Saat jatuh cinta, memang tidak mudah untuk dapat mengungkapkannya secara langsung kepada gebetan. Apalagi jika gebetanmu bukanlah orang yang kamu kenal terlalu dalam. Rasa penasaran ingin tahu bagaimana pribadinya, karakternya, hingga informasi seputar dirinya membuatmu penasaran. Sehingga kamu memutuskan untuk mencari tahu tentang dirinya.

Apakah dia seperti yang kamu bayangkan? Pasangan seperti apa yang bisa membuatnya jatuh cinta? Atau seperti apa tipe idealnya? Saat mau PDKT kamu juga butuh informasi, seperti makanan favoritnya, barang apa yang disukai, hingga apa hobinya. Semua informasi itu akan kamu gunakan untuk dapat menarik perhatiannya.

Berhubung gebetan bukanlah temanmu atau orang yang kamu kenal lama, tentu kamu mengalami kesulitan untuk mencari tahu segala hal tentangnya. Nah, untuk itu kamu bisa melakukan lima cara ini untuk mengetahuinya. 

1. Mencari dan melihat dari media sosialnya

Sebelum PDKT, Ini 5 Cara Mencari Tahu Kepribadian GebetanPexels.com/Daria Shevtsova

Carilah media sosial gebetanmu. Di era digital seperti saat ini, rasanya hampir semua orang memiliki media sosial. Setelah menemukannya, kamu bisa melihat dan menilai dari media sosialnya seperti apa pribadinya.

Namun, kamu harus pandai memilah. Sebab, tidak semua orang bisa menunjukkan karakter aslinya di media sosial. Bisa saja apa yang ditampilannya bukanlah dirinya yang sesungguhnya.

Akan tetapi, setidaknya kamu bisa tahu apa hobinya, makanan favoritnya, tempat kesukaannya, hingga kegiatan seperti apa yang sering dia lakukan. Kamu juga bisa tahu bagaimana interaksinya dengan temannya, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

Kamu bisa menilai itu dari kegiatan sehari-harinya, foto, status hingga caption yang di unggahnya di media sosial. Bahkan jika menginginkannya, kamu juga bisa menyimpan fotonya yang ada di media sosial, jika memang kamu sangat menyukainya.

2. Memperhatikannya dan melihat saat dia sedang berinteraksi dengan orang lain

Sebelum PDKT, Ini 5 Cara Mencari Tahu Kepribadian GebetanPexels.com/Diva Plavalaguna

Kamu bisa mengetahuinya dengan melihat dan menilai gebetanmu dari jauh. Kamu bisa memperhatikannya dari bagaimana cara dia memperlakukan orang lain dan bagaimana ketika ia berinteraksi dengan orang lain. Sebab, biasanya seseorang akan cenderung lebih keras saat berhadapan dengan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Dari perilakunya sehari-hari, kamu jadi bisa melihat bagaimana caranya memperlakukan orang yang lebih tua, menghargai pelayan saat di restoran, bersikap sopan pada orang lain, dan masih banyak lagi. Dari sanalah kamu bisa melakukan penilaian bagaimana pribadinya dari sikap sehari-hari tadi.

3. Tahu dari sahabatnya yang sehari-hari bersamanya

Sebelum PDKT, Ini 5 Cara Mencari Tahu Kepribadian GebetanPexels.com/Helena Lopes

Jika ingin mengetahui pribadi gebetan dari orang terdekatnya, maka kamu bisa mencari tahu dari sahabatnya. Dia yang terbiasa berinteraksi sehari-hari dengan gebetanmu pasti mengenal pribadi gebetanmu dengan baik.

Kamu pun jadi bisa menanyakan hal tersebut kepada sahabatnya. Sebelum melakukan itu, tentu kamu bisa mengatakan bahwa dirimu tertarik padanya, sehingga ingin mengenalnya lebih dalam. Hal ini perlu dijelaskan dari awal agar sahabatnya bersedia memberitahukan apa yang ingin kamu tahu.

Logikanya, jika kamu bertanya tanpa ada alasan, bukankah orang lain bisa curiga? Apalagi yang kamu tanya adalah orang terdekat dari gebetanmu. Membangun hubungan yang baik dengan sahabat gebetan juga akan memberimu nilai lebih. Jika ia menyukaimu, pasti dia akan membantumu mendapatkan hati gebetanmu itu. 

4. Menilainya secara langsung dengan mendekatinya

Sebelum PDKT, Ini 5 Cara Mencari Tahu Kepribadian GebetanPexels.com/Samson Katt

Jika kamu ingin menilai secara langsung, maka bisa mulai melakukan pendekatan kepadanya. Lakukan pendekatan tersebut secara perlahan-lahan. Misalnya, mulai dari mengajaknya berteman. Jangan langsung menunjukkan rasa kertarikanmu dengan mengatakan bahwa kamu ingin mengenalnya lebih dekat karena menyukainya. 

Cobalah mengobrol hal ringan, memberikannya perhatian kecil atau mengajaknya makan dan menonton di bioskop. Saat berinteraksi, kamu baru bisa mengetahui pribadinya dari apa yang dia bicarakan.

5. Kamu bisa menanyakannya kepada gebetan secara langsung informasi yang ingin diketahui

Sebelum PDKT, Ini 5 Cara Mencari Tahu Kepribadian GebetanPexels.com/Julia M Cameron

Jika tidak mau repot mencari tahu dan ingin infonya langsung valid, maka kamu bisa bertanya secara langsung kepada gebetanmu. Itu adalah cara terakhir jika kamu mau tahu pribadi dan informasi seputar gebetan.

Kamu bisa langsung menanyakan apa hobinya, makanan favoritnya, cita-citanya, hingga tipe pasangan idealnya. Namun, pasti dia akan bertanya kepadamu kenapa ingin tahu tentang dirinya secara mendalam. Untuk itu agar gebetan tidak terlalu curiga, kamu bisa melakukannya dengan cara yang halus dan tidak terlalu terlihat maksud tujuanmu.

Kamu bisa menyelipkan pertanyaan saat terlibat dalam obrolan ringan dengannya atau dalam konteks sedang bersenda gurau. Hal tersebut juga agar dia tidak merasa kamu seperti menginterogasinya jika bertanya terlalu blak-blakan. 

Tidak ada yang salah saat kamu lebih berhati-hati dalam memilih pasangan. Kamu hanya ingin mengenal pribadinya lebih dalam dulu baru memutuskan untuk menjadikannya pasanganmu atau tidak. Apalagi bagi kamu yang pernah mengalami kisah cinta pahit sebelumnya. Semoga lima cara di atas dapat membantumu mengetahui pribadi dan informasi seputar gebetan, ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Cara Mencari Tahu Pribadi Gebetan, Jangan sampai Kamu Salah Pilih!"

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk Mundur

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Ciri Gebetan yang Hanya Menilai Kamu Secara Fisik

Baca Juga: Gebetanmu Banyak yang Naksir? Ini 5 Tips untuk Menarik Hatinya