Semakin dewasa seseorang, rasanya nggak mau kalau menjalani hubungan cuma main-main saja. Semakin ke sini kita akan mencari pasangan yang sama-sama mau berkomitmen menjalin hubungan ke jenjang yang serius. Namun ternyata kesiapan seseorang itu berbeda-beda.

Kadang sudah menjalin asmara bertahun-tahun, tapi ternyata pasangan belum siap diajak menikah. Sudah menghabiskan waktu bersama, dia nggak berniat membawa hubungan ke jenjang yang serius.

Maka ketahui, nih, lima tanda yang membuktikan bahwa pasangan tidak ada niatan membawa hubungan ke jenjang yang serius. 

1. Selalu menolak membicarakan masa depan

5 Tanda Terselubung Dia Nggak Berniat Serius Sama Kamuunsplash.com/everythingcaptured

Tanda pertama bahwa pasangan tidak berniat membawa hubungan ke jenjang yang serius yaitu, ia selalu menolak untuk membicarakan masa depan. Ketika kamu tanya akan dibawa ke mana hubungan ini dia nggak bisa menjawab. Kamu ajak ngobrol lebih dalam mengenai masa depan cinta kalian, ia justru menghindar.

Padahal kalian telah menjalin hubungan yang nggak singkat, namun ia selalu mengelak untuk membicarakan masa depan. Jika ini terjadi, pertanda bahwa dirinya belum punya niatan menjalin hubungan ke jenjang yang serius. 

2. Menolak bertemu keluarga

5 Tanda Terselubung Dia Nggak Berniat Serius Sama KamuPexels.com/Nicole Michalou

Seseorang kalau berniat menjalin hubungan ke tahap yang serius, ia tidak akan ragu mengenalkanmu ke keluarganya. Langkah ini menjadi titik awal bahwa ia ingin kamu tahu bagaimana, sih, latar belakang keluarganya, supaya kamu bisa lebih mengenal siapa orangtua, saudaranya, dst. 

Saat kamu ingin mengajaknya bertemu dengan keluargamu, ia juga tidak mau. Ada saja alasan yang ia lontarkan supaya itu nggak terjadi. Tak jarang ia malah mengundur-undur waktu. Jika ini dilakukan, itu merupakan tanda ia masih belum punya nyali untuk bertemu keluargamu. 

3. Beralasan masih sibuk dengan target yang lain

5 Tanda Terselubung Dia Nggak Berniat Serius Sama KamuFreepik.com/Tirachardz

Tanda selanjutnya yaitu, ia masih suka beralasan sibuk dengan target dalam hidupnya. Ya memang, menikah itu nggak cuma modal aku cinta kamu, kamu cinta aku. Butuh persiapan baik materi, persiapan psikologis, dan mempersiapkan target yang lain. Namun kalau memang dia serius, ia nggak akan membuatmu menunggu terlalu lama dan segera memberi kepastian. 

Sebenarnya tak apa-apa, kok, kalau ia masih ingin fokus dengan karier, dengan bisnis yang ia bangun, atau ingin mengejar cita-citanya dulu. Tapi yang penting, ia tak menggantung hubungan. Tapi kalau ia terus beralasan masih sibuk dengan targetnya, tanpa memberimu sebuah komitmen, pertanda ia memang belum siap serius. 

4. Menjalin hubungan hanya untuk main-main

5 Tanda Terselubung Dia Nggak Berniat Serius Sama KamuPexels.com/Budgeron Bach

Selain tiga poin di atas, tanda selanjutnya yaitu ia menjalin hubungan hanya untuk main-main saja. Ibarat kata hubungan ini sebatas untuk mengusir sepi, hanya sebagai pelampiasan semata, dan memang dari awal ia tak punya niatan membawamu ke jenjang pernikahan.

Kalau tahu seperti ini lebih baik segera putuskan apakah mau bertahan atau mundur. Sebab jika diteruskan dan kamu tahu ujungnya akan seperti apa, lebih baik akhiri saja hubungan ini. Jangan buang waktu hanya untuk seseorang yang gak pasti. 

5. Dia masih belum yakin dan ragu-ragu

5 Tanda Terselubung Dia Nggak Berniat Serius Sama Kamufreepik.com/ArthurHidden

Seseorang kalau berniat mengajakmu ke jenjang serius ia pasti yakin terhadap perasaannya. Ia akan mempercayaimu dan tak ragu-ragu untuk melanjutkan hubungan kalian ke pernikahan. 

Keraguannya itu bisa terlihat dalam sikapnya padamu. Kadang dia terlihat hangat, tapi kadang dia seperti menjaga jarak denganmu. Dia pun tampak belum siap terbuka denganmu, karena masih meragukan perasaannya.

Itulah lima tanda yang membuktikan bahwa pasanganmu tidak ada niatan membawa hubungan ke tahap yang serius. Bagaimana, apakah dia menunjukkan tanda-tanda di atas? Semoga tidak, ya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Pasangan Tidak Berniat Membawa Hubungan ke Jenjang yang Serius"

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Keintiman dalam Hubungan, Penambah Keharmonisan

Baca Juga: Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!

Baca Juga: 15 Tanda Seorang Laki-laki Serius PDKT Denganmu