Kita memang nggak pernah bisa memilih dengan siapa jatuh cinta. Ketika kita mendapatkan lampu hijau dari gebetan untuk melakukan pendekatan, bukan berarti dia memang memiliki perasaan terhadapmu. Kenyataannya, cintamu justru bertepuk sebelah tangan dan akhirnya dia menolak untuk menjadi kekasihmu. Kaget, sedih, dan patah hati rasanya campur menjadi satu. 

Namun di balik itu semua, Popbela mengakui kalau kamu adalah cewek pemberani yang sudah mau mengambil langkah untuk PDKT dan menyatakan cinta. Apalagi di Indonesia masih banyak orang yang beranggapan jika cewek menyatakan cinta duluan adalah hal yang tabu. Padahal nggak ada salahnya kok kalau cewek maju lebih dulu. Jika pada akhirnya usaha pendekatanmu berujung pada penolakan, jangan khawatir. Segera atasi perasaan patah hatimu dengan 7 cara ini. 

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Penolakan memang hal yang berat. Wajar saja jika kamu merasa sedih dan patah hati, apalagi jika kamu sudah benar-benar berharap kepadanya. Hal pertama yang kamu lakukan saat berada di situasi ini adalah tenangkan pikiran. Ambil napas perlahan dan coba bicarakan baik-baik padanya tentang alasan dia nggak menerimamu. Kamu juga harus siap dengan segala jawaban yang akan ia berikan, ya. Setelah itu kamu bisa menangis dan berteriak sepuasmu saat kamu sendirian untuk mengurangi kesedihan yang kamu rasakan.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Mendapat penolakan memang hal yang menyedihkan sekaligus mengesalkan. Namun, kamu nggak perlu meledak-ledak dengan terus menanyakan padanya apa yang salah darimu. Ketika mendapat penolakan, biasanya sikapmu kepadanya pun akan berubah. Misalnya, nggak mau lagi berlaku baik kepadanya atau bahkan menghindari kontak mata dengannya. Mungkin ini salah satu caramu untuk melupakannya, tapi dia pasti akan merasa bersalah dan tersinggung atas perubahan sikapmu ini. Lakukanlah dengan cara yang halus dan jangan sampai terkesan kamu jadi membencinya.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh cewek. Rasa penyesalan hingga akhirnya menyalahkan diri sendiri mengapa sampai suka dan berani nembak gebetan. Hey, jatuh cinta itu bukan suatu kesalahan, Bela. Nggak semua cewek memiliki keberanian yang besar sepertimu. Terus menyalahkan diri sendiri akan membuatmu terpuruk dan takutnya kamu malah jadi trauma ketika menyukai seseorang di kemudian hari. Jangan berpikir kalau kamu telah melakukan kesalahan atau merasa kalau kamu bukan cewek cantik sehingga ditolak olehnya. Bukan itu. Please, kamu harus bisa bangkit dan menghargai dirimu sendiri.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Saat kamu memutuskan untuk menyatakan cinta, itu artinya kamu sudah siap dengan segala jawaban yang akan dia katakan, baik diterima maupun ditolak. Meski berakhir pada penolakan, kamu tetap harus menghargai keputusannya ini. Sekalipun kamu adalah cewek terbaik yang ada di dunia, dia tetap memiliki hak untuk menolakmu. Maka, cara terbaik yang bisa kamu lalukan ialah menghargai keputusannya dan pergi. Ada banyak cowok keren yang menantimu di depan sana, Bela.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Meskipun kamu nggak melakukan kesalahan, tapi kamu tetap bisa belajar dari penolakan ini. Jika sebelumnya kamu terlalu terburu-buru untuk menyatakan perasaan kepadanya, kini mungkin kamu belajar untuk memikirkan segala kemungkinan yang ada dari apa yang kamu lakukan. Bukannya bermaksud untuk menyembunyikan perasaanmu, tapi coba pertimbangkan hal-hal yang biasa kamu lakukan agar nggak terjadi lagi di masa depan.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Mendapat penolakan memang menyakitkan, tapi bukan berarti kamu jadi putus asa dalam menjalani kehidupan yang akan datang. Jangan sampai hal ini membuatmu trauma sehingga takut jatuh cinta pada cowok lain. Kamu nggak bisa hanya diam dan menunggu orang yang sempurna itu datang sendiri. Kamu harus tetap semangat dan menemukan cinta yang baru di masa depan.

Jangan Sedih, Ini 7 Cara Atasi Patah Hati Setelah Ditolak Gebetan

Yes, you have to move on! Ditolak memang nggak enak, tapi bukan berarti kamu jadi terus-menerus bersedih hati. Mungkin memang berat untuk membuang perasaanmu kepadanya, terlebih jika dia adalah teman di kampus atau tempat kerja. Buat mindset bahwa kamu bisa melewati masa-masa ini dengan baik. Sibukkan dirimu dengan rutinitas atau hangout dengan sahabat-sahabatmu. Jika perasaanmu sudah membaik, mungkin kamu juga bisa segera berpindah hati dari si dia.

Ambil hikmah dan tetaplah berpikir positif dari segala yang terjadi dalam hidupmu. Menjadi single lebih baik daripada berada dalam hubungan yang salah, bukan? Tetap semangat, Bela!

BACA JUGA: Gawat, Ini Tandanya Gebetan Sebenarnya Nggak Tertarik Sama Kamu