Menjadi idola dan pusat perhatian banyak orang tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi para figur publik. Dengan segala usaha yang telah dilakukan, bisa menjadi artis dan berada di puncak karier tentu menjadi bayaran yang sebanding.

Namun, untuk mempertahankan kariernya itu, artis harus memiliki citra yang baik dan jauh dari skandal. Hal ini juga sangat penting dalam industri hiburan di Korea Selatan. Bahkan, beberapa artis Korea ada yang kariernya langsung meredup karena tersandung skandal di masa lalunya.

Nah, berikut ini Popbela merangkum 6 artis Korea yang terlibat skandal karena mantan pacarnya.

1. Kim Seon Ho

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/seonho__kim

Baru saja meraih popularitas berkat kesuksesannya membintangi Hometown Cha-Cha-Cha, Kim Seon Ho harus menelan pil pahit saat kariernya terhenti, karena terlibat skandal pemaksaan aborsi terhadap mantan kekasihnya.

Kasus ini berawal ketika muncul unggahan sosok "A" di sebuah forum online. Sosok A menyebut bahwa ia pernah berpacaran dengan aktor K hingga hamil di luar nikah. Namun karena alasan popularitas, aktor K memaksanya melakukan aborsi sehingga membuat A mengalami trauma fisik dan mental.

Dua hari setelah unggahan itu beredar, Kim Seon Ho akhirnya mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada publik. Akibatnya, pemain drama Start-Up ini harus hengkang dari dua proyek film terbarunya. Ia juga keluar dari variety show 2 Days, 1 Night yang dibintanginya sejak November 2019. Selain itu, sejumlah produk iklan yang mendapuknya sebagai brand ambassador juga menghapus konten Kim Seon Ho di media sosial resmi.

2. Kim Jung Hyun

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/jhkim0405

Di awal 2021, publik dihebohkan dengan terkuaknya hubungan asmara antara Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji di masa lalu. Secara eksklusif, Dispatch melaporkan bahwa dua bintang yang sama-sama sedang naik daun itu sempat menjalin asmara pada 2018 silam, tepatnya saat Kim Jung Hyun sedang syuting drama Time bersama Seohyun 'SNSD'.

Namun mirisnya, Kim Jung Hyun justru bersikap kasar dengan Seohyun selama syuting. Ia bahkan disebut tidak mau dekat dengan Seohyun sebagai lawan mainnya. Ia juga menolak adegan mesra, seperti bergandengan tangan atau berpelukan.

Rupanya, perlakuan buruk Kim Jung Hyun itu dilandasi karena sikap posesif sang kekasih, Seo Ye Ji. Karena banyaknya skandal, Kim Jun Hyun menulis surat permintaan maaf kepada publik dan memutuskan untuk hiatus. Padahal saat itu popularitasnya sedang menjulang berkat perannya di drama Mr. Queen.

3. Seo Ye Ji

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/seoyeajiluv

Seiring dengan kasus Kim Jung Hyun, nama aktris Seo Ye Ji pun ikut terseret. Saat itu, Dispatch mengungkap bukti percakapan yang mengisyaratkan dirinya sebagai sosok yang posesif.

Akan tetapi, agensi Seo Ye Ji, Gold Medalist, membantah kalau sikap buruk Kim Jung Hyun saat syuting drama Time berasal dari pengaruh Seo Ye Ji. Menurut agensi, pertikaian dan kecemburuan yang muncul selayaknya hubungan pacaran pada umumnya, bukan sebuah kekangan atau intimidasi. 

Setelah namanya terseret, karier aktris yang populer usai membintangi drama It's Okay to Not Be Okay ini mulai meredup. Seo Ye Ji memutuskan tak hadir dalam jumpa pers film terbarunya, Recalled. Ia juga mundur dari drama Island yang tadinya akan ia bintangi. Tak hanya itu, skandal tersebut juga membuat beberapa brand besar yang bekerja sama dengannya memutuskan menghapus iklan yang menampilkan Seo Ye Ji.

4. Kim Min Gwi

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/kimmingwi

Di tengah popularitas drama Nevertheless, Kim Min Gwi mendadak terseret skandal karena kisah asmaranya. Hal ini berawal setelah mantan kekasih Kim Min Gwi membagikan sebuah unggahan yang menuduh sang aktor telah berulang kali selingkuh selama 6 tahun mereka menjalin hubungan asmara. Perempuan itu juga mengatakan Kim Min Gwi telah melanggar protokol kesehatan.

Kontroversi itu pun menjadi viral hingga akhirnya Kim Min Gwi membuat surat permohonan maaf. Aktor kelahiran 1994 itu mengakui kesalahannya terkait perselingkuhan, namun ia membantah tudingan telah melakukan pelanggaran karantina saat dinyatakan positif COVID-19 pada bulan Mei 2021 lalu.

Gara-gara pengakuan itu, Kim Min Gwi harus rela kemunculan adegan dirinya di Nevertheless dikurangi. Sama seperti aktor yang lain, ia juga seperti menghilang usai skandal dengan mantan kekasihnya tersebar.

5. Ahn Jae Hyun

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/aagbanjh

Perceraian Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun sempat menjadi pemberitaan hangat di tahun 2019 lalu. Goo Hye Sun pun tak ragu membongkar aib mantan suaminya itu ke publik. Aktris drama Boys Over Flowers tersebut mengekspos pesannya dengan Ahn Jae Hyun lewat Instagram yang mengatakan bahwa ia lebih mementingkan pekerjaannya daripada ibu mertuanya, padahal ia harus meminta maaf karena telah menceraikan istrinya.

Goo Hye Sun juga menuding Ahn Jae Hyun telah berselingkuh dan melakukan kekerasan ketika ia mabuk. Setelah dituduh selingkuh, Ahn Jae Hyun dikabarkan dicopot sebagai bintang iklan sebuah kosmetik. Selain itu, brand fashion besar yang menjadikannya sebagai bintang iklan juga menghapus pemotretan Ahn Jae Hyuk untuk koleksi Fall/Winter.

6. Kim Hyun Joong

Kim Seon Ho & 5 Artis Korea yang Terlibat Skandal dengan Mantan PacarInstagram.com/hyunjoong860606

Bintang Boys Over Flowers ini memiliki karier yang cukup bagus, apalagi semenjak dirinya membintangi drama Korea tersebut. Sayangnya, pada 2014 lalu ia terlibat skandal, di mana ada seorang perempuan mengaku sebagai mantan pacar Kim Hyun Joong dan menggugat sang aktor atas tuduhan penganiayaan.

Perempuan yang diketahui bernama Nona Choi ini bahkan mengaku telah dihamili oleh sang aktor, tapi mengalami keguguran karena penganiayaan tersebut. Kim Hyun Joong akhirnya merilis surat permintaan maaf dan sang mantan pun mencabut tuntutannya. Kasus berakhir setelah aktor 34 tahun ini membayar denda atas kesalahan yang diakuinya itu.

Namun, pada 2018 Nona Choi dinyatakan melakukan manipulasi dengan memberikan keterangan palsu soal kehamilannya. Dari hasil rekam medis, Nona Choi tidak terbukti hamil apalagi mengalami keguguran. Kasus ini pun membuat sang aktor menghilang dari dunia hiburan Korea. Padahal saat itu Kim Hyun Joong sedang berada di puncak popularitasnya.

Itulah 6 artis Korea yang kariernya meredup usai terlibat skandal dengan mantan pasangannya. Semoga saja kita dapat mengambil pelajaran dari kasus-kasus ini, ya. 

Baca Juga: Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan Bersinar

Baca Juga: Rentetan Imbas yang Diterima Kim Seon Ho Akibat Skandal "Aktor K"

Baca Juga: Selain Kim Seon-ho, Ini Cast '2D 1N' yang Mundur Akibat Skandal