Awal dari sebuah hubungan selalu menyenangkan. Dua orang tertarik satu sama lain, mulai menemukan lebih banyak hal tentang satu sama lain, dan dapat melihat hubungan itu tumbuh. Segala sesuatu tentang hubungan baru itu mendebarkan dan menyenangkan.

Namun, begitu hubungan itu matang, pekerjaan yang sulit baru dimulai. Fase beralih untuk membuat hubungan itu berhasil. Membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang dapat memerlukan usaha yang lumayan, tetapi juga sangat bermanfaat. Seperti apa, ya?

1. Jalankan komunikasi terbuka

5 Hal Sederhana yang Bikin Hubunganmu Lebih LanggengPexels.com/Becerra Govea Photo

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa komunikasi itu penting dalam suatu hubungan. Namun, apa kamu ingat jika komunikasi terlibat dalam segala hal, baik besar atau kecil?

Komunikasi merupakan elemen penting dalam memahami satu sama lain. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu sudah mengenal pasangan, tetapi apakah kamu tahu tentang apa yang sudah dia lalui? Tahukah kamu jika dia kewalahan, merasa sakit, tidak dihargai, atau ratusan hal lain yang mungkin dia pikirkan atau rasakan?

Komunikasi terbuka adalah satu-satunya cara untuk menjaga keseimbangan sambil terus berjalan maju dalam suatu hubungan. Komunikasi yang baik adalah tentang menjadi cukup nyaman untuk memberi tahu pasanganmu tentang apa pun, baik atau buruk.

2. Belajar berkompromi

5 Hal Sederhana yang Bikin Hubunganmu Lebih LanggengPexels.com/Luis Zambrano

Dua orang yang berbeda berarti ada dua sudut pandang yang berbeda pula. Hal ini paling jelas kelihatan ketika kalian membuat keputusan apa pun, besar atau kecil. Terkadang setuju dan terkadang tidak.

Ketika tidak ada kesepakatan, jangan biarkan hal itu berubah menjadi argumen. Coba diskusikan dengan tenang dan rasional. Bersikaplah bijak dan coba memahami pandangan orang lain.

3. Minta maaf jika berbuat salah

5 Hal Sederhana yang Bikin Hubunganmu Lebih LanggengPexels.com/Finhov

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan dalam hubungannya. Namun, bagian dari membuat hubungan bertahan lama adalah bagaimana kesediaan orang itu untuk mengakui kesalahannya. Jika kamu melakukan kesalahan, kamu juga harus cukup berani untuk minta maaf kepada pasangan.

Menjadi keras kepala dan bersikeras bahwa kamu benar ketika kamu jelas-jelas salah, jauh lebih buruk daripada kesalahan itu sendiri. Tak hanya cukup dengan kata-kata, ketulusan dan kontak mata adalah elemen penting dari permintaan maaf apa pun. Lepaskan harga dirimu dan nyatakan permintaan maaf dengan penuh kesungguhan.

4. Antisipasi perubahan

5 Hal Sederhana yang Bikin Hubunganmu Lebih LanggengPexels.com/Arina Krasnikova

Kamu hidup di dunia dongeng jika berharap bahwa pasanganmu tidak akan berubah. Duia pasti akan berubah, hanya saja level perubahannya yang mungkin bisa saja sangat drastis atau sangat kecil. Yang jelas kamu pasti akan melihat perbedaan.

Jadi, ketahuilah apa yang kamu pikirkan dan rasakan, beri tahu pasanganmu dengan jujur. Pahami bahwa perubahan tidak dapat dihindari dan ini berlaku juga untuk dua orang yang sedang jatuh cinta. Perubahan pribadi adalah proses alami dalam hidup, tetapi banyak yang sering tidak mau menerima perubahan ini dalam hubungannya.

5. Jangan menyerah

5 Hal Sederhana yang Bikin Hubunganmu Lebih LanggengPexels.com/Olya Kobruseva

Tidak menyerah merupakan elemen penting untuk membuat hubungan bertahan lama. Kamu dapat menggabungkan semua cara di atas, tetapi jika kamu tidak bisa teguh dalam hubungan, percuma saja. Buatlah komitmen satu sama lain untuk melakukan apa yang kalian bisa untuk bertahan melalui masa-masa sulit.

Tidak ada hubungan yang sempurna. Tidak peduli seberapa hebat suatu hubungan tampak dari luar, selalu ada cobaan yang menyertainya.

Hubungan jangka panjang itu indah, tetapi hal itu tidak mudah. Apa kamu dan pasangan termasuk yang bisa mempertahankannya?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Aturan Sederhana agar Hubungan Bisa Bertahan Lama"

Baca Juga: 7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai Pernikahan

Baca Juga: 6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai Tua

Baca Juga: 7 Rutinitas Sederhana Dilakukan Sebelum Tidur Agar Hubungan Langgeng