Pertemuan pertama dengan calon mertua pasti menimbulkan banyak ketakutan. Takut orangtuanya nggak suka, takut nggak dapet restu, takut bakal digalakin, dan lain sebagainya. Ketakutan seperti itu wajar, apalagi kamu baru pertama kali bertemu dan kalian belum saling mengenal satu sama lain.

Terlepas dari ketakutan itu, kamu jangan sampai salah bicara saat pertama kali bertemu calon mertua, ya. Karena bagaimanapun kesan pertama sangat menentukan kelangsungan hubunganmu dengan pacar. Berikut ini beberapa perkataan yang jangan sampai kamu ucapkan waktu pertama kali bertemu dengan calon mertua. Apa saja kira-kira?

1. “Aduh, tante cantik sekali, seperti artis Hollywood.”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuaelitedaily.com

Sebisa mungkin jangan ajukan tipe pujian seperti ini. Kenapa? Karena kamu akan terkesan nggak apa adanya. Sekalipun ibu pacarmu memang cantik, jangan berlebihan dalam menyuarakannya. Kamu perlu tahu timing yang cocok saat ingin mengutarakan pujian. Kalau kamu terkesan terlalu lebay, bisa-bisa calon mertuamu akan langsung nggak menyukaimu pada pertemuan pertama.

2. “Aku cocok banget sama anak tante.”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuaelitedaily.com

Retoris. Jangan mengatakan hal ini saat pertama kali bertemu mertua. Alasannya karena cocok itu relatif. Cocok menurut kamu belum tentu cocok menurut mereka. Mengatakan hal seperti ini hanya membuat kamu terkesan terlalu percaya diri. Biarlah mereka sendiri yang menilai apakah kamu cocok bagi anak mereka atau nggak.

3. “Makanannya agak asin, ya?”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuabusinessinsider.com

Sekalipun makanannya memang asin, kamu nggak perlu terang-terangan mengatakannya di hari pertama pertemuan kalian. Cukup hindari makanan yang asin tadi dengan memakan hidangan lain.

4. “Pekerjaan papa aku bla bla bla...”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuafatherly.com

Ketika tiba saatnya kalian ngobrol bersama, jangan terkesan memamerkan apa yang orangtuamu lakukan. Perkataan seperti ini hanya menimbulkan kesan bahwa kamu seorang anak yang sombong. Faktanya, kesuksesan orangtua belum tentu menentukan kesuksesan anak. Jika memang kamu mendapat pertanyaan, “Papa kamu kerja di mana?” baru jawablah seadanya dan nggak berlebihan.

5. “Kira-kira tante setuju nggak sama hubungan kita?”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuard.com

Pertanyaan ini terkesan agresif dan memaksa. Orangtua pacarmu yang ditanya seperti ini akan merasa terjebak dan nggak mungkin jika berkata 'tidak'. Sebisa mungkin nggak usah mengajukan pertayaan yang menjurus pada hubunganmu dengan pacar pada orangtuanya. Kalian baru pertama kali bertemu, kalian belum sedekat itu untuk kamu bisa menanyakan sesuatu yang terlalu spesifik.

6. “Pekerjaan aku itu bla bla bla...”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuaurbo.com

Seperti halnya kamu nggak perlu memamerkan pekerjaan orangtuamu, kamu juga nggak perlu memamerkan pekerjaanmu sendiri. Mungkin akan ada pertanyaan seperti kamu kerja di mana atau seperti apa pekerjaanmu, namun kamu nggak perlu ngotot ingin menunjukan siapa dirimu. Jelaskan apa yang memang perlu dijelaskan. Sekali lagi, jangan berlebihan.

7. “Besok aku ke sini lagi ya tante?”

Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertuard.com

Jangan mengajukan diri jika kamu nggak diundang. Faktanya, jika kesan pertamamu berhasil, maka kamu pasti akan mendapatkan undangan-undangan berikutnya dari calon mertua. Jangan langsung menyerbunya dengan pertemuan terus-menerus.

So, sukses ya buat kalian yang akan bertemu dengan calon mertua pertama kali. Ingat, kebaikan hati nggak bisa dimanipulasi, asal kamu baik, pasti kelihatan kok. Semangat ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan Judul "7 Perkataan yang Haram Dikatakan Saat Pertama Bertemu Calon Mertua"

Baca Juga: Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Ini