Perselingkuhan adalah tindakan yang tidak pernah dibenarkan, entah dengan alasan apa pun. Perselingkuhan ibarat seperti candu, sekali berani bermain dengan orang lain, bisa membuat seseorang susah untuk menyembuhkan kebiasaan tersebut.

Padahal, perselingkuhan itu hanya akan membawa efek buruk dalam hubungan. Namun, perselingkuhan juga bisa dipengaruhi oleh sikapmu sendiri sebagai pasangannya. Berikut lima sikap dalam dirimu yang bisa jadi pemicu adanya perselingkuhan dalam hubungan. 

1. Terlalu sibuk dengan dunianya sendiri

Hati-Hati, 5 Sikap Ini Bisa Memicu Terjadinya PerselingkuhanPexels.com/Anete Lusina

Sikap pertama yang bisa memicu pasangan untuk selingkuh adalah kamu yang terlalu sibuk dengan dunia sendiri. Misalnya, terlalu sibuk dengann pekerjaan yang menumpuk setiap hari.

Sebenarnya adanya kesibukan tersebut membuat kalian jadi nggak mudah jenuh dalam hubungan. Kalian jadi punya waktu untuk urusan pribadi masing-masing. Namun, jangan sampai kebablasan hingga pada akhirnya tidak ada waktu bersama pasangan dan diajak quality time ngakunya sibuk terus. Kalau waktu berdua sudah berkurang begini, bukan tak mungkin jika perselingkuhan dapat terjadi.

2. Terlalu banyak menuntut

Hati-Hati, 5 Sikap Ini Bisa Memicu Terjadinya PerselingkuhanPexels.com/Polina Zimmerman

Poin kedua adalah, terlalu banyak menuntut pada pasangan. Kamu ingin pasangan jadi sosok yang sempurna tanpa cela, menuntutnya untuk melakukan ini itu, dan keinginanmu harus selalu dituruti, dan lainnya. Padahal, di dunia ini nggak ada manusia yang benar-benar sempurna. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kamu selalu menginginkan dia untuk memahamimu, tapi kamu juga yang tidak bisa memahaminya. Sikapmu yang terlalu banyak menuntut inilah bisa membuatnya jadi berpaling dengan orang lain. 

3. Mudah cemburu

Hati-Hati, 5 Sikap Ini Bisa Memicu Terjadinya PerselingkuhanPexels.com/Andrea Piacquadio

Sikap ketiga yang bisa memicu pasangan untuk melakulan perselingkuhan adalah mudah cemburu. Khawatir berlebihan terhadap pasangan karena takut dikhianati, sikapmu seperti ini membuat pasangan jadi kesal dan bisa memicu pasangan untuk selingkuh beneran, lho. 

Pasangan akan jengah dan bosan jika kamu cemburui terus dan curigai setiap waktu. Padahal, pasangan sendiri sebenarnya sudah berusaha untuk setia denganmu. Namun, sikap cemburu berlebihan bisa membuatnya jadi memberontak. 

4. Sikap posesif yang berlebihan pada pasangan

Hati-Hati, 5 Sikap Ini Bisa Memicu Terjadinya PerselingkuhanPexels.com/Andres Ayrton

Sikap posesif yang berlebihan itu sangat berbahaya, lho. Kamu selalu menuntut pasangan untuk ini itu, selalu mengekang hidupnya, ke mana-mana harus berdua, hingga tidak mengizinkan pasangan untuk punya waktu sendiri.

Ia jadi merasa nggak bebas hingga memicu mencari kebebasan lain dengan melakukan perselingkuhan. Sebenarnya sikap posesif tersebut merupakan tanda bahwa kamu sangat peduli pada pasangan. Namun, janganlah dilakukan berlebihan karena bisa membuat seseorang jadi nggak nyaman di dekatmu. 

5. Sikap temperamental atau mudah marah

Hati-Hati, 5 Sikap Ini Bisa Memicu Terjadinya PerselingkuhanPexels.com/Keira Burton

Siapa yang mudah marah-marah nggak jelas ke pasangan? Sikap temperamental ini ternyata berbahaya, lho. Selain membuat hubungan jadi banyak masalah, ini bisa membuat pasangan jadi tergoda untuk selingkuh. Tanyakan pada diri sendiri, apakah sikapmu satu ini susah sekali untuk dikontrol, ada kesalahan sedikit langsung marah dengan meledak-ledak, mengumpat dengan kata kasar, dan lainnya.

Ada kalanya kamu harus bisa menahan diri. Jangan sampai sikap temperamentalmu menghancurkan hubungan yang sudah kalian jalin. Mengingat sikap satu ini hanya akan membuat pasangan jadi nggak nyaman. 

Bagaimana pun perselingkuhan adalah tindakan yang tidak pernah dibenarkan. Namun, kamu sebagai pasangannya jangan melakukan sikap di atas karena bisa memicu terjadinya perselingkuhan dalam hubungan. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Sikap yang Bisa Jadi Pemicu Adanya Perselingkuhan dalam Hubungan"

Baca Juga: 5 Tindakan Ini Termasuk Jenis Selingkuh Nonfisik

Baca Juga: Haruskah Beritahu Pasangan Kalau Kamu Selingkuh? Ini Pertimbangannya 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah Selingkuh