Cemburu adalah sebuah emosi yang biasanya merujuk pada pikiran negatif, takut, dan khawatir kehilangan sesuatu atau seseorang yang disayang. Cemburu nggak jauh berbeda dengan keposesifan dan ketakutan bahwa sesuatu yang berharga bagi seseorang dapat direbut kapan saja.  

Kamu pasti sering mendengar ungkapan bahwa cemburu tanda cinta. Tapi, benarkah itu? Memiliki rasa cemburu pada pasangan tentu sangat wajar. Tapi, percaya atau nggak, cemburu sebenarnya nggak selalu berkaitan dengan rasa cinta pada pasangan, lho. Bahkan, banyak orang yang memilih mengakhiri hubungannya hanya karena rasa cemburu yang berlebihan dari pasangan.

Lebih parah lagi, banyak ditemukan kasus di mana seseorang merasakan cemburu berlebihan hingga berujung pada tindakan kriminal. Itu artinya, cemburu tanda cinta nggak bisa dibenarkan, bukan? Lantas, mengapa seseorang mengalami cemburu berlebihan? Simak jawabannya dalam artikel ini, ya.

1. Rasa takut berlebihan

Benarkah Cemburu Tanda Cinta? Ini PenjelasannyaFreepik.com/Freepik

Ketika sudah cinta, pasti timbul rasa takut yang besar di dalam dirimu. Bisa jadi kamu takut kehilangannya, takut dibohongi, atau bahkan takut dia berselingkuh. Nah, ketakutan-ketakutan seperti inilah yang menjadi alasan utama kamu merasa cemburu. Hal ini juga bisa terjadi ketika pasangan mulai sibuk sendiri dan kurang memberikan waktu untukmu. Alhasil, cemburu itu akan muncul dan akan berefek besar jika nggak bisa dikendalikan. 

2. Merasa insecure

Perasaan insecure sebenarnya adalah hal yang wajar karena manusia cenderung kurang menyadari kelebihannya sendiri dibandingkan orang lain. Namun, insecurity dapat berefek negatif, bahkan sampai merusak hubungan jika kamu nggak bisa mengatasinya dengan baik.

Insecurity bisa membuatmu jadi mudah cemburu ketika melihat pasangan dekat dengan orang lain yang lebih baik dari kamu. Bahkan, kamu menganggap teman-teman pasanganmu sebagai ancaman. Jika sudah seperti ini, kamu harus introspeksi diri supaya rasa cemburu itu nggak menguasaimu.

3. Kurang percaya diri

Seseorang yang kurang percaya diri akan mudah sekali mengalami cemburu. Misalnya, kamu merasa bahwa dirimu memiliki kekurangan fisik, materi, atau hal lain. Efeknya, kamu akan merasa terancam ketika pasangan akrab dengan lawan jenis, apalagi jika orang tersebut memiliki ‘nilai lebih’ dari kita. Masalah kepercayaan diri memang nggak mudah ditangani. Namun, jika terus-menerus seperti ini, kamu hanya akan menyakiti diri sendiri dan pasangan karena rasa cemburu yang berlebihan. 

4. Nggak percaya pada pasangan

Benarkah Cemburu Tanda Cinta? Ini PenjelasannyaFreepik.com/Rawpixels.com

Kecemburuan juga bisa muncul ketika kamu nggak percaya pada pasangan. Hal ini membuatmu akan terus-menerus menyimpan rasa curiga, meskipun dia sudah berkata jujur sekalipun. Padahal, kunci utama untuk membangun hubungan yang sehat adalah adanya keterbukaan dan saling percaya pada pasangan. Ketidakpercayaan pada pasangan ini akan menimbulkan pikiran-pikiran negatif hingga efeknya cemburu berlebihan. Yakin mau seperti ini terus? 

5. Trauma masa lalu

Bela, apakah kamu pernah dikhianati di masa lalu? Kemudian jadi merasa ketakutan berlebih saat sudah memiliki pacar baru saat ini? Masa lalu yang buruk memang dapat memengaruhi kehidupan dalam diri sebagian orang. Bahkan, trauma masa lalu ini mungkin juga bisa membuat kamu overprotective dan cemburu berlebihan pada pasangan. Jika seperti ini, cara menyembuhkannya hanya ada di tanganmu sendiri. Cobalah untuk lebih percaya pada si dia dan selalu berpikir positif. 

6. Mencium aroma pengkhianatan

Penyebab lain seseorang merasa cemburu berlebihan ialah ketika dia mencium aroma pengkhianatan dari pasangannya. Bukan hanya merasa dikhianati oleh lawan jenis, cemburu juga bisa dirasakan ketika pasanganmu malah sibuk sendiri dengan para sahabat laki-lakinya. Hal seperti ini membuatmu merasa dikhianati dan jadi cemburu. Kamu takut kehilangan dan khawatir pasanganmu lebih bahagia bersama orang lain daripada denganmu. 

7. Dapat bisikan dari orang lain

Benarkah Cemburu Tanda Cinta? Ini PenjelasannyaUnsplash.com/Joe Gardner

Hati-hati dengan bisikan negatif dari orang lain tentang hubunganmu dengan si dia. Bisa saja awalnya kamu percaya sepenuhnya pada pasangan, tapi karena mendengar cerita dari orang lain kamu jadi mulai mencurigainya. Kecemburuan yang berlebihan dapat muncul dari pikiran-pikiran negatif, baik dari diri sendiri maupun omongan dari orang lain. Jadi, sebaiknya jangan mudah percaya dengan bisikan negatif dari orang lain ya, Bela.

Itulah 7 penyebab seseorang dapat mengalami cemburu berlebihan. Pada intinya, cemburu itu manusiawi selama masih dalam batas kewajaran. Kalau menurutmu, benar nggak cemburu tanda cinta?

Baca Juga: Cemburu Itu Tanda Sayang pada Pasangan, Benarkah?