Pribadi introvert memang dikenal sebagai sosok yang pandai menutup-nutupi semua kelakuan dan perasaan yang dia hadapi. Dalam urusan percintaan, mereka juga lebih banyak memendam cintanya daripada mengungkapkannya. Pasalnya, mereka takut orang tersebut menolak atau mendapatkan respons negatif dari orang yang disukainya tersebut.

Tak banyak menuntut terhadap pasangan dan hatinya hanya terbuka pada satu orang yang menurut dia spesial, hal inilah yang menjadi nilai tambah dari seorang berkepribadian introvert. Karena itulah, mereka kadang berpikir terlalu dalam untuk menyukai orang lain. Nah, ini dia 5 alasan mengapa pribadi introvert itu sulit untuk menjatuhkan hatinya pada seseorang.

1. Terlalu nyaman sendiri

Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh CintaUnsplash.com/Freestocks.org

Seorang introvert pada umumnya tidak menyukai keramaian. Ia selalu saja takut akan suatu hal yang memang tidak akan pernah terjadi. Maka dari itu, sebisa mungkin ia menghindari pusat keramaian atau kumpul bersama.

Tak hanya itu, dia juga terbiasa melakukan semuanya sendiri. Hal ini seperti sudah tertanam kuat pada diri mereka bahwa mereka tidak perlu bantuan orang lain. Pasalnya, nantinya mereka akan berlama-lama dengan orang tersebut akan timbul rasa canggung. Pribadi ini memang terlahir menjadi seseorang yang pendiam dan senang menghabiskan waktu sendirian penuh.

2. Terlalu pemilih

Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh CintaUnsplash.com/Mateus Campos Felipe

Introvert juga seorang yang sangat pemilih dan sangat selektif, lho! Ia mempunyai ciri khusus untuk calon pasangannya nanti. Begitu banyak pertimbangan yang berkecamuk dalam isi kepala introvert sehingga seringkali ia dicap sebagai pengamat dadakan. Selain karena alasan kenyamanan dan kepercayaan, mereka juga sangat berharap agar nanti pasangannya bisa saling bertukar pikiran dan pendapat.

Nggak heran kan kalau banyak introvert yang betah menjomblo. Meskipun kelihatannya sangat tertutup dan pemilih, mereka tidak pernah neko-neko kok soal pasangan di hidupnya. Baginya, pasangan yang mengerti akan perasaan mereka dan memberikan perhatian yang lebih dinilai sudah sangat cukup. 

3. Tak mudah percaya pada orang lain

Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh CintaUnsplash.com/Melanie Kreutz

Sebagai seorang introvert, memercayai seseorang itu penting. Bagi mereka, sebuah kepercayaan dan kejujuran adalah hal yang mutlak karena ini menyangkut dengan kenyamanan pada diri mereka sendiri.

Butuh waktu yang sangat lama agar mereka benar-benar merasa nyaman dengan orang lain. Introvert juga bukan seorang yang mudah dirayu, tapi justru lebih suka pada pembuktian yang ditunjukkan secara perlahan-lahan. Itulah sebabnya mereka tidak mudah percaya begitu saja pada orang lain.

4. Fokus pada karier

Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh CintaUnsplash.com/Mikail Duran

Ini adalah alasan klasik, padahal menjalani hubungan dengan seseorang sambil membangun karier adalah suatu hal yang menyenangkan. Tapi, tetap saja nih bahwa seorang introvert tidak bisa diganggu sedikit pun alias terlalu serius. Alasannya karena ia memang mengejar kesempurnaan demi kariernya tersebut.

Sebagai seorang yang ambisius, mereka mempunyai perencanaan matang terhadap segala sesuatunya. Mereka beranggapan bahwa menjalani karier bersama dengan pasangan bukanlah hal yang menyenangkan, tetapi justru malah merepotkan.

5. Takut sakit hati

Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh CintaUnsplash.com/Amanda Frank

Putus cinta atau mengalami gagal cinta menjadi salah satu penyebab introvert sulit jatuh cinta. Bisa jadi ini berlaku bagi kisah percintaan mereka sendiri atau mendengarkan dari kisah orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka enggan sakit hati terlalu dalam atau mengalami rasa sakit untuk kedua kalinya.

Apabila mereka menemukan seseorang yang mampu mengunggah hatinya, mereka lebih sering menyimpan perasaannya secara diam-diam. Jadi, pribadi introvert ini sangat butuh untuk dimengerti. Mereka tidak pernah mengatakan sedikit pun bahwa mereka benar-benar membutuhkannya. 

Nah, untuk para introvert, daripada terus-menerus merasa insecure, alangkah lebih bijaknya untuk tetap memperbaiki diri dan mulailah terbuka kepada dunia sedikit demi sedikit. Percaya bahwa hal sederhana itulah yang membuat kalian istimewa di mata pasangan kalian kelak nanti.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh Cinta, Bangga atau Khawatir?"

Baca Juga: 6 Kunci Sukses PDKT dengan Gebetan yang Introvert, Jangan Buru-Buru!