai bukti. Ternyata, Putri tak hanya membawa satu teman kondangan, melainkan tiga sekaligus.

Nah, itu dia 9 rekomendasi film komedi romantis Indonesia yang wajib kamu tonton. Di antara list di atas, mana yang sudah pernah kamu tonton nih, Bela?

Baca Juga: 7 Film Semi Indonesia Jadul dengan Banyak Adegan Dewasa

Baca Juga: Yuk Nonton Online, 5 Aplikasi Streaming Film Indonesia ini Legal Kok!

Baca Juga: Ini 5 Film Indonesia dengan Adegan Panas yang Jarang Diketahui Orang