Mungkin sebagian besar darimu sudah beberapa kali mengalami perpisahan. Tak satu pun dari perpisahan yang menyenangkan, bahkan menyakitkan ketika kamu mendapati pasanganmu berselingkuh. Rasa sakit, marah dan kecewa akan melebur menjadi satu.

Akan tetapi, pernahkah juga kamy berpikir bahwa move on dari pasangan yang selingkuh jauh lebih sulit daripada alasan perpisahan lainnya? Hal ini bisa mempunyai banyak alasan, karena melupakan rasa sakit nggak semudah untuk terus bergerak maju.

Untukmu yang juga pernah merasakan, inilah alasan move on dari pasangan yang pernah selingkuh terasa susah.

1. Perselingkuhan membuatmu susah untuk percaya lagi

Alasan Melupakan Pasangan Selingkuh Terasa Lebih Susahfreepik.com/ ruslangaliullin

Ketika hubunganmu berakhir dengan perselingkuhan pasanganmu, ada beberapa hal yang juga berpengaruh di dalam dirimu. Kepercayaanmu terhadap laki-laki yang kelak akan menjadi pasanganmu juga susah untuk dibangun. Kamu akan cenderung insecure dan susah untuk percaya lagi, sekalipun nggak ada kebohongan.

2. Rasa dendam yang dominan

Alasan Melupakan Pasangan Selingkuh Terasa Lebih Susahfreepik.com/ massonstock

Perselingkuhan membawa emosi dan pikiran bekerja kompleks, tentang amarah, sakit hari insecure terhadap diri sendiri, dan takut untuk terjadi lagi. Ada perasaan marah yang harus disembuhkan, karena jika tidak, kamu akan menjadi seseorang yang pendendam. Pasti hal ini akan terasa sakit, tetapi percayalah Bela. Mempunyai rasa dendam hanya membuang-buang waktumu.

3. Rasa percaya diri yang menurun

Alasan Melupakan Pasangan Selingkuh Terasa Lebih Susahfreepik.com/ pressfoto

Hal yang juga berdampak kepada dirimu sendiri adalah perselingkuhan dapat membuat kepercayaan dirimu menurun. Kamu secara nggak langsung akan membandingkan dirimu dengan perempuan yang menjadi selingkuhan pasanganmu. Kamu akan bertanya-tanya dan membandingkan, hal lebih apa yang dimiliki mereka daripada kamu.

Apapun itu, membandingkan dirimy sendiri dengan seseorang nggak akan terasa sehat.

4. Beri dirimu waktu untuk bersedih

Alasan Melupakan Pasangan Selingkuh Terasa Lebih Susahfreepik.com/ dashu83

Siapa yang nggak sedih jika ditinggal pasangan berselingkuh? Biarkan dirimu untuk merenungi dan bersedih. Menangislah jika itu akan membuatmu lebih baik. Tetapi yang perlu kamu ingat adalah, kamu masih punya jalan panjang kedepan.

Tentukan waktu yang pas untukmu nggak memikirkan hal ini lagi. Jangan biarkan kamu stuck di waktu yang lama.

5. Pegang prinsip baik-baik

Alasan Melupakan Pasangan Selingkuh Terasa Lebih Susahfreepik.com/ freepik

Jika kamu telah memutuskan bahwa hubunganmu sudah nggak dapat diperbaiki, yang perlu kamu ingat adalah bagaimana caramu move on. Kamu bisa memutuskan untuk nggak menerimanya kembali, prinsip ini yang bisa kamu pegang untuk dapat berpikiran baik kedepannya.

Rasa untuk 100% pulih mungkin akan lama, tetapi setidaknya kamu bisa membuat jarak kepadanya untuk menyembuhkan rasa sakitmu.

Baca Juga: Ngena Banget! 15 Ilustrasi Ini Tunjukkan Bedanya Nafsu & Cinta Sejati