Nggak melulu menjadi cewek, begini salah begitu salah. Cowok juga bisa lho. Para cowok terkadang mendapat ‘judge’ saat melakukan sesuatu yang umumnya dilakukan oleh cewek. Hal-hal tersebut membuat istilah ‘toxic masculinity’ muncul dan bikin banyak cowok ragu untuk melakukannya.

Toxic masculinity ini sering dirasakan oleh cowok yang gemar melakukan hal-hal yang umumnya dilakukan oleh cewek. Lima hal ini misalnya. Jika cowok di sekitarmu sering melakukan lima hal ini, jangan keburu di-judge dulu ya, Bela!

1. Jadi fanboy, boleh banget!

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal Inikoreaboo.com

Kita para cewek pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya kegiatan fangirling. Fangirling ini biasa dilakukan oleh para fans cewek atau fangirl. Kegiatan ini bisa dibilang hobi yang menyenangkan dilakukan oleh para cewek, termasuk Bela mungkin?

Tapi masih banyak orang yang memandang sebelah mata jika kegiatan seperti ini dilakukan oleh fanboy atau penggemar pria. Fanboy dari sebuah grup Korea atau grup apapun dianggap kurang gentle. Hal itu muncul karena kegiatan seperti ini identik dengan cewek. Padahal semua cowok bebas kok menyukai apapun dan jadi fanboy apapun, setuju Bela?

2. Nonton drama Korea, cowok juga boleh kok

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal Inidramabeans.com

Bela suka nonton drama Korea? Pasti rata-rata menjawab iya. Maklum, drama Korea yang biasanya ber-genre romantis dan identik dengan oppa-oppa berparas rupawan memang identik dengan para cewek.

Padahal drama Korea juga bisa dinikmati para cowok karena ada banyak drama dan film Korea yang punya tema serta cerita menarik. Nggak jarang, aksi dan drama dalam DraKor juga bikin cowok-cowok tertarik untuk menontonnya. Jadi, kalau cowok nonton dan menikmati drama Korea, boleh banget dong. Siapa tahu bisa marathon bareng pasangan dan jadi ide nge-date hemat di rumah. Setuju, Bella?

3. Menangis di saat sedih, itu normal banget

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal IniShutterstock/Hananeko_Studio

Jadi cowok nggak boleh cengeng. Jadi laki nggak boleh nangis. Malu!” Bela pernah dengar kalimat ini? Atau malah Bela yang sering mengatakan ini kepada pasangan? Jangan dibiasakan ya Bela. Apalagi sampai ditanamkan pada anak laki-laki di masa depan.

Ini adalah bagian dari toxic masculinity yang kurang baik lho. Menangis adalah luapan emosi seseorang dan hal ini bebas dilakukan oleh semua orang, termasuk para cowok! Cowok menangis bukan berarti mereka lemah. So, jangan keburu di-judge ya Bela.

 

4. Hobi memasak, memang salah?

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal IniDok. Singapore Tourism Board

Memasak kerap disebut sebagai hal yang wajib dikuasai para cewek. Padahal sebutan tersebut salah. Memasak adalah basic skill yang seharusnya bisa dilakukan oleh semua orang, baik cowok maupun cewek, setuju Bela?

Memiliki pasangan yang hobi memasak nggak menjadikannya kehilangan kesan ‘maskulinnya’. Banyak lho chef pria ternama dunia yang jago memasak. Sebut saja Chef Gordon Ramsay, atau salah satu member BTS, Seokjin yang dikenal gemar memasak untuk anggota BTS lainnya. 

5. Pakai skincare, cowok boleh banget!

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal IniShutterstock/Suttipong Mongkorn

Cowok suka melakukan perawatan diri? Pasti banyak orang langsung men-judge kalau perawatan diri atau skincare itu harusnya dilakukan para cewek aja. Padahal zaman sekarang, itu sudah nggak zaman lagi.

Cewek atau cowok bebas kok melakukan perawatan diri menggunakan skincare maupun haircare. Jika cowok gemar melakukan perawatan diri, itu tandanya ia menyayangi dirinya dan mau merawat dirinya. Apalagi sekarang makin banyak produk perawatan diri yang menyediakan produk perawatan untuk cowok juga. Salah satunya adalah ERHA. ERHA kini meluncurkan produk perawatan untuk pria dengan nama HISERHA.

Jangan Judge! Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Boleh Lakukan 5 Hal Ini(Popbela.com/HISERHA)

HISERHA sendiri memiliki berbagai produk perawatan diri dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp52.000,- saja. Produk hair care seperti pomade dan sampo sampai skincare seperti face wash dan acne essence tersedia di HISERHA lho. Produk HISERHA ini merupakan komitmen ERHA sebagai brand dalam memerangi toxic masculinity dan mendukung para cowok untuk percaya diri dalam merawat diri.

Produk-produk dari HISERHA ini cowok banget deh buat dijadikan kado dari Bela untuk pasangan terkasih. Biar bisa sama-sama skincare-an bareng, couple goals banget nggak sih? Langsung klik di sini untuk info lengkapnya ya!

Jadi, gimana Bela? Selalu saling mendukung dengan pasanganmu ya?  (WEB)