Nggak kerasa, ya, bulan Ramadan telah tiba. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan dari sekarang, nih, Bela. Selain mempersiapkan fisik karena harus berpuasa sebulan penuh, kamu juga harus mulai membenahi diri dan mengubah pola kebiasaanmu, lho. Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu. Jika kamu memiliki pacar, itu artinya kamu harus mulai mengubah gaya pacaranmu karena nggak mungkin, kan, kamu manja-manjaan sama pacar ketika berpuasa. Bisa-bisa puasamu batal, deh. 

Lalu gimana, ya, cara aman berpacaran di bulan puasa ini? Kali ini Popbela kasih bocoran tipsnya untuk kamu. Keep scrolling, ya!

1. Bikin perjanjian di awal untuk mengubah gaya pacaran

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Memasuki bulan Ramadan tentu berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Gaya pacaran kamu dan pacar pun harus mulai diubah. Nggak bisa lagi deh kamu bermanja-manjaan atau pegangan tangan sama pacar karena hal itu bisa mengurangi pahala puasa kamu. Untuk mengubahnya, kamu dan pacar harus sama-sama berkomitmen untuk sedikit menjaga jarak. Buatlah perjanjian di awal agar kalian berdua lebih menahan diri dari dekat-dekatan dengan pacar. Berikan hukuman jika salah satu dari kalian melanggarnya, misalnya nggak diperbolehkan untuk ketemu dengan pacar selama 3 hari. Jika kalian sama-sama berkomitmen, tentunya hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

2. Kurangi bermesraan dan jalan berdua sama pacar

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Tentunya kamu tahu berpuasa itu bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Kurangi intensitasmu untuk bertemu atau jalan bareng pacar selama kamu berpuasa ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengurangi bermesra-mesraan dengan pacar. Kalau kamu ingin keluar bareng pacar, datangi tempat-tempat yang ramai yang membuatmu canggung kalau bermesraan dengannya. 

3. Ajak sahabat kalau mau jalan sama pacar

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Mengajak sahabat saat jalan bareng pacar jadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa, nih, Bela. Ajaklah sahabat-sahabatmu untuk hangout bareng agar kalian bisa lebih menjaga diri satu sama lain. Tentunya kamu malu, kan, kalau kamu malah asyik bermesraan ketika sahabat-sahabatmu ini tengah berpuasa? Berikan pengertian pada pacarmu kalau kamu ingin jalan-jalan bersama sahabat-sahabatmu juga, nggak melulu berduaan dengannya. Katakan padanya kalau kamu nggak mau puasamu ternoda hanya karena berduaan dengan pacar.

4. Hindari ketemu pacar di tempat sepi dan gelap

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Jika biasanya kamu menghabiskan waktu dengan menonton di bioskop atau ke kafe yang sepi, maka kali ini kamu harus mulai mengubahnya. Bertemu di tempat yang gelap dan sepi seperti bioskop, membuat kamu jadi leluasa bermesraan dengan pacar. Tentunya hal ini harus dihindari supaya puasamu nggak batal, Bela. Kamu bisa menggantinya dengan pergi ke toko buku yang terang dan banyak orang sehingga kemungkinan kamu untuk bermesraan akan lebih kecil.

5. Cari kegiatan positif bersama, sepeti ngaji bareng pacar

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Biasanya, pengajian untuk anak muda mulai menjamur ketika Ramadan tiba. Kamu bisa memanfaatkan kegiatan positif ini bersama pacar, seperti mengajaknya untuk mengaji bersama ke masjid terdekat. Selain mampu menahan diri dari berbagai godaan saat pacaran, harimu juga akan lebih bermanfaat. Kamu dan pacar pun bisa menambah ilmu agama dari kegiatan positif semacam ini.

6. Masak bersama di rumah

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Menjelang berbuka puasa, biasanya kamu sudah mulai sibuk mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Jika kamu terbiasa memasak sendiri untuk menu berbuka, maka kamu bisa sesekali ajak pacar untuk memasak bersama di rumahmu. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan, lho! Menunggu waktu berbuka jadi nggak terasa jika kamu mengisinya dengan kegiatan semacam ini, apalagi jika ditemani oleh kekasih hati.

7. Ketemu setelah buka puasa dan tarawih bareng

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Kalau kamu atau pacar takut nggak bisa menahan diri ketika bertemu di siang hari, maka aturlah pertemuanmu setelah berbuka puasa. Kalau sudah berbuka puasa, tentunya kamu nggak akan takut lagi jika puasamu akan batal. Kamu juga bisa mengajak pacar salat Tarawih bersama di masjid. Apa ada yang lebih romantis daripada mengerjakan ibadah bersama?

8. Sibukkan diri dengan ibadah

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat dan ibadah yang kamu kerjakan akan mendapat pahala yang berlipat. Tentunya ini menjadi momen yang nggak bisa kamu biarkan lewat begitu saja. Nah, menyibukkan diri dengan ibadah tentunya menjadi tips terbaik yang bisa kamu lakukan di bulan puasa ini. Daripada terus-terusan bertemu dengan pacar yang malah membuka peluang puasamu batal, lebih baik kamu membiasakan diri dengan ibadah yang bermanfaat. Jangan sia-siakan datangnya Ramadan yang hanya satu tahun sekali ini, ya, Bela!

9. Jika rindu, sampaikan lewat pesan singkat

9 Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan di Bulan Puasa

Wajar saja jika kamu kangen sama pacar, apalagi jika di bulan puasa ini kamu harus menahan diri untuk nggak bertemu dengannya. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyampaikan rasa rindumu lewat pesan singkat atau chat di WhatsApp. Kamu nggak perlu bertatap muka dan bersentuhan dengannya sehingga kamu pun nggak perlu takut puasamu batal, deh.

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan ini. Tentunya, kamu harus mulai menyiapkannya agar puasamu lebih bermakna di tahun ini. Selamat menunaikan ibadah puasa, Bela!

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

Baca Juga: Ini Suka Duka Pacaran Saat Ramadan, Kamu Setuju Nggak?

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa? 5 Tips Agar Pahalamu Nggak Berkurang

Baca Juga: Agar Hubungan Awet, Ini 8 Tips Pacaran dengan Pria Lebih Tua