Mengharap untuk dicintai adalah suatu hal yang sangat wajar, namun mengharap untuk berpisah rasanya sangat mustahil. Setiap pasangan berharap bahwa hubungan mereka akan berakhir happy ending dengan hidup bersama selamanya, bukan berakhir dengan sad ending. Tapi saat perpisahan akhirnya menjadi jalan keluar, hindari empat hal berikut ya Bela, biar kamu nggak susah move on.

1. Menyimpan rasa sakit

Jangan Lakukan 4 Hal Ini! Nanti Kamu Susah Move Onfocusfeatures.com

Apapun yang terjadi di masa lalu, biarkan itu berlalu. Membiarkan rasa sakit menggerogoti relung hatimu hanya akan membuatmu semakin kesakitan. Dan ketika kamu tak kunjung membuang rasa sakit tersebut, ia akan menancam semakin dalam di dalam hatimu. Hari-harimu hanya akan tersita dengan rasa sakit dan membuatmu susah untuk membangun hubungan baru.

2. Menyalahkan diri sendiri

Jangan Lakukan 4 Hal Ini! Nanti Kamu Susah Move Onoflifeandlies.wordpress.com

Menyalahkan diri sendiri karena perpisahan yang terjadi adalah hal yang sangat tidak berguna. Ini hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa perpisahan ini adalah salahmu. Yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana untuk membahagiakan diri sendiri setelah ini. Bertemu dengan orang baru yang siap menjadi tempatmu berbagi suka-duka bersama.

3. Menghubunginya hanya karena merasa kesepian

Jangan Lakukan 4 Hal Ini! Nanti Kamu Susah Move Onpluggedin.com

Terbiasa menghabiskan waktu bersama dengannya, akhirnya membuatmu merasa kesulitan setelah berpisah. Kamu selalu berusaha menghubunginya, meminta untuk bertemu, dan masih selalu menginginkan dia untuk ada di dekatmu. Semua ini kamu lalukan karena kamu terlalu banyak menggantungkan dirimu padanya selama berhubungan, sehingga kamu merasa takut kesepian. Bela, ingatlah bahwa tidak ada yang salah dari menjadi single, itu bukan sebuah kesalahan. Ingat pula, bahwa kamu masih punya sahabat dan keluarga yang akan selalu di sampingmu.

4. Tak percaya adanya cinta sejati

Jangan Lakukan 4 Hal Ini! Nanti Kamu Susah Move Onbustle.com

Hal lain yang akhirnya membuatmu susah move on adalah kamu tak percaya cinta sejati. Kamu masih merasa bahwa hanya dia yang patut untuk menjadi ‘duniamu’, menganggap tak ada yang lebih baik darinya. Tidak Bela, di luar sana ada seseorang yang lebih baik darinya dan siap untuk memberikan cintanya padamu.

Sebesar apapun cintamu padanya, saat perpisahan telah terjadi maka dia adalah bagian dari masa lalumu. Tidak perlu lagi menengok ke belakang, tataplah ke depan dan lihatlah betapa banyak hal lain yang bisa kamu dapatkan. Sesekali kamu boleh melirik ke belakang, namun hanya sebagai pengingat dan menjadikannya sebagai pelajaran berharga dalam hidupmu. Move forward and keep going, Bela!

 

BACA JUGA: Perlu Gak Sih Berteman dengan Mantan Setelah Putus?